Rencanakan Masa Depan Keuangan Keluarga yang Terbaik Bersama Astra Finansial

Ketika seorang calon pengantin ditanya: “Apa tujuan pernikahan?” 
"Saya ingin bahagia". 
"Bahagia yang seperti apa"? 
 
Dia tak mampu menjelaskan dengan eksplisit.
 “Yach, pokoknya bahagia, kita dapat berdua terus!” jawabnya..
Sayang sekali, jawaban tentang kebahagiaan itu terlalu abstrak. 
Aplikasi Moxa Bersama Astra Finansial

 
 
Sebaiknya, sebelum masuk ke mahligai pernikahan, tentunya pasangan yang akan menikah perlu merencanakan tujuan keuangan keluarga. 
 
Perencanaan keuangan ini sangat penting agar dalam proses perjalanan hidup pernikahan, dilakukan sesuai dengan tujuan keluarga yang ingin dicapai untuk mencapai kebahagiaan bersama. 
 
Contohnya, satu keluarga X ingin masa depannya memiliki 2 anak, rumah , untuk menunjang kebahagiaan diperlukan mobi, sehat dan ingin kedua anaknya bisa sekolah hingga selesai.. 
 
Sehabis mengetahui tujuan ,calon pengantin perlu membuat perencanaan keuangan. Untuk mudahnya, dibuatlah sebuah jurnal pemasukan lebih dulu, kemudian masukkan pos-pos pengeluaran sesuai dengan tujuan 
 
Dalam pengeluaran, selain biaya rutin, tentunya ditentukan rencana pengeluaran jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Dari perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang itu bisa diprediksi , berapa kebutuhan dana di suatu waktu. 
 
Lalu darimana dana itu akan dikover. Apakah cukup melalui gaji dan bonus saja atau harus melakukan pinjaman jangka waktu pendek/menengah. 
 
Contoh, jangka pendek, saya perlu dana untuk bisnis sebagai modal kerja untuk jualan di e-commerce, jangka menengah beli mobil (setelah pinjaman untuk bisnis selesai), jangka panjang perlu tabungan pendidikan untuk Pendidikan anak. 
 
Saya akan mengolah semua perencanaan itu dalam satu neraca keuangan keluarga, dimana saya bisa melihat berapa kebutuhan saya untuk masing-masing tujuan, dan bagaimana mencapainya ( kebutuhan vs pemasukan, dimana sisanya itu harus dicari melalui pinjaman atau harus melalui tabungan pendidikan). 
 

Mengenal Astra Finansial (AF)

 
Astra Finansial (AF) adalah  divisi jasa keuangan PT. Astra International Tbk. AF memiliki 12 bisnis entitas , Astra Credit Companies, FIFGROUP, Toyota Astra Finance, Komatsu Astra Finance, Suraya Artha Nusantara Finance, Asuransi Astra Buana, Astra Life, Astra Ventura, Dana Pensiun, Astra , MauCash, AstraPay dan Moxa. 
 
Visi dan misi Astra Finansial adalah ikut berperan serta untuk membantu kesejahteraan keluarga Indonesia dalam mencapai masa depannya dalam bidang keuangan. 
 
Selama belasan tahun AF telah memberikan pelayanan terbaik di bidang jasa keuangan (dana tunai, asuransi jiwa, pembiayaan pembelian kendaraan, gadget, dan umroh) bagi masyarakat Indonesia. 
 
Untuk mempermudah para nasabah AFdalam pengajuan permohonan atau perencanaan keuangan keluarga, dalam satu genggaman yang disebut dengan nama MOXA. 
Aplikasi yang simple, praktis, dan efisien bagi para penggunanya. 
 
Dalam proses lahirnya aplikasi MOXA, Astra Financial telah menggandeng kemitraan strategis untuk jasa keuangan yang stabil dan aman. Pengguna tak perlu khawatir lagi dalam keamanannya karena perusahaan yang digandeng itu sudah andal dalam bidang keamanan maupun kemampuan untuk pengguna. 
 

AF Memperkenalkan MOXA 

 

Untuk menjawab kebutuhan keluarga-keluarga Indonesia dalam memenuhi jasa keuangan maka, AF hadir untuk membantu merealisasikan kebutuhan itu dengan sangat cepat, mudah dan lengkap. 
 
Bayangin jika sebelum ada MOXA , kebutuhan keluarga Indonesia  dengan bermacam-macam  kebutuhan seperti mobil, asuransi, rumah, dan lain-lainnya, mereka harus mencari di perbagai anak perusahaan AF dengan divisi perusahaan keuangan yang berbeda-beda. 
 
Sekarang, hanya di aplikasi MOXA sudah ada 7 perusahaan yang terafiliasi dengan Astra Financial yaitu Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), FIFGROUP, Astra Life, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance dan MauCash. 
 
Sekarang dengan inovasi yang sangat kreatif dan memudahkan para keluarga Indonesia untuk bisa mencari kebutuhannya hanya dalam satu genggaman saja yaitu aplikasi MOXA. 
 
Aplikasi MOXA adalah sebuah aplikasi berbasis mobile merupakan hasil inovasi terbaru dalam menjawab kebutuhan ekosistem jasa keuangan di Indonesia. 
 

Pengalamanku Bersama  Aplikasi MOXA

 
Dokumen pribadi

Pertama kali saya mengunduh dulu aplikasi “MOXA” melalui Google Play Store Setelah itu saya buka dan membuat akun terlebih dulu . 
 
Lalu saya perlu melengkapi kelengkapan profil mulai dari informasi personal, tujuan, Di fitur ini masih ada “Unggah dokumen” dengan mengunggah KTP, NPWP dan kartu keluarga. 
 
Fitur "Tujuan" adalah tujuan keuangan yang ingin kita dapatkan layanan dari MOXA. Contohnya saya menentukan untuk 3 tujuan yaitu bisnis, mobil dan pinjaman tunai. 
 
Dari fitur "Bantuan", kita bisa mendapatkan Q&A dari beberapa hal (terminology) yang biasanya akan muncul saat kita mengajukan produk (pinjaman atau b. isnis dan lainnya). 
 
Untuk bantuan dengan cara menghubungi bisa lewat email atau telpon. 
 
Fitur keamanan pun telah disediakan mulai dari mengubah PIN, lupa PIN, dan Login Biometric. Jika ingin melihat kebijakan privasi, syarat dan ketentuan pun sudah ada di fitur di bagian profil. 
 
Ketika saya sudah memilih tujuan, lalu muncullah Menu Pilihan saya sesuai dengan Produk MOXA. Ada Tabungan Permata MOXAKu , Pinjaman Tanpa Jaminan , Mobil Baru, Sayariah, Sewa Mobil, Pinjaman dengan Jaminan, Motor Baru.
 
Astra Finansial, APlikasi MOXA
DokPribadi

 Saya pilih untuk jangka pendek untuk jangka pendek, tabungan. Ternyata begitu saya klik fitur tabungan itu muncul pelbagai produk dari Permata Bank yang bisa saya telusuri dan pilih sesuai dengan kebutuhan yang saya inginkan. Mudahnya untuk mengajukan Tabungan Permata Moxaku, tinggal diajukan, proses pun berlangsung cepat . 
 
Sesuai dengan tujuan kebutuha keluarga, yaitu pinjaman jangka pendek, lalu saya pilih Pinjaman tanpa Jaminan, muncullah Multiguna Tanpa Jaminan, hanya ada 4 langkah yang perlu saya penuhi. Pertama klik tombol “ajukan Sekarang”, lalu pilih produk pinjaman , lengkapi data diri dan dokumen pendukung, dan pinjaman pun akan diproses dan dicairkan apabila selesai divalidasi. 
 
Sebelumnya saya juga bisa melihat fitur kalkulator simulasi (pengajuan kredit) guna memudahkanperhitungan estimasi cicilan juga. Pengalaman ini sungguh sangat praktis dan gampang (user friendly) bagi mereka yang sangat gaptek pun mengerti dengan Langkah yang jelas dan mudah dimengerti. 
 
 
 
Nach kebahagiaan yang diidamkan keluarga Indonesia mudah diwujudkan oleh MOXA dengan sangat praktis dan mudah dan penuh tanggung jawab .

13 komentar

  1. setuju banget Mbak Ina

    kemarin saya membaca tentang gaya hidup frugal untuk menunjang tujuan hidp

    dan yang tak kalah penting perencanaan keuangan agar tujuan tercapai

    untuk itulah Astra menyiapkan fasilitas MOXA ya? Agar cukup 1 aplikasi untuk semua kebutuhan

    BalasHapus
  2. Akhir-akhir ini saya sering baca artikel tentang aplikasi MOXA ini.. sepertinya memang sedang hangat-hangatnya ya?
    Membaca artikel ini saya jadi penasaran dan pengen nyobain juga. Karena saat ini saya juga sedang concern dengan merencanakan keuangan untuk masa depan.

    Anyway, terima kasih informasinya mba.

    BalasHapus
  3. Waah, baru tahu juga tentang MOXA ini, bisa menjadi pilihan buat mamah2 muda untuk merencanakan tujuan hidup dalam keluarganya, ga sebatas bahagia saja tapi merencanakan kebahagiaan untuk masa depan anggota keluarga juga.
    Makasih sharingnya Ibu.

    BalasHapus
  4. Ternyata anak perusahaan Astra Finansial banyak juga ya..Masyarakat di jaman now memang membutuhkan aplikasi seperti MOXA yang bisa memudahkan untuk melakukan perencanaan keuangan.

    BalasHapus
  5. Pandemi ini menyadarkan kita untuk bijak dalam mengelola keuangan. Karena di masa depan kita gak tau hal apa lagi yang akan terjadi. Dengan moxa semoga bisa membantu mencapai target finansial yang diinginkan.

    BalasHapus
  6. Setuju banget dengan poin Bu Ina, bahwa keuangan emang harus direncanakan. Jangan sampe ketika waktunya, ga ada dana.

    BalasHapus
  7. wah, sudah dilengkapi dengan aplikasinya juga. Makin praktis. Aku baru tahu info terkait MOXA ini. Terima kasih infonya kak.

    BalasHapus
  8. wah, sudah dilengkapi dengan aplikasinya juga. Makin praktis. Aku baru tahu info terkait MOXA ini. Terima kasih infonya kak.

    BalasHapus
  9. iya ya, kadang tidak ada definisi secara terperici dan terukur dari bahagia padahal jika bicara pergelutan dalam mengarungi bahtera rumahtangga seringkali perselisihan muncul karena urusan finansial. wah iya nih moxa bisa dijadikan alternatif untuk para pengantin baru mengatur keuangannya

    keren mbak aplikatif ulasannya bis alangsung dipraktikan nih

    BalasHapus
  10. Moxa tidak nyanyi lagi yah 😆 Aplikasi ini sangat bagus untuk oerencanaan keuangan ya. Sudah saatnya mengatur fjnancial dengan baik agar bermanfaat di kemudian hari

    BalasHapus
  11. Memang ya mbak Kita harus Ada perencanaan matang keuangan Kita ya mbak. Beruntung banget sekarang Ada aplikasi moxa ini ya mbak yang bisa Menjadi solusi

    BalasHapus
  12. Sayariah maksudnya syariah kah Bu? Ini semacam all in prpduk AF ya?

    BalasHapus
  13. Mantep nih MOXA bisa jadi pilihan banget ya mba. Mau coba cek juga ah

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!