Kesehatan dan Lingkungan "One Health, One Planet""




Di setiap lingkungan hidup , kita temui mahluk hidup yang lainnya selain manusia seperti tanaman, binatang . Setiap mahluk hidup itu seyogyanya hidup berdampingan satu sama lainnya, saling membutuhkan, saling sinergi . 

Kita diciptakan sebagai mahluk hidup yang memiliki ketergantungan satu sama lainnya dalam satu planet yaitu bumi. Contohnya ayam , sapi , selain jadi binatang piaraan, juga sebagai binatang yang sehat dapat dijadikan makanan untuk santapan kita agar kita tetap sehat. Namun seiring dengan bertambahnya manusia, resources atau sumber makanan pun berkurang.   Oleh karena itu sustainable heath in one planet is the only solution, dengan tidak merusak lingkungan dengan baik.


Salah satu mahluk hidup yang ada di bumi adalah anjing. Anjing juga menjadi penjaga dan perawat rumah ketika tuan rumah sedang berada di luar rumah. Anjing merupakan teman setia manusia. Namun, ada kalanya ada anjing-anjing liar yang berada di lingkungan kita yang tidak dirawat baik oleh pemiliknya. 
liputan6.com

Ketika anjing tidak dirawat baik, ada yang mendapat penyakit rabies. Penyakit rabies atau disebut dengan penyakit anjing gila. Penyebabnya adalah virus rabies. Seseorang dapat terkena penyakit virus penyakit anjing gila apabila digigit oleh binatang yang terinfeksi. 

Di India juga terjangkit penyakit rabies. Sebanyak 24 warga India yang terjangkit penyakit rabies itu meninggal dunia .Meskipun diketahui bahwa di daerah itu rawan risiko tinggi terkena penyakit rabies, namun karena belum ada vaksinasi untuk mencegahnya. Maka mereka tidak bisa terselamatkan. 

Kesehatan yang berkelanjutan sangat penting sekali baik bagi anjing maupun manusia. Ketika pengetahuan telah berkembang pesat, ditemukan vaksin rabies. Anjing yang berpotensi untuk terkena rabies pun harus disuntik vaksin rabies.

Demikian juga manusia yang rawan dengan risiko tinggi seperti bekerja di laboratorium terpapar virus rabies dan yang terkena gigitan anjing gila, harus vaksin rabies. Vaksin rabies jadi cara terbaik untuk keselamatan dan kesehatan baik bagi binatang dan manusia. 

Harmonisasi Kesehatan dalam satu dunia:

kompas.lifestyle.com


Setiap anak balita membutuhkan susu sebagai vitamin A, D, B12, portein dan kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc . Kebutuhan vitamin sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang fisik , motorik , otak atau yang lainnya. 

dream.co.id

Demikian juga orang dewasa juga membutuhkan susu untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi sebagai sumber tenaga dan sebagainya. 

 Sayangnya, di satu sisi, tingkat kebutuhan susu untuk seorang anak/dewasa sekitar 12 liter /kapita/tahun. Tapi tingkat asupannya atau konsumsinya masih rendah yaitu hanya 8 liter/kapita/tahun.

 Di sisi lain apabila asupan dan konsumsi ditingkatkan, jumlah produksi susu segar Indonesia saat ini sebagian besar (91% dihasilkan oleh usaha rakyat dengan skala 1-3 ekor sapi perah per peternak. Skala usaha ternak sekecil ini jelas kurang ekonomis bagi penghasilan dan keuntungan peternak. 

Program Community Development yang merupakan bagian dari program CSR Danone Sari Husada di Yogyakarta. membentuk dan membantu peternak-peternak di Cangkringan .

Dengan memberdayakan para peternak-peternak Cangkringan di Kecamatan Cangkringan, sekitar radius 15 km dari Gunung Merapi,  dibangunlah satu peternakan kawasan. Sistem peternakan ini sangat terpadu yaitu semua yang ada di dalam peternakan mulai dari  susu sapi, urine sapi digunakan untuk pupuk cair dan kotoran sapi untuk pupuk serta sumber gas metan atau sebagai pengganti bahan bakar untuk memasak pengganti gas. 
kompasiana.com

Peternakan Merapi Project ini mendatangkan sapi-sapi perah sebanyak 240 dari Baturaden dan Blitar. Dengan sistem terpadu dan penanganan yang sangat komprhensif, produksi susu bisa meningkat mencapai 7 sampai 20 liter per hari. 

Proses pemerahan sudah menggunakan alat khusus. Alat khusus itu harus steril karena menggunakan mesin pompa yang langsung ditampung di tempat khusus. Sapi itu diperah selama 8 bulan tiap pagi dan sore hari. Siklus paling produktif di bulan ketiga. 

Umumnya, susu akan berhenti ketika sampai sudah memasuki masa kehamilan. Hebatnya peternakan sapi ini sudah memiliki laboratorium mini. Fungsinya untuk pengecekan angka kuman dalam susu sapi. Batas toleransinya berada di bawah 1 juta. Susu sapi di sini angkanya berada 300.an. 



Perawatan peternakan sapi yang modern dan terpadu ini akan membantu kesehatan sapi .  Juga susu yang dihasilkan sapi itu akan memberikan kesehatan bagi manusia.
Danone.co.id


Untuk menjaga keberlangsungan kesehatan (sustainable health), sumber-sumber makanan yang berkurang maka kita perlu  jaga lingkungan tetap baik dan tidak merusaknya.

Tidak ada komentar