Vaksin Booster Makin Mudah Prosesnya

Kasus Omicron per tanggal 12 Januari 2022 angkanya meningkat lagi. Awalnya hanya 54, bertamah 66 kasu sekarang totalnya sudah 572 . Dari 66 kasus itu terdapat 33 kasus dari pelaku perjalanan internasional dan 38 dari transmisi local. 
 

Apa yang dilakukan oleh Pemerintah, dalam hal ini Kementrian Kesehatan? 

 
Langkah antisipasi pemerintah untuk membendung penyebaan Omicron itu dengan gencar melakukan 3T terutama di Pulau Jawa, Bali. 3 T adalah testing, treatmen dan tracing. 
 
Testing akan ditingkatkan rasio tracing di daerah yang kasus positif lebih dari 3 orang. Untuk treatmen, ruangkan isolasi akan disiapkan kembali baik untuk gejala ringan maupun tanpa gejala.
 
Sedangkan yang berat di rumah sakit . Untuk tracing, tentu diharapkan prokes diperketat lagi salah satunya adalah dengan vaksin bagi yang belum vaksin 1-2 dan juga vaksin ke-3 untuk lansia. 

Tak kalah pentingnya adalah Herd immunity . Herd immunity dapat dicapai apabila semua warga telah selesai divaksin penuh ditambah dengan vaksin booster. Sayangnya pencapaian vaksin di tiap daerah itu beda hasilnya.  Tergantung dari distribusi dari pusat.
 

Bagaimana cara mendaftar vaksin untuk lansia? 

 
Sebenarnya sangat mudah dan cepat sekali. Kita akses aplikasi peduli lindungi , kemudian kita ikuti step-step berikut: 
 
1. Buka aplikis “Peduli Lindungi” 
2. Tekan nama kita yang terletak di atas 
3. Tekan “Vacinnations history dan tickets” - Tampak vaksinasi-1, Vaksinasi-2 dan Vaksinasi -3 - Pada vaksinasi -3 ada nomer tiket kita 
4. Tekan “Save image” untuk tiket V-3 (hasil screen shot image akan tersimpan dan terlihat di gallery HP kita
5. Check Aplikasi Peduli Lindungi secara berkala untuk melihat kapan dan dimana kita akan mendapat vaksinasi ketiga 
6. Bawa dan tunjukkan foto tiket V-3 pada waktu kita mendaftar di tempat vaksinasi yang ditunjuk 
 
Saya pun begitu membuka aplikasi Peduli LIndungi, membuka fitur vaksin covid, klik TIket vaksin, langsung tertulis tiket vaklsin yang sudah tersedia.   Tidak perlu tunggu untuk mendaftar online, langsung mendaftar onsite di Puskesmas terdekat.
 

Proces Vaksin ke-3

 
Pendaftaran: dokumen pribadi

 Hari ini tanggal 14 Januari 2022 jam 8.00 saya berangkat dari rumah ke Puskesmas Rengas. Tempatnya tidak jauh, saya jalan kaki saja, jarak tempuh sekitar 10 menit saja. Waktu mendaftar saya diminta fotocopy ktp, fotocopy vaksin dan cek peduli lindungi apakah saya benar telah mendaftar. Juga diminta untuk mengisi 2 formulir.
formulir pendaftaran: dokpri

formulir pendaftaran: dokpri


 
Setelah semua data divalidasi, saya mendapat nomor 79. Kaget juga sepagi ini sudah nomor 79, wah berapa jam? Dengan sabar menunggu, tiap panggilan ada 4 orang yang dipanggil . Pada pukul 10.15 saya baru dipanggil untuk vaksin. 

 

 
Proses vaksin ketiga ini tidak berbeda dengan sebelumnya. Di pos pertama, saya dicek tensinya dan ditanyakan informasi Kesehatan (apakah pernah terpapar covid, punya komorbid, punya penyakit autoimun dan lain-lainnya). Selesai ditensi dan hasil tensinya tidak melebihi dari yang normal (tensi saya 148-88), saya langsung dianjurkan untuk disuntik. 
pengecekan tensi: dokpri

 
 
Ketika saya bertanya apakah masih ada vaksin Pfizer yang tersedia, dijawab sudah habis. Saya mendapatkan vaksin Astra Zeneca dengan dosis l/2. 

Vaksin ketiga-dokpri


Begitu selesai , semua dokumen yang saya bawa diserahkan kepada bagian administrasinya. Selesai itu saya diminta untuk duduk dulu selama 15 menit menunggu reaksinya. Jika nanti setelah pulang ke rumah ada gejala seperti panas, diare, harus menggunakan obat 4 setelah gejala timbul.

 

Manfaat Vaksin ketiga

 
Saya percaya bahwa vaksin booster ini akan menambah kekebalan tubuh untuk melawan virus omicron yang mudah sekali penyebarannya.   Tidak menjamin tidak terpapar, tetapi jika sampai terpapar, dampaknya lebih ringan  karena kekebalan tubuh kita sudah terbangun.

8 komentar

  1. Jadi vaksin booster ke 3 ini didahulukan untuk lansia dulu ya? dan jika jenis vaksin satu dan dua berbeda dengan vaksin ketiga apakah ada efeknya?

    BalasHapus
  2. Mamaku sudah dapat vaksinasi booster.. Udah lumayan lega deh. Suamiku juga rencananya akhir bulan. Kalau aku masih musti nunggu Maret dan sangat berharap ada vaksinasi covid untuk balita

    BalasHapus
  3. Ibu aku juga sudah nih, sekarang menanti yang untuk usia sepertiku... kira2 kapan bisa ya di daerah bekasi. Kemarin minta masi di tolak hoho

    BalasHapus
  4. wah di tempat saya udah ada belum ya?

    maklum baru pindah, gak tau puskesmas terdekat di mana

    dulu sih walau dekat tapi bisa daftar online, jadi gak harus nunggu lama

    BalasHapus
  5. jangankan vaksin ke3 mba, vaksin pertama aja aku belum karena masih pemulihan pasca operasi. aku pengen nih vaksin biar aman ya. suami dan ankku juga ibuku udah lengkap

    BalasHapus
  6. Sekarang udah gencar banget vaksin booster ya, jadi inget temenku yang bertugas jadi vaksinator untuk vaksin booster ini. Semoga semuanya lancar dan pandemi segera berakhir.

    BalasHapus
  7. wah jadi diingatkan belum vaksin ketiga, secepatnya ikut mendaftarkan diri deh :)

    BalasHapus
  8. selamat Bu sudah mendapatkan vaksin booster. salam sehat dan semangat selalu ya Bu :)

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman