8 Tips Persiapan Mudik Agar Tetap Aman dan Nyaman

8 Tips Persiapan Mudik
dokumen pribadi



Bagi netizen yang berpuasa, tentunya sudah mempersiapkan diri untuk sambut Idul Fitri dengan keluarga tercinta.Keluarga tercinta yang ada di kampung halaman, jauh dari tempat kita bekerja, tinggal. 

Persiapan Mudik harus mempertimbangkan banyak hal. Beberapa hal yang penting dalam perjalanan ke daerah : 

1. Siapkan budget Mudik dan Rencana perjalanan
2. Booking Tiket Transportasi dari jauh-jauh hari 
3. Jaga Kondisi Fisik 
4. Bawa Barang Secukupnya 
5.Membawa Bekal 
6. Pelajari Rute
 7.Memeriksa Kondisi Keamanan Rumah
 8. Barang Berharga

 1.Siapkan Budget dan rencana perjalanan


Jika kita bepergian ke wilayah lain yang jauh jaraknya tentu perlu rencana untuk biaya . Apalagi jika hal ini dilakukan bersama keluarga besar. Perlu sekali membuat rencana perjalanan akan naik moda transportasi apa (mobil, pesawat, kereta api). 

Setelah memastikan kendaraan, langsung kita buat budget dan rekreasi di tempat daerah asalmu. Juga menentukan berapa budget yang dibutuhkan. Dengan budget itu kamu harus juga memastikan dari mana dana itu. APakah dana datang dari THR yang pasti diterima. Jika tidak kamu harus memastikan untuk menabung. 


 2. Booking tiket transportasi 


Tiket transportasi melalui darat (kereta api) atau udara (pesawat) harus secepatnya dibooking . Di hari raya Idul Fitri yang merupakan “high season” harga tiket sangat mahal. Jika kamu tidak cepat booking, kamu akan kena harga mahal. Ingat bahwa transportasi dengan kereta api pun hanya terbatas waktu bookingnya. Kamu harus secepatnya booking. Transportasi udara juga demikian, sebaiknya secepatnya booking secara online. 

3. Jaga kondisi fisik 


Mudik dengan perjalanan jauh memang membutuhkan fisik yang fit. Belum lagi jika macet terjadi saat mudik, maka persiapkan diri untuk jaga stamina. APalagi jika mudiknya saat Ramadan (puasa), penting sekali untuk memikirkan dimana buka puasa karena jam buka puasa biasanya restoran penuh, jadi persiapan dimana dan kapan bisa buka puasa. 

Juga obat-obatan yang biasa dikonsumsi harus dibawa dan jaga tubuh untuk seluruh anggota keluarga. Jangan sampai turun apalagi bagi yang menyetir.

 4. Membawa Barang Secukupnya 


Jika pemudik ingin membawakan oleh-oleh untuk orang tua atau sanak saudara di kampung halaman, pikirkan untuk membawa yang praktis, tidak perlu yang berat. Di masa mudik, barang bawaan sendiri juga harus dipikirkan ditambah dengan oleh-oleh 

5.Membawa Bekal


 Sepanjang perjalanan saat kita akan buka puasa, biasanya restoran sudah penuh dengan orang yang akan buka puasa. Untuk efisien waktu dan hemat, lebih baik membawa makanan dan minuman dari rumah. 

6. Mempelajari Rute


 Persiapan mudik yang sangat penting adalah rute perjalanan. Bagi kamu yang ingin mudik dengan menggunakan mobil, penting sekali untuk pelajari rute agar tidak kesasar atau waktu yang panjang . 

7.Memeriksa Kondisi Keamanan rumah 


Meninggalkan rumah untuk mudik , kamu perlu melihat dan memperhatikan kondisi keamanan sebelum berangkat. Semua pintu sudah terkunci, tidak ada tabung gas yang masih menyala, tidak ada barang elektronik yang juga masih menyala.

 8. Barang Berharga 


Pada saat Lebaran, banyak pemudik yang meninggalkan rumah tanpa menyadari bahwa barang berharga masih ditinggalkan di rumah tanpa ditempatkan di safety box. Sekarang ini kondisi rumah kosong jadi sasaran pencuri .

 Oleh karena itu tak ada salahnya untuk benda-benda berharga seperti emas, uang tidak ditinggalkan di lemari, tapi di safety box. Melaporkan kepada RT bahwa kamu sekeluarga akan mudik, jika ada masalah bisa meninggalkan nomor kontak . Semua dicek untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 


 Momen Lebaran memang sangat penting sekali untuk silaturahmi, tak kalah pentingnya dengan persiapan mudik dengan cermat dan saksama.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman