Tips agar Ginjal Tetap Senantiasa Terjaga

 
Ginjal Tetap Terjaga
halodokter.com

Apakah Anda pernah merasakan sakit atau nyeri yang amat mengganggu dari pinggang bawah menuju ke pinggul?
 
 Banyak orang beranggapan bahwa hal ini disebabkan oleh karena seringnya mengonsumi es atau minuman dingin. Tidak tahu apakah anggapan ini benar atau salah.
 
 Namun patut diwaspadai Kesehatan ginjal karena bisa jadi Anda menderita batu ginjal. Terlebih saat sakit yang dirasakan itu disertai mual, muntah,,keringat dingin di telapak tangan dan kaki terasa dingin. 
 
Gejala yang timbul dari penderita ginal bisa bermacam-macam. Selain berbagai gejala yang disebutkan di atas, penderita ginjal mengalami panas, kedinginan, adanya darah di dalam urinie (apabila batu melukai ureter), distensi perut atau nanah dalam urine. 
 
Walaupun  secara pasti tidak diketahui penyebab batu ginjal, kemungkinan adalah menurunnya jumlah urine yang dikeluarkan sebagai pendorong pembuatannya, infeksi, peningkatan kadar asam urat, kerusakan metabolism dari beberapa jenis bahan di dalam tubuh, terlalu banyak mempergunakan vitamin D atau terlalu banyak makan kalsium. 
 
Upaya untuk pencegahan pembentukan batu ginjal Ada beberapa yang bisa dilakukan untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Dokter biasanya memberi obat atau menganjurkan mengurangi makan kalsium., obat untuk mencegah batu asam urat dan vitamin C yang memberi keasaman pada urine.penyebabnya.
 
Apabila kelenjar tiroid juga termasuk salah satunya penyebabnya baisanya dokter akan merekomendasi Tindakan paratiroidektomi (kelenjar paratiroid diangkat).
 
 Sekitar 90 persen dari batu ginjal berdiameter kurang dari 5 milimeter, dokter biasanya seca untuk mendorong pengeluarnya secara alamiah.
 
Namun, bia ternyata batu ginjal terlalu besar untuk disingkarkan secara alamiah, mau tidak mau operasi dapat dikerjakan.
 
 Apabila batu berada di ureter, sitoskopi dapat digunakan melalui uretra dan batu dimanipulasi dengan kateter atau alat pemutar. Dan extracorporeal shock wave lithotripsy akan memecah batu ginjal menjadi gragemen kecil-kecil sehingga dapat mengeluarkan batu dari daerah lainnya sehingga tidak diperlukan operasi dari samping atau perut bagian bawah. 
 
Prosedur yang disebut percutancus ultrasonic lithotripsy dan extracorporeal shock wave lithtripsy akan memecah batu ginjal jadi fragmen keicl-kecil sehingga dapat dikeluarkan secara alamiah. 
 
Oleh karena itu , selagi ginjal masih sehat, biasakan untuk konsumsi air dalam jumlah yang cukup. Minimal 2 liter per hari. Saat Pandemi Covid-19 seperti sekarang, ada baiknya menjaga Kesehatan ekstra ketat. Jangan lupa menerapkan 5M dalam kehidupan sehari-hari, mencuci tangan, memakai masker, menjga jarrah, mengajuhi kerumumnan dan mengurangi mobilitas.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!