Yuk LihatDuniaLagi, Traveling Seru Bersama Teman Hidup Traveloka


Teman Hidup Traveloka
dokpri


Indonesia sebagai Negara Terindah Nomor Satu di dunia dari 15 negara versi British Media. Score yang didapatkan 7.77 dari 10. Pernyataan yang sangat membanggakan dari Analisa yang diadakan oleh media Inggris, money.co.uk. pada bulan Februari 15, 2022. 

Alasan utama mengapa Indonesia disebut indah karena setiap 100,000 kilometer dari setiap daerah, pasti ditemukan keindahan alam seperti pegunungan, gunung berapi, terumbu karang, hutan tropis, gletser. 

Jika bangsa asing dapat menilai dan mengagumi keindahan Indonesia, kenapa saya sebagai orang Indonesia tak mau mengagumi keindahan setiap jengkal daerah yang belum pernah saya jamah. 

Dalam usia yang senior, saya baru melihat keindahan Indonesia di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Timur dan Sumatera Utara. Namun, saya masih belum menginjak keindahan di Papua Barat (Raja Ampat dan sekitarnya), Sulawesi utara (Bunaken,Tangkoko Batuangus, Tomohon), Sulawesi Tenggara (Toraja), Sulawesi Selatan (Parepare, Palopo), Maluku Tenggara (pantai Ngursarnadan, Air Goa Hawang), NTT (Labuan Bajo), Kalimantan Timur (Derawan, Sangalaki Island, Kemala Beach). 

Wow, ternyata banyak sekali yang belum saya lihat keindahannya. Apakah cukup waktu bagi saya untuk melihat keindahan Indonesia seutuhnya sebelum ajal datang? Bukan saja keindahan alam, tapi saya menyukai sejarah dan budaya lokal, pangan lokal yang jadi kekuataan dan keunikan masing-masing daerah. 

Nach, jika saya harus memilih mana yang akan saya kunjungi, pasti bingung dong milihnya.Banyak yang belum dikunjungi. Tapi saya punya kerinduan yang sangat besar untuk memilih salah satu dari sekian banyak daerah yang belum saya kunjungi yaitu Labuan Bajo.  

Saya terinspirasi Labuan Bajo dari sepupu saya yang baru saja mengunjunginya.  Ekspresi puas dan bahagia melihat keindahan Labuan Bajo sehingga dokumentasi foto dibagikan kepada saya.

Alasan mengapa saya memilih Labuan Bajo 




1. Menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP)


Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menentukan 5 DSP yaitu, Borobudur, Danau Toba,Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo. Saya sudah pernah mengunjungi Borobudur, Danau Toba, Mandalika. Tinggal Labuan Bajo dan Likupang.

Labuan Bajo sebagai DSP yang digagas oleh Pemerintah, pasti memiliki kualitas sarana, prasarana maupun infrastruktur telah ditingkatkan. Kita sebagai wisatawan pasti puas mengunjungi tempat wisata dengan fasilitas yang ada di Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo yang telah tersedia dengan baik. 

2.Merupakan salah satu warisan UNESCO


Salah satu ikon yang sangat terkenal di Taman Nasional Komodo adalah Komodo. Hewan spesifik Indonesia, ngga ditemukan di belahan dunia lain. Saya ingin ke sana untuk melihat habitat asli di Taman Nasional Komodo.

 3. Pecinta kekayaan surga bawah laut 


Meskipun saya tak bisa diving, tapi saya pecinta kekayaan di bawah laut . Daya tariknya yang sangat menakjubkan , melihat kekayaan biota laut yang tak pernah saya temukan dan lihat sebelumnya. 

4.Panorama Taman Nasional Komodo


Jika kita ingin menyaksikan panorama keindahan Taman Nasional Komodo, di antara Pulau Sumbawa dan pulau Flores, terdapat gugusan pulau seperti pulau Rinca, pulau Radar, pulau Kelor. 

Perjalanan  tour dimulai

Teman Hidup Traveloka
Pulau Kelor - dokumen pribadi


Pulau Kelor adalah tujuan pertama karena sangat dekat dengan Labuhan Bajo. Untuk mencapainya pasti harus menggunakan kapal. Sewa kapal sudah termasuk dalam paket perjalanan . 

Teman Hidup Traveloka
Jalan menuju Puncak Bukit P.Kelor-Dokpri



Waktu tempuh dari darat mendaki ke atas bukit itu lebih kurang 20 menit tetapi perjuangan keras karena ada tangga sekitar 700 an dan evalasi sekitar 45 derajat. Namun begitu kita sampai di puncaknya, rasa cape, pegal, dan lelah pun akan sirna terbayar oleh keindahan panorama yang spektakuler. 

Dari puncak perbukitan kita bisa melihat pulau disampingnya, dikelilingi oleh laut membiru bersih. 




