Harga Kebutuhan Sehari-hari Meningkat, Berapa Gaji yang Cukup di Jakarta?


Kebutuhan gaji
engin-akyurt-unsplash


Apakah ekonomi kita sedang baik-baik saja? Melihat dari ekonomi mikro dari emak-emak yang biasa belanja di pasar, harga bahan makanan seperti beras , cabe dan sayur-sayuran sudah melonjak. Harga beras premium telah meningkat 0,405 sebesar Rp.14,930., harga barang putih naik 0.35 % menjadi Rp.37,020 dan cabe yang naik cukup ninggi 1.17% menjadi Rp.40.660 per kilogram.

Jika pendapatan kita tidak tetap kenaikan harga pangan sedikit pun sudah terasa berkurangnya pendapatan kita. Apalagi jika pendapatan tetap yang hanya seputar UMR , pasti budget untuk makan akan bertambah dan sisa pendapatan makin dikit.

Sebenarnya ada yang bertanya bagaimana kondisi perekonomian di Semester II mempengaruhi pendapatan kita? 

Membicarakan ekonomi Indonesia di semester II, ternyata Pemerintah dalam hal ini Ibu Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan menyatakan bahwa fiskal masih terjaga dengan baik surplus sebesar Rp.152,3 triliun atau 0,71% PDB, inflasi untuk semester II sebesar 2,66% per Mei 2023 cukup terkendali meskipun kondisi global di semester II cukup memprihatinkan. 

Berapa kebutuhan seorang single fighter hidup di Jakarta Seorang finansial terkenal, Senduk Safir mengatakan bahwa apabila seseorang hidup dengna UMR Jakarta di tahun 2023sebesar Rp.4,901,798
maka pendapatan ini cukup untuk seseorang hidup di Jakarta. Kebutuhan makan Rp.1,5 juta, sewa kos Rp.1 juta , transportasi dan kebutuhan yang lainnya sekitar Rp.2 juta. Jadi pendapatan Rp.4,9 juta itu cukup untuk kebutuhan seorang lajang di Jakarta. 

Namun, catatan yang perlu diingat adalah jika tempat kerja dari pekerja itu dekat dengan tempat-tempat yang strategis untuk “hang out” atau konsumtif, maka keinginan untuk menghabiskan uang akan membuat pengeluaran jadi lebih besar. 


 Tips agar gaji UMR tetap bisa mencukupi yaitu: 


1.Fokus kepada kebutuhan pokok saja. Jika ingin membeli sesuatu karena keinginan, sebaiknya harus bertahan untuk tidak membeli karena apa yang dibeli itu akan menjadi beban keuangan. 

2.Berusaha mendapatkan ekstra income. Apabila ada kaingin yang mendesak, tapi belum mencukupi dananya, lebih baik mencari ekstra income untuk mengkover nya.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman