Satu Sehat Mobile Pengganti Peduli Lindungi, Makin Lengkap Data dan Keamanannya

Satu Sehat Mobile
kemenkes.com



Bagi teman-teman pemilik Peduli Lindungi, sudahkah anda update akun Anda menjadi Satu Sehat? 

Bagi mereka yang belum mengetahui tentang update Peduli Lindungi, sejak tanggal 1 Maret 2023, akun peduli Lindungi telah disempurnakan dan diupdate menjadi Satu Sehat Mobile. 

Selama hampir 2 tahun kita telah ditemani oleh Peduli Lindungi sejak adanya Covid-19 . Saat terjadinya covid 19, Peduli Lindungi telah menjadi teman setia ketika kita ingin mengetahui penyebaran covid, daerah merah yang merupakan status bahwa covid sedang tinggi, bahkan jadi pasien yang isolasi karena covid. 

Namun, setelah Covid mereda dan semoga tidak ada lagi, Peduli Lindungi segera diupgrade menjadi Satu Sehat Mobile karena adanya perubahan besar yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna . Contohnya beberapa fitur yang ditambahkan yaitu rekam medis elektronick, diary Kesehatan dan fitur lain seperti 5000 jalan kaki akan mendapatkan hadiah multi vitamin. 

Tujuan dari transformasi dari Peduli Lindungi menjadi Satu Sehat Mobil adalah untuk menyederhanakan aplikasi. Jika pelaporan aplikasi di system Kesehatan yang dapat diidentifikasi lebih dari 400 aplikasi pelaporan secara digital, maka dengan Satu Sehat, hanya 8 laporan. 

Juga adanya integrasi data rekam medis pasien ke dalam satu platform Indonesia Health Services. 

 Platform ini menjadi wujud nyata dari pilar ke enam transformasi system kesehatan, pilar transformasi teknologi Kesehatan. 

Bagaimana cara update Peduli Lindungi jadi Satu Sehat Mobile?


Bagi pengguna yang ingin memperbarui aplikasi melalui Google Play Store atau App Store baik secara otomatis maupun manual. Begitu kita install, akan muncul aplikasi Satu Sehat. Setelah memberikan persetujuan syarat dan ketentuan di Satu Sehat Mobile, kita tinggal isi log ini dengan nomor ponsel atau email yang terdaftar seperti di Peduli Lindungi. Lalu, profil kita , sertifikat dan tiket vaksinasi Covid 19 akan tersinkorinisasi secara otomatis. 

Langkah-langkah  untuk update Satu Sehat Mobile adalah sebagai berikut: 

Satu Sehat Mobile
kemenkes.com


1.Buka Play Store atau App Store 
2.Ketika “Satu Sehat Mobile” dalam kolom pencarian 
3.Tunggu hingga aplikasi muncul lalu klik tombol “update” 
Satu Sehat Mobile
kemenkes.com



4.Buka Aplikasi Satu Sehat Mobile 
Satu Sehat Mobile
kemenkes.com


5.Terlihat halaman menampilkan “Syarat Penggunaan” , centang untuk berikan persetujuan akses Satu Sehat Mobile. 
Satu Sehat Mobile
kemenkes.com


6.Lalu login Satu Sehat Mobile dengan nomor ponse atau email yang terdaftar 
Satu Sehat Mobile
kemenkes.com


7. Aplikasi Satu Sehat Mobile akan tersinkronisasi dengan akun yang sebelumnya terdaftar di PeduliLindungi

 Bagaimana faktor keamanannya? 


Jangan takut menurut Staf Ahli Teknologi Kesehatan, sekaligus Chief Digital Transformastion Office Kemenkes, Setiaji, keamanan dari Satu Sehat ini sudah dibicarakan dengan departemen yang terkait dengan keamanan siber seperti BSSN, Kominfo Siber Security untuk selalu diadakan keamanan, asesmen dan persyaratannya.

 Dalam asessmen dikatakan ada 7 persyaratan dari pengembang aplikasi yang telah diimplementasikan melalui encripsi.

Beberapa masukan dari pakar untuk standar keamanan agar harus terupdate terus, juga dilakukan. Adanya jaminan bagi pengguna yang akses Satu Sehat adalah benar-benar orang yang sudah dikenal dengan system KYC (Know Your Customer) sesuai profil data yang memang pemegang hak. 

Pasword untuk user adalah hal yang terpenting agar pengguna juga menjaga supaya data-data Kesehatan Anda tidak disalah gunakan. 

 Bagi Pengelola Umum jika ingin melakukan pendaftaran QR Code Peduli Lindungi pun dapat mengajukan pendaftaran secara online dengan cara berikut ini:


 1.Pendaftar mengajukan surat permohonan ke pusadatin@kemenkes.go.id 

2.PEndaftar akan menerima formulir pendaftaran. Formulir tersebut wajib diisi dan dikirim balik ke Pusat Data dan Informasi (Pussdatin) Kemenkes 

3.Pendaftar akan menerima email berisi username dan password untuk melakukan aktivasi 

4.Setelah melakukan aktivasi, pendaftar dinyatakan selesai mendaftar setelah melakukan konfirmasi melalui e-mail. 

 Nach, teman-teman  yakin  mudahnya  update sekarang untuk aplikasi Satu Sehat , agar penggunaan dapat dimanfaatkan untuk data Kesehatan yang lengkap , menyeluruh .

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman