7 Tips Memilih Bidang Studi yang Sesuai dengan Passionmu

Sumber:  education kompas.com

Sebentar lagi kamu yang telah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), pastinya ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, perguruan tinggi. Namun, bidang studi yang mana yang ingin kamu pilih.

Inilah yang menjadi kesulitan dari seorang calon mahsiswa. Banyak anak SMA masih bingung ketika ditanya bidang apa yang ingin dipilihnya saat lulus dan memilih bidang prodi . Jika masih ragu-ragu dan belum menemukan pilihan hingga hari H, tentunya hal ini kurang baik.

Sebaiknya, penentuan bidang studi sudah dipersiapkan 6 bulan sebelum kelulusan. Memang sebaiknya jangan sampai salah pilih dalam bidang studi karena di Indonesia ketika kamu sudah memilih bidang studi dan ternyata tidak cocok, ingin pindah ke bidang lainnya, tidak mudah. Tidak ada proses transfer untuk apa yang sudah dipelajari ke bidang studi yang lainnya.

Nach, agar tidak menyesal dalam mengambil program studi yang tidak sesuai, pikirkan matang-matang berikut ini yang dapat menolong dalam mempertimbangkan pilihanmu:

1.Reputasi dan akreditasi prodi:

Hal pertama yang harus diketahui adalah akreditasi dan reputasi yang dimiliki oleh program studi. Kamu dapat melihat informasi akreditasi dan reputasi di website program studi tersebut. Selain itu jika masih belum jelas, dapat berdiskusi dengan kakak kelas yang sudah terlebih dulu terjun dalam bidang studi yang kamu pilih.

2. Passion yang kamu miliki

Tentunya kamu sendiri yang lebih mengetahui bidang yang paling kamu sukai. Hal ini sangat penting karena jika kamu belajar dan kuliah bidang yang tak kamu sukai, maka perkuliahan pun tidak lancar. Ketika masih belum juga menemukan , kamu bisa mengikuti suatu test bakat atau test minat tentang bidang yang paling disukai. Test ini biasanya juga diadakan oleh perguruan tinggi sebelum adanya test penerimaan.


3. Cita-cita yang ingin kamu raih

Setelah passion, ada cita-cita yang jadi guideline dan semangat agar kamu bisa meraih cita-citamu. Cita-cita menjadi penyemangat dan bahan bakar agar kamu bisa memotivasi diri dalam menuntuk ilmu di program sutdi yang kamu pilih.


4. Prospek kerja lulusan prodi

Prospek lulusan dari program studi menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan. Suatu riset sederhana apakah bidang studi yang kamu pilih itu lulusannya dapat mempereolah pekerjaan sesuai dengan ilmunya, apakah lulusan itu memang dibutuhkan, diperlukan dalam dunia bisnis, industry. Bagaimana gaji dan saingan dari lulusan itu. Semua itu perlu digali supaya kamu bisa mengetahui secara jelas kearah mana tujuan kuliahmu .

5. Pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan:

Hampir mirip dengan prospek, ada satu hal lagi yang penting diingat bahwa di era zaman teknologi yang berkembang sangat cepat ini, ada perubahan profesi yang dibutuhkan sesuai dengan teknologi yang bermunculan di masa depan. Untuk itu kamu bisa memilih jika sesuai dengan passion atau memperdalam atau menambah program studi setelah kelulusan.


6.Fasilitas program studi


Fasilitas yang disediakan untuk menunjang program studi yang kamu minati. Contohnya tersedia perpustakaan, ruang belajar, pembimbing akademi, beasiswa dan dosen-dosen yang mumpuni . Bagaimana caranya kamu bisa mengetahui fasilitas yang disediakan. Pastinya semua itu ada dalam website universitas , jika tidak ada, kamu bisa menghubungi kontak universitas bagian akademik .

7. Jangan ikut-ikutan teman


Pilihan teman bukanlah pilihanmu. Setiap orang punya pilihan yang berbeda. TEntukan pilihanmu berdasarkan kemampuan dan passionmu. Tidak ada seorang pun yang dapat mempengaruhi pilihanmu, bahkan orangtua. Kamu dapat minta nasehat atau arahan orangtua, tetapi keputusan tetap ditanganmu karena masa depanmu ada ditanganmu.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!