Ngeblog itu Bukan Sekedar Nulis, Tapi Ada yang lebih Menyenangkan

 

 
Hayo di sini yang belum ngblog? Kenapa kok belum? Loh, di zaman digital begini, pasti sering Ngeblog walking atau ngintip media sosial para blogger khan. Setelah ngintip para blogger terkenal seperti Cosa Aranda, Sumbodo Malik, Raditya Dika, Sugeng Riyadi, Alitt Susanto, WInda Krinsadefa, apa yang terpikir oleh kalian semua?
 
 Mungkin ada yang berkomentar, “Aku pengin sukses seperti blogger terkenal itu dech!”, atau “Gimana yach caranya sukses dan terkenal seperti blogger si A?”. 
 
Jika ingin terkenal dan sukses tentu harus memulai nulis di blog atau saya sebut saja ngblog. Ngblog itu ternyata tidak mudah loh? 
 
Saya mau menceriterakan pengalaman saya saat pertama kali punya blog. Wah seperti anak kelas 1 SD, punya blog yang gratisan itu senang banget dech. Langsung nulis saja, tanpa mikir apa yang ditulis. Dipikir nulis di blog khan cukup apa yang ada di kepala dituangkan saja. Nach, apa yang terjadi? Hampir 5-6 bulan berjalan, loh kok blognya itu sepi amat yach. Tidak ada kunjungan, tidak ada komentar bahkan tak satu pun teman ketika saya kirim link blog saya, tak berkomentar sama sekali. Sedihnya luar biasa… 
 
Tapi ngga boleh putus asa khan. Ternyata ada rahasia loh bagaimana menulis di blog itu. Kamu harus nulis sesuai dengan niche atau passion kamu. Contohnya kamu suka masak, maka menulislah tentang memasak. Kenapa harus sesuai passion? Iya kalo kita menulis sesuatu sesuai passion, maka konten tulisan kamu pasti ada rohnya, kamu nulis dengan sepenuh jiwa raga. Hasilnya pasti orang akan mengintip dan mampir ke blog kamu
 
Lalu, kamu harus terus belajar menulis dengan story telling. Ini benar-benar harus dipraktekkan loh. Saya yang sudah ngblog hampir 9 tahun, harus jungkir balik saat disuruh ngblog dengan story telling. 
Bagi saya, ngga mudah, penginnya nulis yach langsung to the point saja. 
 
Eits, itu sangat tidak menarik pembacamu. Dia pikir, ini mending baca koran ketimbang baca blog. Lari dech calon pembacamu. 
 
Selain itu tips ngblog sukses juga punya jurus yang sangat penting, SEO. Nach yang baru ngblog pertama pasti bertanya a aitu SEO. SEO itu singkatan dari Search Engine Optimazation. Singkatnya tuch, tulisan kamu di blog itu pastinya pengin dibaca oleh banyak audiens khan? Agar tulisan bisa masuk di page one google, kamu harus punya strategi sesuai dengan ketentuan mesin pencari atau sering disebut algoritma google. 
 

Kenapa Aku Suka Ngblog? 

 
Pengin sich sukses seperti top blogger gitu. Tapi aku mengerti dan paham bahwa aku bukan muda lagi dan tak mudah mengejar prestasi para blogger muda yang jauh lebih keren. Tapi aku punya segudang pengalaman saat ngblog itu yang aku pengin share kepada kalian.
 

Manfaat Ngeblog : 

 
  • Networking yang luas 

 
Aku mendaftarkan diri sebagai anggota di beberapa komunitas penulis seperti Kompasiana, Blogger Perempuan, ISB dan lain-lainnya. Dengan masuk ke komunitas, otomatis aku mengikuti kegiatannya dan pelbagai acara yang diadakannya. 
 
Salah satu acara adalah blog walking, wah ini seru dah. Aku bis abaca artikel teman-temanku. Mengenal si A itu suka nulis buku, B suka nulis review product . Senang berkenalan dengan bermacam karakter teman penulis. 
 
Dulu saat sebelum pandemic, ada kegiatan offline yang kita bisa bertemu, mendengarkan pemaparan pakar apa saja tergantung topik yang diangkat dari event itu. 
 
  • Monetize Blog

 
Nach ini yang pastinya tentu dikejar-kejar oleh teman-teman . Konten sudah OK sesuai dengan aturan maupun SEO, pasti ngblog pun harus dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dong. Bayangin, kita sudah mengeluarkan uang untuk beli domain, meluangkan waktu untuk nulis , tentu juga butuh uang . Betul ngga? So pasti. 
 
Nach, saya pun belum bisa banyak monetize blog saya. Tapi paling sedikit beberapa tawaran untuk blog placement dari perusahaan atau agency pun berdatangan. Begitu pula bagi teman-teman saya yang sudah senior ngblog, pasti sudah punya Adsense dimana blog menghasilkan uang dengan syarat-syarat yang telah dicantumkan dalam Adsense. 
 
  • Sharing yang bermanfaat 

 
Saya suka baca dan nulis, apalagi di zaman pandemic ini satu-satunya hiburan saya adalah ngblog. Jika ada ide untuk nulis segera ditulis agar tidak mubazir. Hal-hal yang bermanfaat bagi banyak orang seperti “Cara Lansia mendapatkan diskon karcis Kereta Api” pernah saya tulis di Kompasiana dengan mendapatkan status headline. Juga tulisan “Kiat untuk Hindari Kebakaran” , “Cara Hindari Hacker di Whatsapplication” merupakan tulisan-tulisan Ngblog saya yang saya tujukan kepada pembaca agar bermanfaat . Senang loh bisa bermanfaat kepada orang lain. Idenya kecil tapi orang bisa paham dan memberikan pengetahuan itu bagi saya luar biasa senangnya.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!