5 Cara untuk Meraih Peluang Karir Lebih Besar

Peluang Karir
pexels-sora-shimazaki


Jabatan atau karir tidak hanya ditentukan oleh selembar kertas yang disebut dengan ijazah . Ijazah sarjana menjadi penghargaan penting ketimbang mereka yang hanya lulusan SMA saja. Ada anak-anak SMA yang tak punya kesempatan untuk bisa mendapatkan askes ke universitas karena ekonomi keluarga.  Hal ini tak mematahkan semangat untuk meraih peluang karir.

 Biaya tinggi untuk masuk universitas dan dana yang tak ada membuat mereka terpaksa menyerah . Ada anak tidak dapat menyelesaikan akademiknya karena faktor keuangan dan ekonomi keluarga. 

Mereka bukannya tidak bisa belajar tapi kondisi dan situasi membuat mereka tak bisa menyelesaiknanya. Kompetensi untuk lulus dari perguruan tinggi salah satu yang diidamkan oleh generasi muda sebagai solusi untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman luas dan meraih karir yang lebih baik. 

Jika mereka hanya menyerah begitu saja, tentu masa depan yang diraih sangat gelap. Untuk itu diharapkan mereka yang tak bisa melanjutkan kuliah, diharapkan untuk mencari solusi lain dalam mencari pendidikan formal atau informal dalam era globalisasi.  Ada pepatah, saat ada kesulitan, selalu ada kesempatan atau peluang karir.

Berikut ini tips sebelum melanjutkan bidang akademik:


 1. Memiliki kepercayaan diri 


Setiap orang harus punya rasa percaya diri untuk mendapatkan yang terbaik dari dirinya. Meskipun dia berpendidikan rendah sekali pun, rasa percaya diri jadi modal utama bahwa dirinya mampu menghadapi kesulitan apa pun. Tidak pernah merasa rendah diri karena status pendidikan. Dia yakin jika mau belajar, pasti bisa melakukan pekerjaan yang jauh lebih sulit. 

 2. Berkenalan dengan terbuka 


Membuka perkenalan untuk memilki jaringan luas. Dalam membuka perkenalan diharapkan orang merasa nyaman saat kita memperkenalkan diri. Siapkan diri dengan bahan pembicaraan yang cukup ringan tapi menarik lawan bicaranya. Misalnya berita yang sedang viral, soal cuaca. 

 3. Mencari kuliah atau pendidikan informal yang dukung karir


 Untuk menambah ketrampilan dan pengetahuan, berfokuslah untuk orientasi kerja atau wiraswasta sambil kuliah jalur akademis atau jalur vokasi (diploma) bagi mereka yang lulus SMK/Sekolah kejuruan lain. Jangan pernah berhenti untuk mencari ketrampilan dan pengetahuan siap kerja. 

 4. Makin tinggi pendidikan, peluang kerja dan peluang karir makin besar 


Kuliah mahasiswa tidak hanya belajar materi kuliah saja, tapi praktek kerja dan pergaulan dalam kampus menjadi manfaat dan menempa kepribadian. Sudut pandang dan perspektif makin luas dan memahami apa dibutuhkan dalam dunia bisnis atau dunia kerja. Setahap demi setahap gali terus keinginan untuk mewujudkan kuliah meskipun hal itu dilakukan secara online . 

 5.Kesempatan memperbaiki jurusan yang salah


 Adakalanya kita tak punya pengetahuan yang baik saat ambil jurusan kuliah. Ditengah jalan kita baru menyeadari bahwa jurusan yang kita geluti bukan passion . Lalu, jangan ragu-ragu untuk berputar Haluan untuk segera memperbaiki jurusan yang yang kamu sukai supaya nantinya tidak terlambat untuk mendapatkan peluang karir


Gali atau explore terus peluang karir yang seakan tidak mudah, tapi pasti  dapat dicari. Ditengah kesulitan ada peluang.  Peluang itu perlu terus diusahakan dan dicari secara konsisten.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman