Kegiatan yang Menyenangkan Saat Anda harus di Rumah





Selama dalam pengasingan di rumah ( terisolasi dari hingar bingar pekerjaan dan hiruk pikuknya transportasi menuju kantor), kita perlu sekali melakukan kegiataan yang menyenangkan dan variatif.

Kegiatan variatif itu tentunya agar kita tak terjebak “Cabin Fever” atau merasakan kebosanan dan keterpurukan dari hal-hal yang rutin dana lingkup yang sangat sempit.

Perlu pengalaman menarik untuk mencari kegiatan menarik bagi masing-masing individual. Untuk itu kita semua tentunya punya specific interest yang dapat kita cari dalam virtual.

PENDIDIKAN

RomaDecade.com

Ada 7 aplikasi Belajar Online Gratis untuk Siswa dan Guru. Saya mengambil datanya dari kata.data.com. 7 Aplikasi itu merupakan layanan gratis berupa fitur untuk guru maupun siwa dalam kelas online, program belajar manidir, sampai live-teaching seperti masuk sekolah secara fisik.

1.RUANGGURU

Membuka program online gratis setiap hari dari SEnin 16 Maret 2020 dari pukul 08.00-12.00 WIB setiap Senin sampai Jumat. Download aplikasi RUangguru. Sekolah online ini tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran ini, kurikulum nasional dipandu oleh guru Ruangguru. Semua mata pelajaran dari kelas 1 SD sampai 12 SMP , mencakup IPA, IPS,dibahas secara parallel setiap hari dan belajar dengan interaksi.

2.Zenius

Layanan belajar mandiri gratis dalam rangka persiapan Ujian Nasional. Sayang karena Ujian Nasional telah dihapuskan mungkin tidak perlu diakses lagi. Tapi boleh dicoba apabila masih menginginkan karena semua materi ini kurikulum 2013 revisi dan bisa diunduh di Play Store.

3.Google Suite for Education

Fitur untuk membantu siswa dan guru untuk beraktivitas belajar-mengajar baik secara online maupun offline. Salah satu fiturnya misalnya classsrom. Di dalam classrum itu guru bisa melakukan percakapan tertulis, tugas memberikan penilaian bahkan streaming video.

4. Microsoft: Office 365 Education

Fitur Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, alat ruang kelas lainnya. Guru dan murid menciptakan ruang kelas terkoneksi secara online.

5. Quipper School Platform

sekolah digital tanpa biaya. Guru dapat mengirim materi dan mengelola materi pembelajaran, ujian dan nilai siswa secara online. Sedangkan siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas dan ujian secara online juga.

6. Sekolahmu

Menyediakan beragam materi ajar dan bisa diakses melalui aplikasi maupun situs resminya. Disusun dengna melibatkan instasi pendidikan, seperti Sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro

7. Kelas Pintar

Kelas PIntar memberikan akses gratis selama sebulan untuk guru dan siswa di seluruh Indonesia. Beragam materi ajar untuk para siswa, fitur-fitur lainnya, seperti assessment yang memungkinkan guru berinteraksi dengan murid secara online

ENTERTAINMENT
Facebook.com

 Saat kita ngga mungkin jalan-jalan ke kebun binatang, kita masih bisa ke kebon binatang virtual di San Diego Zoo   dan Monterey Bay Aquarium   

Permainan lego. Jika hari-hari yang sibuk, anak tak bisa bermain lego dengan tenang, pada hari karantina ini , anak bisa mencobanya dan menerapkan permainan sampai jadi. Dengan ketrampilan tangan dan berpikirnya, anak bisa menyelesaikan bentuk lego yang diinginkan.

 Kunjungan ke museum memang menambah pengetahuan, tapi di saat karantina ini tak mungkin mengunjunginya. Tapi untuk menambah pengetahuan tanpa mengunjungi fisik tetap dimungkinkan, biasanya disebut dengan virtual.

 Ada 12 museum di dunia yang terkenal yang dapat kita pelajari di  situs dari Virtual tour of the Louvre   .

STORY TELLING
Bacakan buku cerita singkat dari Nusantara bertutur sehingga wawasan anak Anda makin meningkat.  Beberapa contoh dari ceritanya dapat di lihat di situs kompas.id/nusantarabertutur.



Dengan membacakan buku-buku yang sangat imajinair adalah sesuatu yang berharga untuk menambah wawasan anak-anak kita semua.

 Beberapa buku story telling yang dapat kita pelajari secara online di storyonline.id .

FITNESS

Mencari workout atau latihan senam yang sesuai dengan kemampuan dan jenis yang ingin dilakukan. Misalnya saya yang sudah senior, senang dengan senam tera. Tiap pagi saya akan memasang senam tera Youtube dan melakukan latihan dengan mengikuti langkah-langkahnya seperti diajarkan di Youtube.

Kunjungi Planet Fitness’s Facebook page pada jam 4 untuk kelas yang tak bayar secara online tiap hari.

Secara fisik kita tidak mungkin mengunjungi tempat fitness, tetapi hal ini tidak berarti anda tidak bisa mengunjungi "Orange Theory Online".

Berjalan-jalan dan lakukan yoga , jogging dan kelilingi taman yang ada di sekitar rumah kita. Jangan lupa setelah kembali ke rumah dengan membasuh tangan dengan hand sanitizer, dan jangan sentuh muka Anda.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman