"Workation", Bekerja Sambil Rekreasi Saat Pandemi

Kerja Sambil Rekreasi      Sumber:  kompas.com


Selama hampir 7 bulan, kita terpaksa bekerja, belajar di rumah karena PSBB, Covid-19. Kondisi yang mungkin sangat membosankan, menjemukan di satu sisi, tapi di sisi lain juga menimbulkan berbagai kreativitas untuk mengubah cara bekerja di rumah dengan cara yang menyenangkan. 

Pilot project yang dilakukan oleh salah satu perusahaan di Jepang. Masashi Arai , seorang Jepang yang berkantor di sebuah perusahaan pengembang sistem cloud, Fixer. Dia bersama lima orang pekerja yang lainnya ditugaskan bekerja sambil liburan selama enam pekan di hotel pinggir kota Toba, Jepang. 

Ketika pagi atau sore hari membuka jendala hotelnya, terlihatlah pemandangan yang sangat indah sekali, air danau tenang membiru dari pulau Engetsu yang berupa karang bolong di Shirahama, Wakayama Jepang.

Keindahan panorama biru yang sangat tenang, bisa menikmati cakrawala sunrise dan sunset yang mempesona di pagi dan sore hari. Rasanya nikmat dan nyaman bekerja di hotel sambil menikmati keindahan alam yang sangat menenangkan hati dan mempesona . 

Konsep bekerja di hotel dengan alam yang sangat indah itu jadi model atau tren yang berkembang di saat pandemic Covid-1. Bekerja, sambil bisa bersantai di pinggir pantai saat istirahat. 

Beberapa perusahaan , terutama yang bidang pekerjaannya berkaitan dengan teknologi dapat melakukan dan mempraktikan kerja jarak jauh selama /hingga akhir tahun terakhir ini. Ternyata, hasil akhir dari uji coba bekerja sambil menikmati indahnya pemandangan yang dilakukan oleh Masashi Arai dan kawan-kawannya menunjukkan bahwa mereka bekerja jaulh lebih produktif

Bahkan para karyawan yang bekerja di tempat hotel yang punya wisata dekat hotel makin semangat untuk bekerja dengan cara demikian. Konsep “workstations”jadi hal yang baru , tapi akan segera ditiru dan dikembangkan oleh para perusahaan dalam mengirimkan pekerjanya untuk bekerja sambil rekreasi. 

Konsep Workation adalah kombinasi antara bekerja dan rekreasi.   Jika di Jepang workation masih hal baru, di Eropa, justru hal ini sudah jadi tren sejak tahun lalu.   Sebagian besar dari tempat akomodasi yang dekat dengan pantai atau tempat rekreasi, memiliki paket yang disebut dengan "Out of Office, Workation" .

Fungsi utama dari workation adalah untuk membangun team building yang kuat, share ide dan goal dari perusahaan yang ingin dicapai, balance antara bekerja dan rekreasi, bahkan meningkatkan produktivity.  

Di Jepang workation lebih berkaitan dengan  computer yang mampu menghubungkan antara satu computer dengan computer lainnya atau computer dengan server. 

Para pemilik perusahaan tentunya akan bekerja sama dengan hotel atau tempat akomodasi seperti resort, homestay dekat dengan tempat wisata. Persyaratan utama bagi penyedia akomodasi adalah tempat untuk bekerja dengan computer yang comfortable .

Manfaat dari "Workation"


1.  Menyelesaikan Pekerjaan atau Projek 


Sering disebut dengan "Get work done", selesaikan suatu proyek dengan tuntas adalah tujuan dari workation.   Ketika tim yang dibentuk itu bermacam-macam fungsinya tetapi harus menuntaskan suatu pekerjaan besar, sulit sekali jika tidak dipersatukan dalam satu visi.   Dalam workation, para anggota tim dapat berbagi apa "goal" perusahaan yang ingin dicapai, lalu cara mencapainya tentu dengan berbagai ide inspirastif.  Bahkan adan yang ingin membagikan tentang konsep "Ikigai", fokus pada hal-hal yang penting.   Semua "brain storming" ini menyatukan dan mempercepat tim building untuk menyelesaikan proyek.

2. Keseimbangan Antara Kerja dan Rekreasi


Di abad digital yang sudah sangat mudah untuk bekerja di mana pun dan kapan pun, "Workation" jadi bagian usaha perusahaan yang dapat menyeimbangkan antara kerja dan rekreasi.

Bahkan perusahaan dapat mengimplementasikan "Flexiwork" dan cara bekerja yang produktif, bisnis jadi sukses dan tercapailah tujuan dari keseimbangan kerja dan rekreasi.

3.  Tingkatkan Pariwisata


Ketika pandemi membuat pariwisata terpuruk, dengan konsep "Workation", para stakeholder parawisata baik itu pemerintah, pemilik hotel , hostel dan tempat-tempat wisata mulai tertarik membuat paket yang menarik untuk "workation".
Paket yang ditawarkan sangat menarik disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan yang ingin karyawannya kerja sambil rekreasi.   
Banyak tawaran ini dan diterima oleh perusahaan, jadi satu jalan untuk tingkatkan wisata domestik atau internasional yang saat pandemi terpuruk.



Tidak ada komentar