Menyambut Lebaran


IlmuBindo.com
Satu kata yang sangat tepat untuk menyambut lebaran adalah sukacita dan bahagia. Tetapi ada beberapa hal lain yang perlu dipersiapkan baik secara fisik maupun non fisik untuk penyambutan Lebaran. 

Berikut ini adalah tips dalam rangka menyambut lebaran secara sederhana tetapi bermakna dalams sekali: 

1. Menjaga hati yang bersih:

 Ini hal yang paling utama untuk persiapan hati. Hati yang tidak kenal amarah dan dendam. Jika masih ada rasa dendam dan amarah kepada orang yang menyakiti, sebaiknya kita ampuni. Idul Fitri kembali kepada fitrah.  Kita sambut Idul fitri dengan hati yang suci.

2. Perawatan tubuh :

Selain hati, tubuh kita juga harus dirawat. Selama berpuasa, sebenarnya kamu sudah ‘merawat’ tubuh dari dalam dengan kesabaran dan keikhlasan yang dijalankan selama bulan suci Ramadhan. Sedangkan untuk perawatan dari luar,  kita perlu jaga kesehatan kulit muka dan gaya rambut yang uptodate. 

3. Mempercantik rumah Rumah:

Selalu bersihkan rumah kita agar terlihat wangi dan rapi. Meskipun rumah tidak mewah, jika tamu banyak yang datang, maka rumahmu akan terlihat enak dimata dan bersih , bebas dari kuman .Ayo bersihkan lantai dengan baik.

4. Berkreasi dengan baju Lebaran:

 Kamu sebenarnya nggak perlu selalu membeli baju baru untuk Hari Raya Idul Fitri. Cukup berkreasi dengan baju lamamu. Bisa menambahkan aksesoris atau mix and match dengan outfit yang lain.Jika gunakan baju lama, cuci dulu sampai bersih dan berikan pewangi.

5. Belanja bahan-bahan masakan khas Lebaran :

 Jika ingin memasak sendiri menu khas Lebaran, berarti kamu harus belanja bahan-bahannya sejak jauh-jauh hari. Nah, kamu juga bisa belanja sambil berbagi, dengan mendatangi pelbagai panti asuhan.

  6. Sajikan kue-kue Lebaran yang lezat :

 Selain menu masakan utama, kue-kue khas Lebaran juga tak kalah penting. Akan lebih bermakna kalau kamu membuat sendiri kue-kue Lebaran tersebut.  Enak dan sangat berenergi tinggi.

 7. Parcel dan kartu untuk orang-orang terdekat :

 Walaupun kini ucapan hari raya bisa dikirimkan via media sosial, namun mengirimkan parcel dan kartu ucapan Hari Raya Idul Fitri ke orang-orang terdekat atau relasi akan terasa lebih istimewa. Pilihlah kartu ucapan yang unik dan parsel yang sesuai dengan budget kamu. 

8. Pastikan sudah mengeluarkan zakat :

 Membayar zakat adalah kewajiban bagi umat Islam. Zakat yang biasanya dibayarkan pada bulan Ramadhan adalah zakat fitrah. Jadi, pastikan kamu dan keluargamu sudah membayar zakat sebelum Hari Raya Idul Fitri.

9. Rencana mudik :

Rencanakan mudik dengan sangat teliti.   Buatlah check list kebutuhan untuk dibawa mudik supaya tidak ada yang tetinggal.  Mulai dari transportasi, akomidasi hingga oleh-oleh yang dibawa ke kampung halaman.

10. Tukar uang pecahan kecil :

 Hal ini penting bagi keluarga yang punya tradisi membagikan uang Lebaran ke anggota keluarga yang masih kecil. Biasanya bank sudah membuka jasa penukaran uang kecil dua minggu sebelum Lebaran. Jadi, secepatnya saja kamu tukarkan uang pecahan kecil ini agar tidak antri di bank. 

Ayo persiapkan hal-hal untuk menyambut Lebaran dengan penuh semangat dan sukacita!

Tidak ada komentar