Perjalanan dilanjutkan.  Kita menelusuri jejak Si Komodo di Pulau Rinca. Si Komodo berdiam di Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Meskipun Pulau Rinca lebih kecil dari Pulau Komodo, tetapi ada keunikan pemandangan lewat perbukitan yang sangat sangat indah. 

Kita bisa trekking ke atas perbukitan yang cukup tinggi dan terjal, 800 tangga. Di atas perbukitan, terlihatlah hamparan laut yang membiru dan jajaran perbukitan yang eksotis. Warna perbukitan yang kering berwarna kuning di musim kemarau dan hujan.

Teman Hidup Traveloka
Tangga menuju puncak bukit P.Padar - Dokpri



Teman Hidup Traveloka
Pulau Padar - Dokumen pribadi


Pulau Padar dekat dengan pulau Rinca. Hebatnya Pulau Padar itu sudah dikukuhkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO, karena letaknya di Taman Nasional Komodo. Tapi di Pulau Padar tidak dihuni oleh Komodo, jadi kita bisa nikmati birunya pink beach ,berenang dan snorkeling

Teman Hidup Traveloka
Pink Beach - dokpri


Ayo, kita mendaki bukit hingga tertinggi dan cukup melelahkan sekali. Tapi ngga usah khwatir, begitu sampai di puncaknya, lelah itu sirna dihipnotis oleh pemandangan yang sangat indah, dua pulau menyatu, ditengahnya ada laut yang terlihat melengkung sesuai dengan lingkaran dari pulau, daratan yang mengelilinginya.

Persiapan untuk mencapai wishlist


Sebelum wish list dibuat dan direncanakan, pasti saya telah menggali dan mengexplore banyak informasi dari #TemanHidup, Traveloka. Saya memilih pesawat dan hotel yang cukup satu hari saja di Labuan Bajo di aplikasi Traveloka. Harganya terjangkau sesuai budget.  Pilihan pesawat cukup banyak.

Teman Hidup Traveloka
aplikasi Traveloka


Untuk pesawat , saya melihat ada tawaran menarik dan murah dari Traveloka, untuk destinasi Labuan Bajo. Lalu, untuk hotelnya saya sudah mengexplore fitur Hotel dan Hotel Stays di Labuan Bajo.

Teman Hidup Traveloka
aplikasi Traveloka



Ada 3 hotel atau cottage yang jadi referensi saya untuk tinggal di Labuan Bajo.  Dari ketiganya tentu ada kriteria yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.   Namun, pilihan saya jatuh kepada Locall Collection Hotel Komodo

Teman Hidup Traveloka
3 Hotel/village Labuan Bajo @aplikasi Traveloka

Teman Hidup Traveloka
Loccal Collection - @aplikasi Traveloka


Exterior yang sangat fantastis mirip dengan Santorini,pulau gunung berapi di Yunani. Jadi ngga usah pergi jauh ke Santorini, di Indonesia sudah ada . Setelah selesai pemilihan hotel dan akomodasi yang memuaskan , tentunya saya pun harus mencari paket tour Labuan bajo . 
Paket ini menawarkan untuk menginap di kapal dan mengunjungi pulau-pulau yang jadi best seller 

Saya sedang membayangkan betapa bahagia dan puasnya mendapatkan pengalaman panorama yang indah dan keunikan hewan Komodo di Taman Nasional Komodo. Siap untuk pergi nich! 


Pengalaman wisata saya yang sangat menyenangkan ini pasti akan membuat kamu jadi tertarik untuk ikut wisata domestik. Untuk pelaku perjalanan domestic (dalam negeri), sekarang tidak lagi dibutuhkan tes PCR dan antigen, cukup hanya vaksinasi lengkap atau booster .

Nach, kamu harus gunakan kesempatan ini untuk merasakan keindahan alam Indonesia, jangan lupa untuk merencanakan liburanmu dari sekarang. Ngga usah khawatir tentang harga hotel yang mahal. 

Masih banyak kesempatan untuk mendapatkan liburan murah atau staycation dekat tempat tinggal yang nyaman dan menyegarkan.

 Yuk, cari dan temukan di Hotel & Holiday Stays, hotel murah, Traveloka hotel. “Yuk, ‘#LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi’dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini: https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan  "

Sumber referensi: 


  • https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/menjelajahi-surga-tersembunyi-di-pulau-padar-taman-nasional-komodo/ 
  • https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/menelusuri-jejak-si-komodo-di-pulau-rinca-kepulauan-komodo/
  • https://www.gotravelaindonesia.com/pulau-kelor-labuan-bajo/


1 komentar

  1. pengen banget sebenarnya liburan tapi harga tiket mahal banget sekarang. huhu. semoga aja nih nanti harga tiket bisa turun biar bisa liburan lagi

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman