Keterampilan yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2024

Bagi pekerja atau calon pekerja baik generasi milenial atau generasi X, tentunya Anda sudah memiliki bekal pengetahuan lsetelah lulus dari sebuah perguruan tinggi . Ternyata ijazah dari perguruan tinggi bukan satu-satunya jalan untuk dapat pekerjaan di era 2024. 

Perusahaan-perusahaan bergerak bidang teknologi, manufaktur atau industry membutuhkan komptensi untuk rekrut tenaga kerja yang sesuai dengan era masa kini .

Menurut buku “Future Skills: The 20 skill and competencies everyone needs to succeed in a digital world”, dijelaskan bahwa setiap orang harus memperhatikan kebutuhan keterampilan dalam jangka waktu 5-10 tahun mendatang. 

 So, segera sebelum terlambat, Anda  harus mengembangkan skill yang dikembangkan untuk membuka potensi teknologi baru secara transformasif. 

Timbullah pertanyaan kritis dari pencari kerja, skill apa yang perlu dikembangkan agar bisa sukses atau berhasil mencari pekerjaan di tahun 2024?

 Anda pasti berpikir bahwa tahun ini adalah era dari Artificial Intellgience. Tetapi teknologi bukanlah satu-satunya yang penting dalam dunia kerja yang penuh dengan AI. Agar kita tidak bekerja secara bertabrakan satu dengan yang lainnya, kita membutuhkan dua kategori skill yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi. Mengoptimalkan nilai dari kualitas manusia dan kemampuannya dimana sebuah mesin tidak dapat melakukan keduanya. 

 Artificial Intelligence Generatif


AI  Generatif seperti ChatGPT seperti dijelaskan seperti momen dari iPhone untuk AI. Dalam waktu yang singkat semalam saja, seseorang dapat menggunakan untuk menciptakan, membuat otomatis dan mennyingkat waktu sebagai professional dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi kualitas dan kemapuan diperlukan untuk mengambil kesempatan, mengembangkan solusi yang efisien dan berhasil untuk perubahan dan implikasi etik juga diperhatikan. Inilah skill yang sangat berharga dan dibutuhkan selama tahun 2024.

 Keterampilan yang berkelanjutan 


Bisnis selalu ingin berjalan dengan berkelanjutana dan mengurangi dampak seminimum mungkin terhadap lingkungan. Targetnya adalah net zero merupakan prioritas dari busins dan komitmen kepada hal yang berkelanjutan sebagai prioritas bisnis dan komitmen terhadap berkekelanjutan sangat dibutuhkan oleh pengusaha kecil yang mencari mitra kerja atau Perusahaan and Lembaga . Hal ini berarti keterampilan yang dapat mengindetifikasi dan mengimplemtasi solusi “green” merupakan hal yang dihargai. 

Manajemen projek


 Apakah anda seorang manusia atau mesin, ada kebutuhan yang bertambah untuk indivdidu untuk keterampilan untuk menarik semua orang, baik dalam bidang teknologi maupun keterampilan “problem-solving”. Memiliki tujuan strategi yang tinggi dan memprioritaskan pekerjaan dan sumber daya di luar kemampuan AI. 

 Pekerjaan itu memiliki peluang yang sebelumnya belum pernah dilakukan dan pergunakan AI dalam segala hal mulai dari pembuatan prototipe hingga penelitian, penjadwalan, pengujian dan kepatuhan. 

 Keterampilan Komunikasi


 Komunikasi yang efektif merupakan elemen yang krusial dalam keterampilan bisnis. Sekarang atau nanti, ada kebutuhan bagi mereka yang dapat mengindetifikasi kesempatan untuk menyampikan pesan dan menjembatani komunikasi yang tidak berjalan dengan baik dalam sebuah organisasi. Lebih banyak orang yang punya fungsi untuk menerjemakan “insight” dari data analitikal dan mengkomunikasikan data tersebun dalam bahasa yang sederhana kepada siapa pun yang membutuhkan.

 Komunikasi dengan mesin memang suatu normal yang umum, tetapi organisasi butuh manusia dengan kemampuan untuk bicara dengan cara yang dipahami dan dapat hasilnya. 

 Keterampilan Kesehatan klinis


Dunia akan menghadapi kekurangan tenaga professional dalam bidang perawatan Kesehatan dan banyak tugas di bagian “frontiline” yang sudah dapat diotomisasi, tetapi untuk tenaga Kesehatan di dalam tidak bisa digantikan. Dokter, perawat adalah para professional yang dibutukan dengan keterampilan AI. Namun,c Kualitas manusia dengan kecerdasan emosional dan empati akan selalu penting dalam peran mereka. 

Di negara maju, pekerjaan di bidang Kesehatan juga umumnya dibayar dengan baik ditambah dengan pengalaman yang dibutuhkan. 

 Keterampilan Data Revolusi 


AI dibangun berdasarkan data, dan memahami cara untuk mengubahknya menjadi nilai yang semakin penting bagi kesuksesan bisnis. Agar tetap menjaga etika dan dapat dipercaya dalam tugas-tugas penting seperti meningkatkan layanay Kesehatan dan memajukan penelitian ilmiah, AI juga harus stsransparan dan dapat dijelaskan. 

Keterampilan ilmu data sangat penting untuk membantu kita memastikan mesin menggunakan data yang dapat kita percayai untuk mengambil keputusan yang dapat kita pahami. 

 Komputasi Awan 


Antara tahun 2022 dan 2030, pasar global untuk komputasi awan diperkirakan akan tumbuh dari $570 miliar menjadi mendekati $2.5 trilin. Ini berarti aka nada pengingkatan permintaan terhadapm mereka yang memiliki keterampilan teknis untuk membantu bisnis besar dan kecil dalam migrasi mereka ke cloud. Para professional yang ahli dalam alat dan platform komputasi awan akan tetap relevan dan kompetitif sepanjang tahun 2024 dan seterusnya 

 Keterampilan Keamanan Siber 


Pelanggaran data, serangan dunia maya dan Upaya peretasan semakin meningkat frekuesni dan tingkat keparahannya. Begitu pula dengna hukuman bagi bisnis yang gagal melindungi data planggannya secara memadai. Keamanan siber adalah perlombaan senjata, dimana individu, kelompok dan bahkan aktor yang disponsori negara bersaing dengan pakar keamanan untuk menggunkan teknologi yang lebih cepat, kuat dan lebih cerdas untuk melawan lawannya. Semua faktor ini berarti bahwa keterampilan dalam membangun keamanan dan ketahan akan menjadi paling dibutuhan pada tahun 2024

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman