Kreativitas Masak Makin Canggih Berkat "Indonesia Memasak by Yummy App"

dokumen pribadi


Hidup ini tak lepas dari persoalan makan. Makan bisa beli, masak sendiri atau masak di rumah oleh pembantu. Demi terjaganya higenitas dan kesehatan, tentu jika makanan sehari-hari lebih baik dimasak sendiri.

Ketika saya dulu bekerja di kantor, hampir tak punya waktu untuk memikirkan soal memasak. Waktu sangat sempit untuk memasak, membuat semua urusan masak ditangani oleh pembantu yang memang pintar masak. 

Waktu berjalan begitu cepatnya, saya harus pensiun, pembantu yang pintar masak pulang kampung, dan bekerja secara free lance di rumah. Efeknya, semua waktu bisa diatur dengan sangat baik. 

Saat pertama kali masuk dapur yang ada kebingunan dengan apa yang harus dimasak, bagaimana memasak . 

Tanpa memiliki pengalaman memasak sedikit pun, saya terpaksa cari kreativitas untuk mengumpulkan resep-resep dari buku memasak. Sudah dicatat, lalu dicoba tapi kok merasa tidak yakin dengan hasilnya karena tidak ada video yang menyertai cara memasaknya.

Maklum ini pemula yang baru saja masuk dapur, mengenal bumbu dapur, bahkan cara memasak pun bingungnya luar biasa.

Belum lagi jika catatan resep yang disalin dari buku hilang, akan pusing, cari lagi di buku . Nach ini kehebohan saya saat memasak di rumah. 

Begitu pandemi tiba, saya lebih merasakan waktu untuk belajar memasak itu lebih banyak, tapi belum menemukan resep yang gampang untuk dipraktekkan. Kreativitas pun terus diasah, saat pencarian membaca ada sebuah aplikasi memasak “Yummy Indonesia Memasak”, langsung saya meluncur ke sana. 
Indonesia Memasak by Yummy App
yummy.app


Indonesia Memasak Yummy “ atau “Indonesia Memasak by Yummy App”adalah applikasi resep masakan, online cook,  tempat yang tepat cari resep, info paling lengkap.

Wow, jadi saya install aplikasi “Yummy” melalui google application store, Memasak by Yummy, saya harus buka akun dengan menggunakan facebook saya. 

Lalu setelah itu saya sudah dapat akun. Berselancar ada apa fitur-fitur yang ada di aplikasi Indonesia memasak Yummy. Fitur cari resep itu terbagi beberapa segmen. 

Resep yang diterbitkan oleh beberapa chef milenial terkemuka seperti Chef Arnold Poeromo, Ibra, Stacey Queerkunoichi, Alex Cheekykiddo.

Fitur Pilih Resep:

Yummy APp
dok.pri


Memilih resep berdasarkan budget, waktu memasak dan porsi masakan yang kamu inginkan.

A.  Special IMY Jelajah Nusantara:

Yummy App
dok.pri


isinya bermacam-macam resep mulai dari Ayam cincane,soto banjr,Coto Makasar, sampai Papeda Ikan. 

Begitu memilih salah satu resep, tinggal klik gambarnya, ada keterangan informasi resep berapa lama masak, porsi utk berapa orang (5-6 orang), budget (Rp.75,000), halal atau tidak, juga ada bumbu-bumbunya secara lengkap (bumbu halus, bahan,sambal dan bahan pelengkap).

 Cara memasak step by step dari step 1 sampai akhir, dengan foto dan keterangan. Jika belum jelas, bisa loh lihat videonya. Waduh ini sangat membantu saya sekali yang belum berpengalaman. 

B. Kreasi Merah Putih 

Yummy App


 hidangan penutup atau sering disebut dengan cuci mulut seperti Kue Talam, Pudding Mozaik, Bubur Mutiara, Putri Mandi. Nach di dalam resepnya Bubur Mutiara, ada bahan dasar,cara memasak dan jelas berapa langkah untuk memasaknya. 

Meskipun tak ada video, step sangat jelas dengan foto yang bagus. Resep-resep di fitur ini hasil dari komunitas yang hobi memasak. 

C. Hidangan Natal & Baru

Yummy App
dok pri


Wah ini khan sudah dekat sekali natal dan Tahun baru. Lumayan untuk ngirit budget beli kue di toko mahal, lebih baik bikin sendiri, enak,irit, jadi Tahun baru puas dengan kue buatan sendiri. 

Ada Rich Chocoloate, double Chocoloate, Ayam Kodok,Gnocchi,Sosi Bakar. Jika pengin coba salah satu resepnya, Rich Chocolate Christmas, ternyata mudah banget, hanya 3 langkah, dan bahan sederhana. Wah pasti nanti Christmas jadi istimewa sekali.  

Fitur “Masak”

Yummy App
dok.pri
 

Bagi ibu-ibu termasuk saya punya bahan di kulkas, tapi bingung mau masak apa, gunakan fitur ini yang letaknya di bagian bawah tengah. Contohnya bayam, ayam, pengin dibuat apa yach? Langsung kita klik bahan, klik ayam, klik bayam, lalu kita klik terapkan, muncullah resep yang baru Bayam Inggris, Bayam Jagung. Jadi ngga usah bingung lagi! 

Fitur “Komunitas” atau “Akun” 

Yummy App

Yummy App


Pengin dapat uang dari memasak, tulislah resep dari hasil masakan komunitas.

Jika gunakan fitur komunitas yang ada di bagian bawah, tekan tombol buat resep yang ada di bawah, kita tinggal menulis resep kita. Tentu kita harus punya resep baru buatan kita sendiri. Saya sendiri sudah mencoba mengirimkan resep “Sup Oyong”. 

Saya siapkan bahan-bahannya, difoto, lalu, memasak, dan di foto-satu step demi step. Lalu, saya masukan hasilnya dengan menulis bahannya, juga langkah-langkahnya dan upload fotonya. Mudah bukan. Sekarang sedang menunggu persetujuan untuk bisa dipublish. 

Cari Resep by Category 

Yummy App
yummy.com


Mulai dari Makanan Pembuka, Makanan Utama, Makanan Penutup, Cemilan, Minuman, Makan Pendamping, Yummy Tips, Yummy Resep Dasar. 

Most Creative Receipe, Most Favourtie Recipe, Best Food Photo.

Yummy App

Yummy Indonesia




Event yang meriah seperti Indonesia Memasak by Yummy 2020 (selama bulan Desember), sangat menyenangkan bagi saya, bisa belajar langsung dari chef Dimas. Saya mengikuti bagaimana membuat Tuna.






 Sekarang saya tak takut gagal memasak, total berubah, memasak itu gampang karena sudah ada Yummy App  dan  ternyata aplikasi Yummy App ini memudahkan dan menyenangkan  untuk memasak dan terus berkreasi.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!