Peran Teknologi Digital dalam Investasi Saham

Pergan teknologi digital
dokpri-Canva.com



Jika kita menengok ke belakang sekitar tahun 2018, Bursa saham pernah mencatat jumlah investornya hanya 1,619,372 juta saja. Bayangkan, Indonesia dengan jumlah penduduk 275 juta, tapi yang berinvestasi di Bursa Efek/Saham tidak mencapai 1%. Padahal di negara Eropa maupun Amerika Serikat, hampir semua warga yang produktif pernah berinvestasi di bursa saham mereka.

Lalu, apa penyebabnya sehingga warga kita terutama para milenial hanya sedikit yang mau berinvestasi di Bursa Efek/Pasar Modal? Ada kendala teknologi atau literasi keuangan? Teknologi jadi trigger kemajuan dari investor masuk ke Pasar Modal.

Pertumbuhan pasar modal dimulai sejak tahun 1988, diikuti dengan perdagangan jarak jauh oleh Bursa sejak tahun 2002. Pertumbuhan dan perkembangan teknologi dan system online trading bagi investor retail.

Penelitian pada tahun 2020 menunjukkan jumlah investor di pasar modal mencapai 3,88 juta investor, kenaikan yang cukup signifikan (hampir 56%) dibandingkan akhir tahun 2019 sebesar 2.484.354. 

Pertumbuhan investor di Pasar Modal ini adalah peran dari perkembangan dunia digital. Sejak tiga tahun terakhir Bursa Efek telah mencatat sebanyak 54,52% Single Investor Identification (SID) atau sekitar 2,11 juta investor memiliki rekening investasi. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dua mahasiswa, Andi Kusuma Negara dan Hendra Galuh Febrianto dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Tangerang telah membuktikan bahwa besar pengaruh kemajuan teknologi informasi terhadap minat generasi milenial untuk berinvestasi di pasar modal.

Ekonomi yang didukung oleh teknologi sebagai acuan agar tetap kompetitif dalam menggerakkan pendukung atau investor retail untuk ikut serta dalam berinvestasi di pasar saham. Dengan adanya teknologi, investor merasa lebih mudah untuk melakukan investasi, pembayaran bahkan untuk pembelajaran. Jadi teknologi merupakan penententu tingkat minat investasi di Bursa saham.

Dita (bukan nama sebenarnya), seorang jurnalis teknologi, telah berinvestasi melalui aplikasi sejak tahun 2016. Dia telah berinvestasi saham karena kemudahan berinvestasi saham dalam suatu platform online. 

Dalam penuturannya, hampir semua platform finansial terutama yang menawarkan reksadana dan saham, mirip sama. Ada fitur tentang grafik pergerakan harga, pembayaran. Dia mengatakan secara terus terang, teknologi membuat dirinya nyaman berinvestasi, kemudahan teknologi juga mendorong mulai tergerak untuk berinvestasi. 

Senada dengan Dita, Ria (bukan nama sebenarnya, juga mulai mengenal reksadana dari sekolah pasar modal pada tahun 2018. Dia menilai bahwa fitur aplikasi yang memberikan kemudahan pembayaran dan pembelian merupakan kunci utama untuk investor melakukan transaksi. 

 Literasi investasi reksadana dan saham melalui platform digital

Peran teknologi digital
dokpri-canva.com


Tugas para milenial atau siapa pun yang ingin berinvestasi harus mempelajari produk-produk investasi yang diinginkan sesuai dengan karakter dari investor masing-masing. 

Jika ingin mendapatkan informasi secara rinci terkait transaksi di pasar modal Indonesia, para calon investor retail dapat mendapatkan melalui aplikasi online. 

Semua investasi tentu ada risiko. Untuk pemula, pastikan bisa memilih beberapa instrumen investasi yang paling sesuai dengan profilnya. Misalnya dari beberapa instrumen seperti reksadana pasar uang, ORI, saham, emas, properti, yang sesuai dengan dengan profil adalah saham.

 Apa pengertian saham? 


Jika kita memiliki dana lebih di rekening koran di bank, kita ingin mengembangkan dana itu bukan? Nach salah satu caranya adalah dengan berinvestasi saham. 

Investasi saham artinya kita memiliki atau tanda penyertaan modal seseorang pada suatu perusahaan (Perseroan Terbatas). Wujud saham bukan lagi berbentuk seperti certificate. Semua bukti kepemilikan kita pada sebuah perusahaan itu sudah disimpan dalam bentuk dan berbasis digital.

Semua kepemilikan dapat diperdagangkan setiap waktu pada jam bursa buka. Bukti kepemilikan saham dapat dilihat secara online melalui Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKSes) yang dapat dibuka via website http://akses.ksei.co.id 

 Bagaimana belajar berinvestasi saham


 1.Secara Analisis Teknikal: 


Dilakukan dengan melihat atau memprediksi pergerakan harga saham selanjutnya. Analisis menggunakan informasi harga saham sebelumnya dan berbagai macam tools dalam menghasilka prediksi tersebut. 

2.Secara Fundamental : 


Mempelajari pengaruh faktor ekonomi dan sosial dan berbagai kebijakan ekonomi , hal ini disebut sebagai nilai intrinsic. Contoh adanya peristiwa pada suatu industri dapat memperkuat atau harga saham perusahaan. Hal ini perlu dianalisis, investor mampu mendapatkan informasi mengenai value sebenarnya sebuah perusahaan dengan pertimbangan makroekonomi dan mikroekonomi.

Beberapa faktor lain, struktur perusahaan, keuntungan perusahaan, pertumbuhan, utang, tata Kelola perusahaan, tingkat omzet. 

Bagi mereka yang pemula, direkomendasikan untuk membeli saham-saham LQ45 (saham dimiliki 45 emiten dengan likuiditas terbaik), juga pelajari faktor trend industri, pengaruh eksternal, sampai kepada financial statement. 

Bahkan atribut perusahaan seperti data histori, informasi yang diketahui publik, yang tidak diketahui publik. Diperhatikan juga performa industry perusahaan, politik domestik, financial statement, berita tentang perusahaan dan industri analisis kompetitor, kebijakan perdagangan.

Mengapa penting berinvestasi saham sejak dini 


1.Mengembangkan uang sebagai aset 


Untuk bisa memenuhi kebutuhan di masa mendatang sangat penting. Beberapa alasan lainnya adalah inflasi Jika kita hanya mengandalkan dana kas di rekening, uang akan tergerus inflasi. Untuk investasi saham, kemungkinan keuntungan mencapai 12-14% per tahun masih bisa dicapai. 

2.Melipatgandakan aset 


Setelah kamu mengetahui tentang cara dan kapan membeli saham, lakukan dengan sangat professional sehingga kamu tidak terjebak dengan saham gorengan, tetapi harus analisa berdasarkan teknikal dan fundamental 

3.Membantu memenuhi kebutuhan di masa depan 


Kebutuhan keluarga semakin banyak, untuk pendidikan anak, rumah, asuransi, mobil. Kebutuhan itu dapat dicover dengan investasi saham.

 4.Membeli apa yang dibutuhkan 


Untuk membeli kebutuhan besar tentu tidak bisa dilakukan dengan segera, harus direncanakan dengan matang. Untuk perencanaan masa mendatang perlu adanya investasi yang memberikan keuntungan mencukupi pembelian aset . 

Pembelian Saham melalui SFAST 


Setelah mengantongi segudang ilmu tentang saham baik fundamental maupun teknikal, saatnya Anda mempraktekkan untuk pembelian saham. 

Mencari perusahaan sekuritas adalah tugas berikutnya. SFAST merupakan Online Trading dikembangkan oleh PT. Surya Fajar Capital Tbk atau SF Sekuritas yang berkomitmen di pasar modal Indonesia. Memiliki professional yang siap membantu Anda untuk mencapai investasi yang menguntungkan. 

Nach, berita baiknya ada aplikasi SFAST yang punya fitur-fitur investasi yang user friendly, dan mudah untuk segera berinvestasi.

Hanya ada 3 cara untuk segera investasi saham


  • Daftar Akun: Datang ke kantor atau menghubungi layanan pelanggan, lalu akan dikirimkan formulir pembukaan rekening. Melengkapi semua informasi yang diminta pada halaman pendaftaran. Proses pendaftaran pembukaan rekening akan dilakukan. 
  • Deposit: Mendepositokan dana ke dalam rekening efek untuk mengaktifkan akun Anda.
  • Trading: Anda sudah dapat melakukan trading melalui aplikasi SFAST . Jika ingin berdiskusi atau minta rekomendasi sebelum pembelian, juga dapat dilakukan. 

 Manfaat berinvestasi di SFAST 

1.Aman


Terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia, memiliki ijin pialang saham SK OJK NO.Kep 64/D.04/2018 dan izin penjamin emisi SK OJK NO.KEP-42/D.04/2019. 

2. Terpercaya


SF Sekuritas merupakan perusahaan terbuka di bidang investasi dan konsultasi manajemen manajemen, tercatat pada bursa Efek Indonesia. SF Sekuritas selalu wajib mengikuti aturan yang berlaku di pasar modal. 

3.Dukungan berpengalaman


 SF Sekuritas memiliki manajemen profesional dan pengalaman panjang dan rekam jejak dalam dunia keuangan, investasi dan pasar modal. Hal ini dibuktikan dengan izin yang telah diperoleh sejak beroperasi tahun 2018. 

4.Gunakan Aplikasi SFAST


Gunakan apllikasi SFAST dengan mengunduh dan mendaftar dan langsung bertransaksi.

Tunggu apa lagi, ini saat kamu untuk berinvestasi saham di akhir tahun melalui SFAST agar pundi-pundi makin cepat bertambah. 

Sumber referensi:

  • Memahami Definisi dan Indikator acuan dalamAnalisis Fundamental Saham: accurate.id
  • Smart apps untuk investasi: SFAST.id 
  • Pengaruh Perkembangan Teknologi di Era Digital : https://jurnal.um-tapsel.ac.id

2 komentar

  1. Aq dulu sempat kerja di Bursa saham, sekarang enak lebih mudah klu ingin investasi beda sama dulu

    BalasHapus
  2. Kalau berinvestasi saham ini memang lebih baiknya di tempat terpercaya ya Mba, seperti SFAST ini. Mau coba cek app SFAST ini aja, biar siapa tau pas didaftarkan cocok sama aku..

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman