Sudah Tua Kok Magang SEO CopyWriter? Magang Bukan Masalah Usia

Magang
magang - dokpri



Bagi mahasiswa atau mahasiswi, soal magang bukan hal yang baru. Selama menjadi mahasiswa/mahasiswi kuliah, sering diingatkan untuk magang setelah di akhir semester. 

Magang bermanfaat agar nantinya setelah lulus menjadi referensi dan menambah portofolio .

 Apa magang?


Magang atau sering disebut dengan internship disebut dengan program belajar sekaligus berlatih kerja secara langsung di suatu perusahaan untuk beberapa waktu.

Perusahaan yang menerima mereka yang magang akan memberikan tugas dan kewajiban. Sebelum tugas diberikan, pasti akan diberikan pelajaran tambahan atau training,bimbingan yang bisa menambah pengetahuan dalam bekerja. 

Di akhir program, peserta magang akan mendapatkan penilaian dari pihak perusahaan yang merekrutnya. 

 Info Magang 


Saya seorang senior yang suka belajar. Ketika ada info di suatu media sosial, mata saya langsung tertuju di situ, begitu tertariknya saya membaca di situ “Di cari calon SEO CopyWriter yang ingin magang di perusahaan kami”. 

Langsung saya membuat Surat Permohonan Magang yang berisi portofolio selama saya menulis. Pastinya saya belum punya pengalaman nulis SEO. 

Berharap cemas surat permohonan magang saya dapat diterima. Walaupun tidak ditulis , kriteria umur untuk calon peserta magang, tapi saya sebenarnya ragu-ragu dengan diri saya sendiri. Masihkah pantas untuk magang di usia begini? 

Interview peserta Magang setelah hampir 2 minggu setelah saya mengirimkan Surat Permohonan Magang. Di akhir minggu yang menegangkan, saya diminta untuk interview online. Saya sudah siapkan mental untuk menjawab pertanyaan. 

Meskipun sudah lama tak bekerja secara formal dan interview formal sudah lama dilupakan, saya tetap tenang saja. Begitu saya bertemu muka di layar zoom,  seorang perempuan muda , founder dari sebuah agency langsung tersenyum kepada saya. 

Pembicaran santai tapi penuh dengan poin pertanyaan yang sangat tajam. Kenapa saya mau magang, apakah saya berkomitmen magang tanpa dibayar. Latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja dan apa yang dikerjakan setelah pensiun.

Dalam perjalanan magang, saya berkenalan dengan dua  agency dibawah naungan LDC dan Depan Layar.

Long Distance Creator merupakan sebuan bisnis untuk Learning Business Development, Digital Strategic Partner, dan Community Shares. Sementara Depan Layar adalah platform yang belum dilaunching. 

 Kami para peserta magang diminta untuk mengisi dua platform dengan SEO hasil karya kami. Menjadi peserta magang yang tak pernah saya lupakan adalah ketika saya mendapat schedule dari kewajiban mengikuti training yang mulai dari A hingga Z selama 6 bulan, Article Guideline dan Writing Guideline yang harus diikuti pada saat proses penulisan.

Contohnya dalam Article Guideline, mencari dan merumuskan keyword, lalu diaccept oleh tema leader, membuat artikel, diaccept oleh team leader, lalu dipublish di website LDC atau Depan Layar dan laporan. 

Contoh Writing guideline, mencari guideline yang akan dipakai, tentukan pertanyaan yang sering digunakan di New Incognito Window, membaca artikel dari competitor sebanyak mungkin, ditulis secara original minimum 500 kata, tidak lupa menggunakan keyword di judul artikel maksimum 8 kata dan 3 keyword target di pembuka, tengah dan penutup artikel. 

Tiap minggu kami ada standup meeting artinya membahas progres hasil pekerjaan tulisan dan minggu berikutnya internal training dari para team leader. Kami dibagi dalam beberapa kelompok.

Baca juga:  Pentingnya Leadership Bagi Karirmu

Tiap kelompok memiliki team leader. Setiap proses penulisan mulai dari approval keyword di spreadsheet, lalu kanal komunikasi semua draft hasil penulisan yang disebut dengan Monday.com , sampai kepada kanal posting di situs. 

Internal meeting yang memperkaya pengetahuan kami tentang SEO CopyWriting


 1.Writing SEO in Website 


Teknis dalam penulisan di website ini bukan sekedar konten penulisan saja. Tetapi kami belajar tentang tehnik SEO dalam wordpres.com

  • Judul artikel SEO yang disukai oleh mesin Google
  • Heading untuk Judul, sub judul dan beberapa sub-sub judul 
  • Meta description yang optimal merupakan kesimpulan dari konten blog kita 
  • Struktur yang mudah dibaca dengan kalimat yang efektif, tidak boleh bertele-tele atau puitis
  • Menambahkan visual konten seperti gambar, infografis dengan caption yang sesuai dengan SEO
  • Memastikan url juga sesuai dengan SEO, contohnya Cara Berjualan yang Efektif, maka dalam url pun harus ada keyword cara berjualan yang efektif 
  • Menambahkan interlink (link antar artikel dalam satu website) fungsinya agar robot mengetahui ada keterkaitan antar satu artikel dengan yang lainnya.
  • Yoast SEO memasukkan SEO dalam tiap kategori 
  • Focus Keyphrase adalah menerapkan keyword dalam keyphrase sehingga mesin mengetahui apa keyword yang kita inginkan.

 2. Understanding Basic of Writing 


 Terdiri dari dari Content writing, Life Framework dan Do & Don’t (Rule) Content Writing 

Kita harus mampu membedakan apa konten writing dengan SEO Writing. Konten Writing biasanya berisi informasi, blogpost, email letter 

Copy writing tujuannya untuk persuasi, belajar “landing page”. 
Content Writing anatomy Mempelajari details dari cover image, introduction, Lead (kalimat pengantar), Sub Heading 1,2,3 , image, konten dan kesimpulan SEO Implementation 

3. The Magical of Article 


Panduan "Menulis Artikel"  dilihat dari segi cara Mempersiapkan dan memilih, gaya penulisan artikel, artikel body parts Diberikan contoh artikel-artikel dengan berbagai gaya penulisan dan bagian-bagian yang penting diperhatikan agar tulisan kita memiliki daya tarik bagi pembacanya. 

Keyword Tools and Stuff: 
- Keywordtoolio
- Wordtracker.com 
- Trends.google.co.id 
- Charactercounteronline.com 

4. How to sell in your article


 Kita harus dapat memahami bahwa menjual tulisan itu dapat dianalogikan seperti tradisional adverstiing dan digital advertising. Dalam tradisional advertising, jangkauan pembacanya sangat terbatas, sifatnya “tangibility” , sulit menemukan pembaca baru. 

Dalam digital adveriting, sifatnya tangible, hasilnya segera dapat dikalkulasi dan mudah untuk diukur. 

Jadi penulis yang punya daya jual tulisannya harus flexible dan dapat menulis semua jenis konten. Sebelum menulis harus memiliki apa tujuan kita menulis, untuk edukasi, untuk daya tarik atau untuk menjual barang.

 Untuk Langkah Funnel Marketing, perlu diperhatikan tiga Langkah mana yang akan diadoptasi 

  1. Awareness: kita ingin pembaca sekedar mengenal keberadaan brand 
  2. Consideration: Pembaca mempertimbangkan untuk suatu aksi 
  3. Conversion: suatu aksi untuk membeli barang yang kita perkenalkan.

5. Tugas akhir


Sebelum berakhirnya internship SEO CopyWriting, kami peserta magang harus presentasi atas apa yang kami pelajari, achievement dan manfaat magang ini.

Tentu bagi saya yang sudah hampir puluhan tahun ngga pernah presentasi, hal yang sangat menarik, sekaligus menegangkan. Giliran saya masih 2 minggu tapi deg-degan sudah 3 minggu ketika diumumkan untuk presentasi.
Saya akan publish apa yang saya presentasikan sebentar lagi setelah selesai presentasi.


Magang di usia senior menjadi pengalaman berharga. Mengasah ilmu, mengasah otak. Memperkaya pengetahuan dan membagikan kepada mereka yang membutuhkannya.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman