Destinasi Wisata Hits di SOLO


Solo, Kota populer dan favorit di Jawa Tengah yang saat ini menjadi target salah satu tempat wisata . Wisata lengkap yang sangat disukai para wisatawan karena lengkapnya wisata mulai dari keindahan alam, kuliner , kebudayaan sampai petualangan.

Menjangkau kota Solo sangat mudah, dan dapat dilewati oleh kereta api (stasiun Solobalapan, Stasiun Purwosari, Stasiun Solojebres), pesawat udara (Bandara Adi Sumarmo) atau terminal bus Tirtonadi dari kota besar lainnya seperti Yogyakarta, Semarang. 

Saya pribadi sebagai pecinta wisata keindahan alam dan histori menyasar Solo sebagai salah satu tempat destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Bagi saya Solo mewakili kota di Jawa Tengah punya keunikan dalam budaya lokalnya yang sangat kental terutama masyarakat Solo yang sangat halus dalam bertutur kata maupun dalam sikapnya. 

Nach, pertimbangan lainnya, saya selalu mencari keunikan yang terbaru dari wisata Solo yang akan saya kunjungi. 

Dalam wisata ke Solo, saya membuat itinerary dalam 2 kelompok yang sesuai dengan rute dan jaraknya, dimana tiap kelompok ada wisata keindahan alam dan histori 

Kelompok Pertama:

 TUJUAN WISATA
  1.   Candi Sukuh 
  2.   Candi Ceto
  3.   Tahuran
  4.   Air Terjun Jumo

 Candi Sukuh: 
Pelataran utama Candi Sukuh,  Foto:  DetikTravel.com

Candi Sukuh terletak di lereng barat G. Lawu, tepatnya di Dusun Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi Candi Sukuh berada pada ketinggian + 910 merer di atas permukaan laut Gapura Buta menyambut tamu, artinya gapura raksasa.
Relife  Candi Sukuh -  foto: Bon Voyage.Jogya.com

 Dinding sayap utara gapura terdapat pahatan yang menggambarkan sepasang burung yang sedang hinggap di atas pohon, bawahnya seekor anjing dan garuda dengan sayap terbentang sedang mencengkeram seekor ular. Di halaman depan dan luar terdapat batu dengan anke bentuk. Ada yang berlubang mirip lingga, ada yang menyerupai tempayan. Di ruang dalam terdapat pahatan menyerupai phalus dan vagina. Penuh makna dari masing gapura yang kaya dengan histori tentang dewa yang disembah dan bagaimana dewa dan dewi itu digambarkan dalam sebuah relief . 

Candi Cetha: 
Candi Cetha:   Foto:  apakabaronline.com

Candi Cetha terletak di Dukuh Cetha, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Sebuha candi peninggalan zaman Kerajaan Pahit. Kelompok bangunan terdiri atas 11 teras terundak membentang dari arah timur-barat. 

 Teras pertama terletak di sisi timur makin ke barat makin tinggi. Masing-maring teras dihubungkan sebuah pintu dan jalan setapak membelah halaman eras. Depan gapura terdapat arca batu disebut arca Nyai Gemang Arum. Masing-maring teras punya fungsi dari bangunan. Sangat menarik histori untuk menelusurinya. Jika ingin lebih detail bisa berkunjung ke situsnya candi.perpunas.go.id 

Taman Hutan Mangkunegoro Karanganyar:
Taman Hutan Raya (Tahura):  Foto - Yukpinknik.com

Lokasinya terletak di Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Tambak, Girimulyo, Kabupaten Karanganyar. Berada di kaki gunung Lawu. Persis di belakang Candih Sukuh. Ketika memasuki Tahura, anda disambut oleh peopohonan yang sangat rindang dan tumbuhan rerumputan hijau. 

 Ada 2 fungsi dari Tehura ini yaitu sebagai hutan wisata dan hutan tempat penelitian. Sebagai tempat wisata terdapat cemara bulus dan arca kura-kura, ada pula air sendang raja yang merupakan mata air yang ditemukan oleh pengelola Taman Hutan Rakyat. Juga tempat untuk fasilitas untuk bermain anak.

 Air Terjun Jumog:
Air Terjun Jumog:  Foto -Yukpiknik.com

 Lokasi di Berjo, Ngarjoyoso, Karanganyar Air terjun jumgo termasuk salah satu wisata baru yang tengah viral. Tempat ini memiliki keindahan alam dan dikelilingi oleh pepohonan dan masih banyak satwa liar. Kita dapat menikmati berbagai fasilitas seperti permainan, kolam renang, wisata pertanian, panggung hiburan, restoran.

Juga disediakan tempat menginap dengan nuansa hutan tropis. Untuk mencapai Air terjun Jumog atau yang sering disebut dengan surga yang hilang itu, wisatawan harus menuruni 116 anak tangga yang lebih sedikit dibandingkan dengan Grojokon Sewu. 

 Kelompok Kedua:
TUJUAN WISATA
  1.   De Tjolomadoe
  2.   Keraton Kasunan 
  3.   Gerai Batik Laweyan

 De Tjolomadoe:
De Tjolomadoe,   Foto:  Travelingyuk.com

 Luasnya 6,4 ha dan lokasinya hanya 10 menit dari Bandara Adi Soemarmo, De Tjolomadoe dibangun dan didesign menjadi Pusat Kebudayaan atau Cultural Center, Ruangan untuk konser atau Concert Hall, tempat untuk meeting atau bahasa kerennya MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibitions) , area komersial, untuk menunjang semua acara kebudaan atau sosial baik nasional maupun internasional. 

Jika kita datang ke Tjolomadoe , memori kita akan mengingatkan tentang pabrik gula Colomadu yang didirikan di tahun 1861 di Karanganyar oleh Mangkunegaraan IV. Pada tahun 1928 , pabrik ini mengalami perluasan area lahan tebu dan perombakan arsitektur. 

Sayangnya 20 tahun kemudian pabrik gula ini berhenti beroperasi dan kondisinya terbengkalai. Pada Tahun 2017, PT PP Tbk, PT PP Properti , PT. Taman Wisata Candi Prambanan Borobudur dan Ratu Boko dan PT.Jasa Marga Properti membentuk joint venture PT. Sinergi Colomadu melaksanakan konstruksi revitasisasi mengikuti kaidah cagar budaya.

Tebu-tebu yang akan digiling , Sumber: Arin Murtiyarini
Tebu dibawa dengan kereta api , sumber Arin Murtiyarini
Tebu dimasukan ke dalampenggilingan .  Sumber: Arin Murtiyarini

 Sulitnya mencari blueprint dan akhirnya untuk mempertahuankan PG Colomadu sebagai tempat wisata sekaligus kawasan bisnis. De Tjolomadoe telah berubah fungsinya, wisatawan dapat melihat sejarah pabrik gula dengan mesin-mesin raksa dan bintik bintik karat di mesin giling dan ada ruangan khusus difungsikan sebagai Museum Pabrik Gula, Statsiun Ketelan sebagai area F& B , Stasiun Penguapan sebagai area Arcade, Stasiun Karbonatasi sebagai area Art & Craft, esali Cafe sebagai F& B, Tjolomade Hall atau concerta hall, dan Sarkara Hall sebagai multi function hall. 

Keraton Kusanan: 
Keraton Kusanan,  foto : Wikipedia.com

Nama lengkap dan aslinya adalah Karaton Surakarta Hadiningrat tapi sering disingkat Keraton Kusanan . Keraton Kusanan jadi istana resmi Kasunanan Surakarta terletak di Kota Surakarta. Didirikan olhe Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti keraton Kartasura yang porak poranda akibat Geger Pecinan 1743.

 Sebagai warisan budaya yang ternilai, upacara adat, tari-tarian sakral, musik dan pusaka. Upacara adat yang terkenal adalah upacara Garebe, upacara Sekaten dan upacara malam Satu Sura. Wisatawan dapat melihat berbagai bangunan yang dipakai oleh raja (singgasana Raja) yang terletak di Siti Hinggil Lor. Selain itu masuk ke keraton Museum Keraton Surakarta Hadiningrat. Di dalam museum pengunjung dapat melihat peninggalan dan beberapa fragmen candi . Senjata kuno , peralatan alat masak abdi dalam,peralatan kesenian, topi kebesaran, kereta kencana. 
Museum Keraton Kusanan, Foto:  IndonesiaKaya.com

 Memasuki Sasana Sewaka di samping museum. Pengunjung harus melepaskan kaus kaki untuk berjalan di hamparan pasir halus yang diambil dari Gunung Merapi dan Pantai Parangkusumo. 
Menara Panggung Sanggabuwana,  Foto:  Situs Budaya.com

Menara yang disebut Panggung Sanggabuwana. Menurut sejarah, menara ini digunakan oleh Susuhunan untuk bersemedi dan untuk bertemu Nyai Roro Kidul. Juga digunakan untuk pengontrol keadaan sekeliling keraton.

 Gerai Batik Laweyan:
Pintu masuk kampung Laweyana,   Foto:  wonderful solo.com

 Sejarah, budaya dari kampung Laweyan merupakan daya tarik wisata. Sejarah atau historinya bahwa laweyan itu pusat perdagangan yang ramai. Pada abad 20 berubah menjadi tempat jual beli batik oleh saudagar kaya. Bangunan kuno masih dipertahankan di Laweyan.
Batik Laweyan  -  Wonderfulsolo.com

Pada tahun 2005 dibentuk kampung batik Laweyan, bukan hanya sebagai tempat pembatikan saja tetapi juga tempat wisata terpadu. 
Rumah Pembatik Kampung Laweyan,   foto: wonderfulsolo.com

Wisatawan dapat melihat cara pembatikan, belajar membatik dan merasakan bagaimana membatik, melihat proses pembuatan produksi 

Belajar Membatik,   Foto:  wonderfulsolo.com

Harmonisasi antara masa lampau dengan modern berpadu menjadi satu. 

Akomodasi: 

Mencari akomodasi di Solo, tak perlu khawatir lagi karena Anda tinggal memilih mulai hotel murah di Solo, hotel di Solo Baru, Penginapan murah di Solo sampai guest house Solo. Sesuaikan dengan budget dan keinginan Anda agar wisata Anda tidak mengecewakan. 

Cuma di Pegipegi, kamu bisa booking  hotel di Solo ini sangat lengkap dan mudah plus banyak pilihannya.  Promonya sangat menarik setiap hari.

Fiturnya sangat  mudah sekali diakses:
1. Akses  situs  Pegipegi :  https://www.pegipegi.com/hotel/solo/
2. Filter pemesanan hotel berdasarkan:
    o Tarif kamar

    o  Bintang

    o Hotel Area

    o Fitur Hotel
    o Tampilan selengkapnya


3. Setelah kamu mendapatkan pilihan sesuai dengan keinginan (fitur nomer 2), kamu dapat
   melihat detail lengkap detail hotel seperti kamar, fasilitas  , dan juga map hotel sekitarnya.

4. Nach lanjutkan dengan pemesanan :
    o mengisi data pribadi yang lengkap

    o melakukan pembayaran yang banyak metode pembayarannya

    o  Bayar

5.  Konfirmasi pemesanan akan dikirim ke email Anda
6.  Liburan dengan akomodasi  sudah aman

2 komentar

  1. Beberapa kali ke solo belum pernah deh ke tempat wisatanya ini. Keren juga ya. Semoga tahun ini bisa kesanaaa, explore solo. Aamin

    BalasHapus
  2. Wah ternyata banyak juga yah tempat wisata di solo.. Thanks sharingnya :)

    BalasHapus