Cantiknya Surabaya dengan Bunga Tabebuya Bermekaran

Tabebuya    Sumber: google.com

Sekarang, kita tidak perlu lagi berwisata ke Jepang untuk melihat Sakura. Lihatlah betapa cantiknya bunga-bunga Tabebuya bermekaran di hampir seluruh kota Surabaya. Kecantikan bunga Tabebuya yang berwarna putih , pink, kuning dan ungu menambah semaraknya kota Surabaya. 

Tabebuya   Sumber:  google.com
Namun perlu diingat bahwa bunga Tabebuya yang berasal dari Brasil punya nama asli Handroanthus Chrysotrichus itu memang cocok untuk daerah yang beriklim kering, tumbuh di jenis tranah subtropis dan tropis. Jadi berbeda sekali dengan Sakura di Jepang. 

Tabebuya    Sumber: google.com
Kelebihan dari pohon Tabebuya adalah berbunga indah dan lebah, akar tidak merusak rumah atau tembok, berbatang keras, tahan hidup dalam segala cuaca, mekar di ujung musim kemarau, memiliki 74 spesies. Mekar hanya setahun sekali setahun, yaitu di bulan Oktober-November, dan itu tidak berlangsung lama . Bunga-bunga itu akan rontok ketika bulan Nopember habis. 

 Kembali ke kota Surabaya, atas ide dari Ibu Tri Rismaharini atau yang sering disebut dengan Ibu RIsma sebagai Walikota Surabaya, ditanamlah 7.000 Tabebuya di tahun 2007 , jadi sudah hampir 12 tahun baru sekarang ini bermekaran. 
Tabebuya   Sumber: google.com


 Menurut Bapak Hendry Setianto, selaku Kepala DKRTH (Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau) Surabaya, tanaman Takebuya ditanaman bertahap, batangnya tumbuh cepat, banyak ulatnya sehingga banyak burung yang datang untuk memakannya. Manfaat yang sangat baik bagi lingkungan adalah penyerapan Co sangat kuat sehingga mengurangi polusi udara.

Tidak ada kesulitan dalam penanaman Tabebuya di Surabaya karena penyiraman dilakukan secara rutin, struktur tanah sesuai dengan tempat aslinya,  media tanam diusahakan terbagus sehingga pertumbuhan dan perkembangan Tabebuya dapat cepat.

 Keindahan dari mekarnya Bunga Tabebuya ini dapat dinikmati warga di Jalan Mayjen Sungkono, Jalan HR Muhammad, dan Jalan Ahmad Yani, Jalan Sunkono, Jalan Darmo dan Taman Harmoni Keputih, Surabaya. Ibu Risma menghimbau kepada masyarakat Indonesia bahwa tidak perlu lagi berwisata ke Jepang, cukup datang ke Surabaya . 

Tabebuya    Sumber; google.com
 Bertambah satu lagi kebanggan kota Surabaya untuk jadi ikon wisata. Testimoni dari warga Surabaya sendiri , mereka sangat bangga dan bahagia, melihat kota Surabaya makin cantik dengan bunga Tabebuya , tak kalah menariknya dengan luar negeri , ditengah terik panas matahari kota Surabaya. 

 Mereka banyak mengunjungi tanaman itu untuk berselfie atau berwefie. Decak kagum dari warga netizen yang bukan dari Surabaya pun terdengar, tidak menyangka Surabaya punya tanaman Tabebuya yang sangat indah. 
Tabebuya    Sumber: google.com


Ke depannya, Bapak Hendry mengatakan bahwa penanaman Tabebuya itu akan terus dilanjutkan di seluruh kota, termasuk pinggiran kota Surabaya. Mereka akan mengemas destinasi wisata kota Surabaya di bulan Oktober-November ketika Tabebuya bermekaran dengan cantiknya.

 Selamat untuk warga Surabaya yang punya kota yang cantik. Selamat untuk Risma yang berulang tahun hari ini dengan segudang prestasi yang terus mempercantik kota untuk membahagiakn warganya.

Tidak ada komentar