Mengelola THR dengan Bijak

gesuri.id


Bagi mereka yang bekerja sebagai pegawai swasta, PNS atau bekerja informal , sebentar lagi atau bahkan sudah mendapatkan THR. THR itu biasanya dianggap sebagai gaji ke-13. Dibagikan atau dikreditkan ke rekening satu bulan sebelum HARI RAYA LEBARAN.

Begitu mendapatkan THR, kita sebaiknya harus menggunakannya sesuai dengan bijak. Sebelumnya menerima THR, kita harus menghitung dulu berapa dana yang akan diterima, lalu tempatkan atau buat alokasi dana yang akan dipakai. 

Untuk itu ada tips yang sangat bermanfaat bagi Anda yang mau berlebaran dengan THR:

 Prioritaskan Lebaran: 

Namanya sudah THR yaitu Tunjangan Hari Raya, jadi pastikan dana itu digunakan untuk keperluan lebaran. Namun kita harus ingat porsi untuk lebaran, usahakan cukup 50% saja. Lalu alokasikan untuk makanan, transportasi mudik dan biaya pengeluaran selama mudik. Sebaiknya tidak melebihi apa yang dibudgetkan. 

Pisahkan untuk Menabung. 

Ini saatnya menabung karena jika tidak dipaksakan, maka uang tabunganmu tidak akan bertambah. Ada tambahan penghasilan seharusnya menambah tabungan. Jika THR tadi sudah digunakan untuk biaya lebaran 50%, maka alokasikan untuk menabung sekitar 20-30% dari THR. 

Sisihkan untuk Investasi:

Pilihan dari menabung, jika ada dana yang cukup melebihi setelah menabung , dapat digunakan untuk investasi. Investasi sangat berguna untuk jangan panjang, sedang menabung untuk jangka pendek. Jika dana tak mencukupi, bisa alternatif antara menabung atau investasi. Pilih salah satu karena itu sesuai dengan kebutuhan anda, jangka pendek atau jangka panjang. 

Bayar Hutang atau Dana Darurat: 

Setelah dialokasikan hampir 70%-75% untuk keperluan di atas dan masih ada sisa dana sekitar 25-30% maka gunakan sisa dana ini untuk membayar hutang atau dana darurat. Keduanya sangat penting . Bayar hutang akan mengurangi beban untuk pengeluaran di masa depan. Sedangkan dana darurat juga penting untuk simpanan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya kecelakaan ,kematian , PHK dan lainnya. 

Nach selamat mengelola THR!

Tidak ada komentar