Kiat Sukses Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0




Era Industri 4.0 telah masuk ke Indonesia dan tak mungkin menghindarinya. Ditandai dengan adanya inovasi,teknologi dan otomisasi di industri-industri. Jika melihat di kawasan Industri, terjadi perubahan proses produksi dari yang dulunya dikerjakan secara manual dengan tenaga kerja massal, akan bergeser ke proses produksi yang serba otomisasi. Penggunaannya dimulai dari pengolahan baku sampai end product yang siap dikirim, telah dilakukan oleh mesin atau robot 
google.com


Lalu bagaimana dengan tenaga manusia , tenaga kerja yang belum siap menghadapi hal itu? 

geti.com


Jumlah penduduk Indonesia ada 256 juta, hampir 50% yaitu 143 juta telah menggunakan internet. Dengan adanya jaringan internet dan infrastukturnya, sebenarnya terbukalah peluang untuk belajar teknologi. Untuk menghadapi mengejar ketertinggalan itu, Indonesia memacu dengan “empowering human Talents”. Pemerintah Indonesia ingin agar human talents yang telah menguasai teknologi itu dapat diberdayakan di 10 industri padat karya dan berorientasi export. Ke-10 industri itu adalah industri tekstil, makanan dan minuman,  industri furniture kayu dan rotan, industri elektronik dan telematika, industri kreatif, Industri farmasi, kosmetik dan obat tradisional, industri aneka, alat pendidikan dan olah raga, optik, alat musik, industri pengolahan ikan dan rumput laut.Tujuan dari strategi Pemerintah agar produk indonesia dapat bersaing dan menang dalam skala global, maka 10 industri terutama yang padat karya dan berorientasi ekspor harus memanfaatkan digital .

 Sayangnya, ada kendala dalam literasi digital yang terjadi di Indonesia. Terutama perempuan Indonesia yang mengakses internet 20% dari 131,9 juta , 5% dari pengguna internet perempuan itu menggunakan digital untuk mengexpresikan kepentingannya dan hanya 26% yang menggunakan digital untuk informasi penting dan pendidikan. Bagaimana yang lainnya? Kemungkinan sebagian besar lainnya hanya berkutat dalam bidang media sosial. 

Dalam segi pendidikan , hanya beberapa sekolah di tingkat provinsi yang sudah menggunakan komputer untuk pembelajaran ICT atau Teknik Komputer. Sementara di daerah terpencil lain di Indonesia, masih belum ada komputer. Hal ini menimbulkan kesenjangan jumlah pengguna internet hanya di beberapa tempat di Indonesia saja.

 Selain dalam bidang pendidikan, di bidang usaha pun terjadi kesenjangan. Pelaku usaha dengan pola konvesional merasa sudah nyaman karena menganggap tidak ada keuntungan untuk menggunakan digital . Mereka tidak memahami bahwa para kompetitor di dunia global sudah siap dengan teknologi digital untuk ekspansi penjualan berskala internasional dan berorientasi expor . 

Lalu bagaimana dengan pengusaha online atau UMKM yang belum siap ? Tidak mungkin hanya bertahan dengan bisnis yang skalanya hanya lokal saja, karena pangsa pasar itu sudah sedemikian luasnya. Akhirnya, para pengusaha UMKM harus menguasai teknologi digital yang mampu  menguasai pasar.  Satu-satunya jalan dengan memiliki website yang handal.

Bagaimana kita mengambil sikap dalam hadapi tantangan Revolusi 4.0? 

Agar supaya kita tidak tergilas atau istilahnya disruptif, kita harus secepatnya menggunakan kesempatan ini untuk menjadi pengusaha online yang punya kompetensi dengan menggunakan  website yang mampu diakses banyak orang (traffik yang tinggi) dengan kecepatan yang cepat.

 Bagi pebisnis online yang sudah punya situs atau web, perlu dikaji lagi untuk mempercepat akses dan keamanan dalam penggunaannya. Kadang-kadang kita tidak menyadari kenapa website kit tidak dapat mengoptimalkan jumlah trafik dan pembeli.   Keraguan itu disebabkan karena website kita belum memiliki hosting yang prima,  fitur yang lengkap yang mampu mempercepat akses, juga keamanannya.   Padahal semua itu dapat  mempermudah dalam pengelolaan. 

Niagahoster sebuah platform penyediaan hosting yang telah berpengalaman dalam menyediakan semua keperluan Anda dalam meningkatkan hosting website Anda.

Salah satunya adalah LiteSpeed. di website Anda. 
niagahoster.com

LiteSpeed membuat website memiliki keistimewaan dan manfaat dalam pengelolaannya.

  •   Satu Klik Installasi 

Cukup sekali klik untuk menginstall dan mengkonfigurasi WordPress dari awal hingga selesai. Satu dashboard untuk mengelola beberapa website WordPress. 

  •  Preview Stage dan Test 

Preview uji fitur dan ide baru di sandbox sebelum masuk ke produksi - Tidak perlu plugin, tidak perlu server terpisah.

 • Kelola Website dalam 1-Klik

 Kini Anda bisa login tanpa password. Kemudahan clone, sinkronisasi, auto/manual update, migrasi dan eksekusi masalah kompleks lainnya dijalankan hanya dengan satu klik. Tidak ada lagi proses rumit mengelola website.

  •  WordPress Accelerator

 Niagahoster menggunakan LiteSpeed WebServer yang telah terbukti sebagai web server tercepat di dunia. LiteSpeed juga dilengkapi dengan Plugin WordPress Accelerator yang berfungsi mengoptimalkan kinerja WordPress untuk performa website yang lebih cepat. 

 Apakah Anda ingin memaksimal bisnis online? 

Niagahoster akan mendampingi Anda dalam persiapan hosting . Jika Anda masih belum menemukan pelayanan hosting yang paripurna, maka Anda cukup datang hosting terbaik, Niagahoster.

Di sini Anda dapat temukan layanan Web Hosting terbaik dengan disk space dan bandwith unlimited, technical support 24 jam, Supermicro server, cPanel hosting, Softaculous, dan datacenter tier-4 DCI Indonesia yang canggih di Indonesia. 

Wah, hebatnya pendaftaran domainnya gratis, dan paket yang sangat komprehensif dapat dinikmati seperti migrasi, garansi harga murah, garansi uptime 99.9%, dan garansi 30 hari uang kembali tanpa syarat. Berbagai hosting IIX terbaik yang dioptimalkan untuk WordPress, Joomla, Drupal, dan website PHP. 

Keunggulan dari Hosting IIX: 


  •  Server Indonesia Terbaik 
 Web Hosting dengan Server Indonesia terbaik & canggih yang disimpan di Datacenter tier-4 DCI Indonesia. 

  • Technical Support 24/7
 Bantuan technical support berpengalaman yang siap membantu segala pertanyaan dan permasalahan seputar layanan web hosting yang anda miliki. 

  • Harga Hosting Termurah
 Dapatkan paket Hosting Unlimited Server Indonesia dengan Diskon Terbaik & Jaminan Harga Termurah di Kelasnya.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman