Tradisi Lebaran

Setiap kali lebaran, kita selalu ingat bahwa ada tradisi-tradisi yang secara umum dilestarikan oleh seulurh masyarakat Indonesia. Tradisi ini telang berlangsung turun –temurun sebagai warisan budaya bangsa yang belum terkisis oleh modernisasi zaman. 

Mudik: 

Perantau ada di kota-kota besar tersebar di seluruh Indonesia. Mereka sangat rindu kampung halamannya saat Lebaran untuk pulang kampung. Suatu tradisi tidak boleh dilewatkan apabila Lebaran akan tiba, mereka sudah banyak yang berencana untuk pulang kampung. Pulang kampung itu disebut dengan mudik. 

Mudik bisa dengan motor, mobil, bus , kapal laut atau pesawat. Semuanya sudah mereka rencanakan jauh-jauh hari , tiket sudah harus mereka beli 1-3 bulan sebelumnya. Sekarang juga ada mudik gratis yang difasilitasi oleh perusahaan besar, BUMN. Nach ini juga salah satu kesempatan bagi mereka yang ingin mudik tanpa harus naik motor. 

Makanan Ketupat:

Khas Lebaran Khusus di Indonesia, makan utama di hari pertama Lebaran adalah ketupat. Ketupat yang disajikan dengan sayur mayur santan dan opor , rendang dan kerupuk udang . Hampir setiap rumah punya ciri khas hidangan ketupat pada hari Lebaran. Biasanya mereka makan ketupat selesai shalat Iid.  Seluruh keluarga berkumpul dan makan bersama-sama. 

THR :
hipwee

Bagi yang bekerja sebagai PNS atau pegawai swasta akan mendapatkan THR yang dibagikan sebulan sebelum Lebaran. Nach THR ini pun akan dibagikan kepada keponakan-keponakan atau cucu atau saudara sebagai hadiah Lebaran. 

Halal Bi Halal :
BlogReservasi


Tradisi Hala Bi halal ini dilakukan dengan mengadakan kunjungan ke tetangga, RT, saudara , teman di kantor untuk saling silatturahim ketika lebaran sudah tiba. Momen yang penting ini dimanfaatkan untuk saling bermaafan dan berkumpul bersama dengan seluruh keluarga besar. 

Takbiran: 
TribuneJateng

Kemeriahan dari malam takbiran ini selalu dilengkapi dengan kumandang takbir yang merupakan salah satu wujud syukur, untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

 Kemeriahan ini juga biasanya kurang lengkap jika tidak mengadakan pawai keliling kota dengan menabuh bedug dan senandung takbir. Buat kamu yang turut memeriahkan malam takbiran dengan pawai dan membawa kendaraan pribadi, sebaiknya kamu harus tetap menjaga keselamatan dengan mentaati peraturan lalu lintas.

Tidak ada komentar