Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presto


Hello-PET.com
Sebentar lagi Lebaran akan tiba! Sudah saatnya kita memikirkan untuk menyiapkan hidangan istimewa dan khas Lebaran yaitu ketupat lengkap. 

Biasanya ibu-ibu suka memesan ketupat kepada langganan karena malas memasak sendiri ketupat . Memang memasak ketupat itu memakan waktu yang lama. Selain itu menghabiskan gas.

 Namun, untuk mendapatkan rasa ketupat yang enak dimakan dan istimewa, sebaiknya kita memasak sendiri ketupat. Agar lebih cepat memasaknya kita dapat menyiasati dengan menggunakan presto. 

Membuat ketupat yang enak itu ada tekniknya sendiri. Selain pemilihan janur dan beras yang baik, juga diperhatikan cara merebusnya. Untuk membuat ketupat cepat empuk dan enak, ikuti tips di
bawah ini:

 Takaran Beras :

Beras yang akan digunakan untuk ketupa sebaiknya direndam selama 30 menit lalu ditirikan. Jika Anda menggunakan beras pulen, isikan 2/3 bagian saja pada selongsong ketupat. Kalo berasnya sedikt pera, isikan 1/3 bagiannya saja. 

Merebus dengan Panci Presto:

 Siapkan panci presto yang sudah diisi air. Pastikan ketupat berisi beras yang dimasukkan bisa terendam sempurna di dalam air. Kemudian masak hingga mendidih (ditandai dengan bunyi nyari yang keluar dari panci presto). Kecilkan api, kemudian biarkan masak lagi selama 1 jam dengan api sedang. 

 Sebelum membuka tutup panci presto, keluarkan uap dari panci presto. Caranya? Mudah, Anda tinggal mengganjal besi yang ada di tutup pance menggunakan sendo aau benda lainnya. Setelah uap sudah ke luar semua, buka tutup panci. Ambil ketupatnya, tiriskan lalu gantung atau angin-anginkan hingga dingin

Cara penyimpanan:

 Anda dapat menyimpannya di kulkas dengan membungkusnya dengan plastik. Untuk menggunakannya Anda perlu mengukus (jangan direbus) . Ketupat yang utuh lebih tahan lama daripada ketupat yang sudah dipotong

Tidak ada komentar