Garut Bukan Sekedar Kota Dodol

Apa yang ada di benak Anda ketika orang mengajak Anda untuk berwisata ke Garut? Pastinya ada yang mengatakan, "Wah itu kota dodol", tempat wisata Sampiren. Oh, hanya itu saja. Rupanya Anda hanya mengetahui sekelumit Garut, belum explorasi segudang tempat wisata yang ada di Garut. 
 
Kali ini saya bercerita tentang Garut setelah saya ikut tour virtual Garut. Walaupun belum ada experience langsung masuk kota Garut dengan berbagai wisata, tapi paling tidak saya punya gambaran Garut itu punya potensi wisata komplit banget. 
 
Apa komplitnya? Ya ada wisata histori, alam, wisata kuliner, wisata potensi lokal. 
 
Masuk pintu gerbang kota Garut bisa melalui berbagai macam cara salah satunya jika Anda datang dari Jawa maka lewat Pasar Limbangan, jika Anda datang dari Bandung, maka bisa lewat Ngagrek, Tarogong. 
 
Mesjid Agung Garut. Sumber: Liswati

Wisata histori dengan mengunjungi Mesjid Agung Garut. Mengapa penting ke sini? Kemegahan Mesjid yang dibangun pada tahun 1809 itu terlihat dari kubah dan plat beton menjulang tinggi. Renovasi terakhir yang dilakukan pada tahun 1998 itu dengan bantuan dari ahli geodesi ITB.
 
Sejarah perkembangannya untuk mengumpulkan seluruh kegiatan dalam satu titik lokasi. Lokasinya berhadapan dengan Gedung Lembaga pemasyarakatan membuat orang berasumsi, jika tidak bertobat bisa bersolat di MEsjid. 
 
Situ Bagendit. Sumber:  Liswanti

Ada satu situ yang disebut dengan Situ Bagendit, merupakan wisata air yang disukai oleh warga di luar Garut. Bagi orang Garut sendiri yang mengetahui adanya mitos yang kuat tentang tidak baik bagi mereka yang sedang pacaran atau akan menikah mendatangi situ Bagendit . Alasannya begitu mereka datang ke situ, tidak lama kemudian hubungan mereka akan putus. 
 
Candi Cangkuang juga satu-satunya candi di Jawa Barat, candi peninggalan sejarah agama Hindu terletak di situ Cangkuang., Keuninkannya warga pemeluk agama Islam tetapi masih melakukan tradisi Hindunya. 
 
Kekayaan dan potensi alam yang indah dapat Anda temukan dengan curug-curug. Ada 15 curug yang sangat menawan hati misalnya Curug Arjuna, Curug Sanghyang Taraje, Curug Jagapati. Curug yang saya sebutkan terakhir ini, 
 
Curug Jagapati

Jagapati, sangat unik sekali. Memiliki tiga tingkat air terjun yang memukau. Jalan menuju ke sana memang tidak mudah sekali karena letaknya sangat jauh dari Garut yaitu 3 jam, di desa Neglasari-Kec. Cisompet. 
 
TIdak ada di peta google, mengandalkan bertanya kepada orang untuk mencapai perkebunan dan perkampungan SMPN 3 Cisompet. Jalannya pun masih tanah dan terjal. Lebih baik menggunkan pemandu lokal. Namun, segala kelelahan fisik akan terbayarkan dengan keindahan curug yang seperti berteras 4 tingkat, memancarkan air dengan kejernihannya. 
 
 
Bukan hanya curug saja, tapi Garut Selatan memiliki pantai yang tak kalah fantastis seperti Cijayana, CIcalobak, Cijeruk, Gunung Geder, Pantai Karang Paranje, Pantai Puncak Guha, Pantai Santolo. 
 
Pantai terfavorit bagi para pelancong adalah pantai Santolo karena pasirnya putih dan sudah ada fasilitas lengkap untuk renang, permainan air seperti banana boat dan lainnya. 
 



Ingin mendaki gunung? Garut punya tiga gunung yang kokoh siap untuk didaki. Bagi pemula Anda dapat mendaki gunung Papandayan, bagi menengah dalam mendaki gunung, bisa mencoba Gunung Guntur, dan satu lagi yang sudah mahir mendaki, dapat mencapai puncak Gunung Cikurai. Gunung Cikurai itu sangat mempesona pemandangannya, terlihat awan putih menebal ketika kita berada di puncaknya, seolah seperti permadani awan. 
 
Cagar Leuweung Sancang menjadi destinasi wisata alam ,flora, fauna dan hutan mangrove yang tak boleh dilupakan. 
 
 
 Last but not least, ketika akan belanja, ada produk lokal yang terkenal yaitu jaket kulit. Di sepanjang Pasar Sukaregang, surga tempat penjualan jaket kulit, tas, dompet, ikat pinggang dan sepatu yang asli dari kulit domba. 
 

Selain itu buat oleh-oleh pulang, pastikan Anda mampir dulu di toko Dodol . Varian dodol dengan berbagai macam rasa seperti coklat , maka disebut dengan chocodot (berasal dari kata coklat dan dodol). Di pasar Ceplak, Anda dapat menikmati makanan atau jajanan lokal asli Garut seperti es Gotobod, siomay, bakso. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!