18 Strategi Marketing yang Ampuh untuk Meningkatkan BIsnis Lebih Cepat

Strategi Marketing yang Ampuh
Srategy Marketing - pexels-Iyan Krukau



Dalam dunia bisnis, marketing strategi jadi tujuan pemasaran yang dibentuk berdasarkan strategi bisnis yang dimiliki perusahaan. 

Perlu diingatkan bahwa marketing strategi sangat berbeda dengan marketing plan. 

Marketing Strategy merupakan gambaran besar mengenai tujuan yang ingin dicapai dalam pemasaran dan upaya mencapainya.

Marketing Plan adalah rencana pemasaran yang merupakan cara bagaimana Anda mencapai sasaran pemasaran. 

Ada penerapan strategi sekaligus roadmap untuk memandu Anda dari satu titik ke titik yang lain. Sedangkan rencana pemasaran bagaimana mencapai tujuan pemasaran . 

Formula dari suksesnya marketing strategi dan marketing plan adalah sebagai berikut:

Marketing strategi -------> marketing plan…………..>pelaksanaan = Sukses

 Marketing strategi yang terbaik selalu berdasarkan kepada kebutuhan dasar manusia. Jika Anda tidak memahami psikologi dari prospek nasabah, berapa yang dibelanjakan, dan berapa biaya marketing yang dapat diminimalisir untuk bisnis. 

Ketika bisnis berkembang, marketing menjadi hal yang paling penting. Anda harus punya strategi marketing yang sangat ampuh :
  1.  Strategi marketing apa yang terbaik 
  2. Bagaimana marketing strategi Anda berhasil 

 Dalam blog ini, kita akan mengulas 18 strategi marketing yang efektif dan bagaimana para brand yang terbesar telah belajar memperbaiki. 

Semua bisnis yang masih kecil dan sederhana pasti menginginkan rencana marketing berbiaya rendah. Masalahnya, adalah memutuskan strategi marketing bisnis yang sukses yang menawarkan ROI yang tertinggi. 

Inilah list dari strategi marketing dengan ROI yang tinggi dan dapat meningkatkan industry saat ini: 

1. Susun Target dan Budget


Setiap bisnis membutuhkan panduan. Setiap marketing awalnya membutuhkan target dan budget. Hanya dengan strategi marketing yang cuma-cuma dalam dunia ini. 

Tanpa target dan budget, sanglah sulit bagi kita untuk memutuskan apakah kampanymu berhasil atau tidak. 

Seperti yang dikatakan oleh Forbes, Kontributor Jayson DeMers:
 “Penyusunan Target menghilangkan realitas persepsi subjektif , mencapai sukes yagn dapat diukur." 

Dalam kontek, sukses bukan sesuatu ide yang tidak jelas, tetapi sesuatu yang dapat diukur. 

2. Bangun Pengaruh Anda 


Kampanye marketing yang sukses akan membantu anda mencapai ROI yang tertinggi. 

Setelah Anda membangun pengaruh, Anda dapat menggunakan strategi marketing yang lebih ampuh (powerful). Dengan menggunakan influencer, akan menghasilkan $6.50 setiap $1 yang dihabiskan, hal ini menjadi bagian strategi marketing untuk bisnis yang kecil. 

 3. Mengungkit Pegawai seperti Pemikiran Pemimpin 


Sebagai pemimpin, Anda harus punya cara untuk mempengaruhi karyawan. Apabila Anda punya kharisma yang sangat mudah dipahami, penjualan sosial dan advokasi karyawan menjadi penting diantara perusahaan yang ingin menyampaikan pesannya. 

Menurut Linkedln, Para penjual yang menggunakan sosial media menjual 51% di atas lebih tinggi dari mereka yang tidak menggunakan sosial media.  Linkedln juga mendengarkan hasil dari percakapan 95% dari pekerja pada tahun 2021. 

 4. Pemenang Satu Saluran Media Sosial 


Banyak yang beranggapan bahwa untuk mendapatkan keuntungan lebih besar, lebih baik menggunakn banyak sosial media. Tetapi guru marketing, Neil Patel mengatakan bahwa lebih baik untuk focus satu media sosial pada tiap waktu. Ada 12 langkah sederhana untuk menciptakan strategi sosial media sebagai berikkut ini:
Strategi Marketing yang ampuh


 5.  Membangun relasi melalui email


 Dengan 59% ahli marketing mengklaim bahwa email merupakan saluran marketing yang paling efektif untuk menghasilkan generasi penghasil. Hal ini merupakan strategi yang tidak boleh kamu abaikan. 

Jika kamu belum membangun email , Derek Halpert, Social Tragger memberikan tips berikut ini: a.Ciptakan strategi jangka panjang untuk menghasilkan traffic organic ke website anda
b.Ciptakan tawaran yang bermacam pilihan 
c.Gunakan bentuk pop email
d. Gunakan banner sebagai undangan untuk berlangganan ke email list 

Anda untuk menambah jumlah pelanggan #6 Blog yang strategis Jika Anda menggunakan blog dengan tepat, maka traffic yang ditargetkan ke website Anda pasti tercapai. Biasanya para pemasar menggunakan blog dengan 67% dapat berhasil ketimbang mereka yang tidak menggunakan.

 Untuk berhasil dengan blogging, Anda harus:

  • Temukan niche: Pilih Niche yang paling sulit, pertimbangan-pertimbangan sebelum Anda mulai blog 
  • Fokus pada kualitas ketimbang kuantitas. Satu bentuk panjang, komprehensif post berharga 5x dari yang pendek dan tidak informatif .
  • Bangunlah konten “evergreen”. Ketika menciptakan konten evergreen, selalu update konten jika dibutuhkan, konten Anda menggabungkan dampaknya setiap kali Anda posting.
  •  Gunakan “tool editing” seperti “Instasize” untuk mengkurasi konten Anda 

6. Promosikan blog

Buatlah list influencer yang dapat mempromosikan produk dan mulailah kampanye dengan tool yang dapat meminta mereka untuk memberikan input tentang blog Anda kembali. 
Design merupakan hal yang penting.  Penampilan blog merupakan cara untuk menarik hati para pembaca yang potensial maka gunakan template yang sangat bagus untuk menciptakan blog Anda. 

 7 Lakukan Riset yang bertampak SEO Anda


 Dengan cara yang modern saat ini, konsumen akan mengabaikan iklan , hanya ranking dari keyword yang tertarget menjadi hal yang penting. Untuk masuk ranking SERP, keyword dapat melakukan beberapa langkah sederhana: 

.Fokus pada kompetisi yang rendah, dengan “long-tail keywords”. Jika anda punya bisnis pernikahan, Anda tidak akan berkompetisi dengan David’s Bridal dengan keyword “wedding Dress”. Alih-alih Anda harus berfokus pada kompetisi rendah dengan long-tail keyowords yang relevan untuk pengunjung. 

Gunakan toos seperti SE Ranking, SEMRush, KWFinders. Tool seperti SEMRush atau KWFinders sangat mudah sekali untuk dapat menemukan Keyword dengan ROI yang tinggi, sehingga menaikkan kualitas dari website Anda.

 8. Ajarkan Kepada Orang lain 


Seperti yang diajakarn oleh Brian Sutter, Kontributor Forbes: “Ide untuk mengajarkan bukan untuk menjual. Hal itu merupakan pembeda marketing di dalam pikiran , juga pada konten marketing . Jangan ajarkan menjual. Konsep itu adalah hal yang membuat konten marketing berbeda dari iklan 

Untuk meyakinakan bahwa Anda mengajarkan hal yang penting, Sutter merekomendasikan sebagai berikut: . Jangan menyisipkan Call of Action agar pembaca membeli sesuatu dari setiap konten .Fokus pada customer apa yang mereka inginkan, bukan apa yang ingin Anda ceritakan .Berbaik hatilah dengan konten yang anda tawarkan 

 9 Survey


 Dengarkan dan Belajarlah Riset marketing memainkan peran penting dalam suksesnya strategi marketing bisnis kecil. Salah satu cara terbaik untuk melakukan riset melalui penggunaan survei.

Untuk menghasilkan strategi ini, Survei Monkey merekomendasikan sbb: 

  •  Definiskan tujuan dari riset
  • Susun waktunya 
  • Segmen pemirsa untuk memutuskan siapa yang perlu disurvei 
  • Gunakan tool yang tepat yang dapat mengambil dan mengumpulkan serta menganalisa data.

 10 Periksa kembali Landing Pages Anda


 Salah satu strategi marketing yang dapat berdampak pada konversi adalah focus pada landing page. 

Agar landing page berhasil, focus Anda harus mendapatkan pembaca untuk mengambil tindakan langsung. Setelah itu, jika Anda memiliki 20 link di landing page, rasio akan menjadi 5%. Dengan hanya 1 link, rasio 100%. 



11 Berbuat Sesuatu 


Suatu penelitian McCann menemukan bahwa 42% konsumen Amerika percaya bahwa brand dan perusahaan kurang dapat dipercayai dua abad yang lalu. Dengan pemahaman ini, Anda harus mentargetkan pembaca menjadi faktor diferensiasi yagn besar. 

Inilah caran yang dapat anda lakukan .Sponsori beberapa even tak berbayar .Berpartisipasi dengan karyawan dan customer untuk event mengumpulkan dana .Berdonasi produk untuk event amal 


12. Memanfaatkan iklan sosial media 


Sosial media telah mengubah peta pemasaran modern saat ini. Meskipun focus bisnis kecil kepada kesempatan marketing yang berbayar mudah, penawaran sosial media, terbukti sebagai yang plaign efektif untuk menghasilkan ROI

 Facebook telah mendominasi iklan sosial media di dunia 93% dari pemasang iklan menggunkan Facebook ads. 

13 Manfaatkan Tawaran Google Lokal


 Sebagai bisnis kecil, Lokal SEO Anda bisa berhasil atau gagal dalam bisnis. Anda harus mempertimbangkan kekuatan dimana rank tertinggi bisnis lokal di Google masih merupakan misteri. Di bawah ini grafis dari Moz yang sangat terperinci dan mudah dimengerti.

 14 Memprioritaskan Mempertahankan Kustomer


Sangat sulit sekali untuk memiliki customer yang sangat loyal yang bertahan hingga jangka waktu panjang. Dalam statistic, perbandingan untuk penjualan kepada existing customer sekitar 65% sedangkan untuk customer sekitar 10-15%.

Untuk memastikan customer tetap membeli produk Anda, ada rekomendasi dari Sujan Patel : Memperhatikan faktor penyebab Anda kehilangan customer dan focus pada usaha perbaikan 

Jabarkan definisi sukses customer dan bantu untuk mencapainya 
Bantu customer untuk mencapai kemenanang yang cepat 
Ciptakan sumber daya yang evergreen

15. Berikan Kejutan kepada pengunjung


 Sebuah story telling merupakan alat marketing yang ampuh. Hal ini dapat mendorong konversi rate hinga 400%. 

Caranya adalah 5 dalam story telling: 
  • Pastikan parameter (siapa,apa, kapan, dimana) 
  • Sangat otentik 
  • Pastikan hasilnya .
  • Konsisiten.
  • Pastikan customer jadi bagian dari kisah Anda 

 16. Explorasi kerja sama 


 Explorasi dan gunakan kerjasam dengan binsis kecil yang lain dapat mendorong atau meningkatkan ptensi pendapatan bisnis secara eksponen.

 Cara mengembangkan kerja sama: 
  • Berada didepan untuk bisnis anda
  • Berikan pertanyaan yang tepat 
  • Fokus kepada kesempatan kerja sama yang dapat saling menguntungkan 

 17. Buatlah Pengunjung mengenal , menyukai dan mempercaya Anda


 Webinar merupakan salah satu marketing strategi untuk bisnis teknologi dengna kehadiran digital. Meskipun demikian bisnis kecil lpun tidak kehilangan kesempatan untuk berteknologi. 

Ada 3 marketing strategi yang perlu diketahui: 
  • Fokus kepada pembuatan konten yang hebat 
  • Pilihlah waktu yang tepat dan menyenangkan untuk penonton 
  • Persiapan, persiapan 

 18 Promosikan konsultasi gratis 


Meskinpun berbagai macam industry, konversi rate untuk penawaran konsultasi gratis membuat marketing stsrategi bisnis kecil makin efektif. Beberapa bisnis medis telah melihat bahwa konversi rate naik setinggi 75% saat menawarkan konsultasi secara gratis.

 Tips yang penting diperhatikan : 
  • Fokus untuk membantu customer dan memenangkannya 
  • Bertanyalah pertanyaan yang penuh dengan target 
  • Tunjukkan kepada mereha mengapa dan bagaimana anda bisa membantu mereka.


Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman