Lebaran Tahun ini Cukup #diRumahSaja




Lebaran sebenarnya lebih afdol jika beribadah atau salat Ied di Mesjid. Setelah itu kita bisa pergi ke silaturahmi ke saudara-saudara maupun keluarga besar, disambung dengan bersantap makan pagi dengan ketupat.

Namun, saya yakin benar bahwa Lebaran kali ini kita harus tawakal , sabar dan tidak membiarkan mata rantai Covid-19 terus terhubung kemana-mana dan meningkatkan korban yang terpapar.

Jangan Mudik

Seperti larangan dari Pemerintah, kita tidak perlu mudik dulu.  Sekarang belum waktunya untuk mudik karena curva dari penyebaran virus masih tinggi.  Jika kita tidak mengindahkan untuk tidak mudik, berarti kita akan membawa virus ke kampong tempat kelahiran atau tempat orangtua/kerabat yang kita kunjungi.

Pemerintah tentu akan berikan waktunya pada akhir tahun untuk kamu bias mudik.   Sekarang transportasi pun sangat dibatasi, jadi kesulitan kamu untuk mendapatkan berbagai dokumen penunjang mudik sulit. 

Lebaran di rumah, bukan berarti kamu hanya tinggal diam saja. Ada pelbagai acara yang bisa kamu persiapkan untuk sambut lebaran.

Selain makanan dan salat Ied di rumah, tentunya kamu ingin berbagi pengalaman selama puasa dengan teman atau saudara.

Mudik Virtual:
kompasiana.com

Nach persiapkan acara itu dengan lucu, indah, bahkan yang mengharukan. Bisa buat video atau saat bicara melalui video call.

Yang ngga kalah pentingnya kamu juga bisa bersilaturahmi dengan video call . Kamu pastikan dulu orang yang akan dihubungi bisa dicapai karena mungkin mereka sedang pergi, atau tidak ditempat. Jadi janjian denganWA dulu, tentukan jam berapa akan komunikasi.

Virtual silaturahmi, jadi bagian yang sangat mengharukan, siapkan semua keluarga sudah dalam kondisi untuk menghaturkan selamat Lebaran dan minta maaf kepada ayah/ibu atau keluarga lainnya.

Rasanya memang ada yang hilang dengan tidak tatap muka jika bersilaturahmi, tapi kita tetap bisa melakukan tatap muka virtual yang hampir sama dengan biasanya. Ketika tiba waktunya untuk mudik, kita bisa ulang lagi silaturahmi Lebaran dengan lebih khidmat dan langsung bertatap muka. Gaya lebaran tahun 2020 jadi model yang tidak bisa dilupakan, apabila kamu sudah melewatinya.

Tidak ada komentar