Cara Menulis Travelling yang Otentik dan Menarik Pembaca

MEnulis travelling
BBC.com


Kamu suka travelling? Jika suka travelling, pengin menuliskan apa yang dialami selama perjalanan , Anda harus belajar agar tulisan travelling yang dibuat, berhasil menarik perhatian pembacanya. 

Seringkali, hambatan dan kendala dari penulis travelling yang belum pengalaman hanya menulis tentang travelling sangat datar , hanya cerita tentang perjalanan dari rumah hingga perjalanan tanpa sesuatu yang unik sehingga jadi poin penting dalam membaca perjalanan itu. 

Gaya bahasa dan pengalaman yang berbeda membuat pembaca tidak bosan bahkan pembaca bisa menikmati tulisan itu hingga tuntas. Nach, apa saja tips dan trick menulis travelling yang otentik itu. 

1. Bagian yang menarik 


Jika kita mau berangkat travelling, entah itu naik, bus, kereta atau pesawat, bertemu atau melihat seseorang yang sangat menarik untuk diceriteraikan, misalnya dalam cuaca yang panas ini, baju yang dikenakan seseorang itu justru baju dingin yang sangat tebal. AKhirnya orang yang mengenakan baju tebal itu kepanasan dan membuka seluruh bajunya. 

Beberapa poin untuk menceritakan sesuatu yang menarik adalah: 

- Saat perjalanan 
- Saat di tempat wisata 
- Hotel - Layanan baik di hotel atau tempat wisata 


2.Gaya penulisan


 Ada beberapa jenis gaya penulisan yang dapat dipakai dalam menceritakan perjalanan yaitu:
 - Feature 
- Listicle 
- Straight news 

3. Menuliskan pengalaman 


Baik itu pengalaman baik maupun pengalaman buruk bisa dituliskan. Contohnya ketika sedang membuat foto-foto yang indah di Raja Ampat , tiba-tiba kameranya tercebur di pantai. Hilanglah semua memori yang sudah diabadikan dan sisa foto dari teman .

 4.Deskripsi


 Penting Deskripsi suatu tempat, perjalanan, kejadian sehingga dapat memberikan impresi tersendiri bagi pembacanya. Kita harus mengurangi kata sifat seperti enak, lezat, maknyus.

 Buatlah kalimat yang menjelaskan apa yang lezat, enak, maknyut sehingga pembaca bisa mengerti dan memahami dan ikut menikmatinya. Diskripsikan orang yang kita temui, apakah baju, logat, penampakan fisiknya.  Deskripsi dalam menulis travelling jadi hal yang mutlak dilakukan.

 5. Kutipan 


Apabila kita mengobrol dengan seseorang dan mendapatkan insight dan kata-kata bijak atau sesuatu yang bermanfaat dari obrolan itu, tulislah kutipan lucu yang membuat pembaca bisa ikut terhanyut dan tertawa 

 6.Box 


Setelah bercerita begitu panjang (feature), Anda tentu ingin memberikan informasi akurat tentang biaya perjalanan yang kamu lakukan. 

 Buatlah box seperti berikut: 
- Harga selama perjalanan, mulai dari tiket sampai jalan-jalan atau tiket masuk wisata
- Hal yang harus dipersiapkan atau diwaspadi di tempat wisata baru 
- Tips menarik ketika travelling sendirian atau bersama keluarga 

7.Tulis Saat Fresh


 Begitu pulang dari traveling, katakan satu hari setelah istirahat, Anda bisa menuliskan dengan cepat supaya bahan  yang akan ditulis masih diingat dan fresh dalam pikiran. Jangan menunggu hingga memory kita lupa tentang perjalanan itu.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman