Usaha sudah Optimal Belum Mendapatkan Kustomer. Kuncinya adalah Aset Kreatif

Dalam era digital yang sudah melanda di semua lini kehidupan ,utamanya di dunia bisnis, aset kreatif jadi andalan utama untuk dimiliki oleh setiap pengusaha.
 
Pengusaha tidak bisa lagi mengandalkan promosi atau marketing dari aset bergerak atau tidak bergerak seperti mobil, tempat kerja, tempat workshop, tempat gathering untuk menggaet calon kustomer. 
 
 
Aset Kreatif
dokumen pribadi


 
 
Aset kreatif telah menggantikan semua aset bergerak dan tidak bergerak yang dikaitkan dengan proses dari kampanye agar kesuksesan perusahaan atau organisasi dapat tercapai melalui aset kreatif.
 

Apakah aset kreatif?

Aset kreatif adalah file-file seperti foto, video, tulisan,animasi dan media yang lainnya. Aset kreatif selalu dikaitkan dengan marketing karena aset kreatif merupakan iklan kepada pembaca , penonton yang menjadi targetnya. 
 

Aset saat ini bukan lagi benda bergerak/tidak bergerak, tetapi suatu digital file yang digunakan untuk membangun kampanye dan proyek marketing. 
 
Sayangnya, tidak semua pengusaha, terutama para UMKM yang baru saja memulai bisnis dengan digital  menguasai dan memahami aset kreatif. 
 
Dunia aset kreatif dianggapnya sebagai hal yang mudah diterapkan oleh mereka yang baru terjun ke dunia digital. Ide awalnya, mereka langsung upload foto yang sederhana tanpa mempertimbangkan profesionalitas foto komersial.   Tidak mempertimbangkan apakah foto itu akan  dapat menarik para calon kustomer. 
 
Hasilnya setelah beberapa bulan ternyata hasil upload foto tidak dilirik oleh seorang calon kustomer atau  pengunnjung situs Anda.    Sepinya calon kustomer atau pengunung itu membuat Anda sebagai pengusaha, pemilik UMKM bingung ada apa yang salah dengan foto,video yang sudah diupload di media sosial atau situs perusahaan Anda. Jawabannya aset kreatif dibangun tidak semudah apa yang kita bayangkan.  Aset kreatif harus dibangun oleh mereka yang profesional dalam bidang digital.
 
Sebuah perusahaan yang punya aset kreatif yang dibangun dengan kreativitas oleh para designer internalnya yang professional dan canggih akan membuat para calon kustomer tertarik untuk melihat, mempertimbangkan dan akhirnya membeli produk yang ditawarkan. 
 

Salah satu contohnya adalah Tim video creator dari Steve Jobs yang memperkenalkan dan mempresentasikan Iphone pertama kalinya. Keunikan dari video ini bagaimana Steve Jobs memperlihatkan revolusionary product dari iPod yang awalnya hanya berfungsi sebagai alat untuk mendengarkan musik saja. 
 
Dengan 3 revolusionary product yang disebut sebagai widespread Ipod touch controls, Revolutionary mobile phone, breakthourgh internet communication, bukanlah tiga alat yang harus dimiliki tetapi cukup satu alat yang disebut dengan Iphone dengan  tiga fungsi atau triple functions. Penekanan bukan tiga media, tapi 1 alat yang bisa melakukan tiga fungsi (audio, video, komunikasi) menjadi “One Top Communication”, sangat menarik perhatian dan memikat penonton ditambah dengan gaya presentasi selling yang kuat dari Steve Jobs.
 
Dalam dunia fotografi komersial pun ada kaidah-kaidah yang perlu diketahui sebelum memfoto suatu produk . Mempelajari fotographi lewat gadget, pemilik gadget harus  memiliki trik khusus.  Pemilik gadget harus mempelajari dulu fitur-fitur fotodari  gadget yang kita miliki. Fitur dari  masing-masing alat atau gadget itu berbeda-beda. Jadi pemakaiannya pun harus diketahui supaya mendapatkan hasil karya yang optimal.
 
 Setiap pemilik gadget perlu memiliki kemampuan tehnik dasar fotographi yang sama yaitu mempelajari mengenaii auto focus, touch focus, content, framing the subject, background. 
 
Setelah kita mengetahui tehnik fotographi komersial kita harus menerapkan dalam suatu karya untuk keperluan komersial. Dalam fotographi komersial dibutuhkan kolaborasi karya, nilai value ekonomi sehingga dapat menarik perhatian calon pembeli , mendorong penjualan . 
 
Lalu bagaimana dengan para pengusaha, UMKM yang belum menguasai tentang dunia aset kreatif. Mereka pasti bingung cara mencari tenaga atau professional yang dapat membangun dunia aset kreatif bagi perusahaannya. 
 
Untuk belajar sendiri dunia kreatif seperti fotographi, video, menulis tentunya butuh waktu dan tenaga dan biaya . Waktu untuk pembelajaran bisa digunakan untuk produktivitas yang lebih berdaya guna dan bermanfaat yang lebih besar. 
 
Solusi yang tepat untuk menemukan para professional untuk aset kreatif adalah melalui Jasa freelancer KreatifHub. 
 
Di Jasa freelancer KretifHub , para pengusaha, UMKM dipertemukan dengan para professional sesuai dengan kebutuhannya. Seluruh jasa yang lengkap dari aset kreatif ada di Jasa Freenlancer KreatifHub , mulai dari fotografi, videografi, design, writing, animasi, music dan audio, content creator, editing, sampai beauty. 
 
Anda dapat memilih jasa berdasarkan kategori (foto / video / desain / edit). Apabila Anda membutuhkan jasa fotographi, setelah pilih foto, terdapat sub kategori seperti makanan, fashion, pernikahan, property, produk, acara , aerial fotographi. 
 
Lalu, tetapkan lokasi dan tipe penjual, lalu kita terapkan, langsung situs dari KreatifHub akan menampilkan foto katalog dari jasa produk yang diinginkan. Kita tinggal memilih salah satu dari profesional yang cocok.  
 
Setelah itu, kita bisa bicara dengan penjual (fotographer) dengan pilihan paket yang diinginkan.(memesan dulu paketnya). Kita bisa mempelajari tiap paket yang ditawarkan dengan detail deskripsinya dimana kita akan mengetahui apa saja yang akan kita dapatkan dari jasa itu dan waktu penyelesaiannya serta berapa kali revisi yang diberikan. 
 
Untuk meyakinkan pilihan jasa yang kita cari, ada testimoni dari pengguna professional sehingga kita bisa makin yakin seberapa jauh komitmen dari professional yang kita cari 
 
Aset Kreatif jadi faktor penting untuk kesuksesan dan keberhasilan marketing usaha Anda, segera gunakan professional untuk mendapatkan aset kreatif dengan menghubungi Jasa Freelancer KreatifHub.

4 komentar

  1. Seringkali kendalanya di bagian pemasaran ya. Maka kerjasama dengan penyedia jasa pembuatan konten bisa ngeboost penjualan UMKM

    BalasHapus
  2. content is king ya?

    aset kreatif sangat dibutuhkan karena di era digital ini kita harus menguasai marketing online dan marketing offline

    BalasHapus
  3. Adanya aset kreatif memang terbukti bisa membantu dan menunjang penjualan produk serta aktivitas marketing supaya tepat sasaran ya. Dan kita juga dimudahkan karena sekarang sudah ada jasa yang memberikan layanan aset kreatif ini kayak jasa freelancer kreatif Hub

    BalasHapus
  4. Semacam marketplace jasa ya Bu. Jadi pelaku atau konsumen yang membutuhkan jasa kreatif bisa langung meet up pelaku kreatif disesuaikan dengan kebutuhannya. Kalau untuk pelaku kreatif, apa di aset kreatif juga membuka peluang?

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!