RESOLUSI BISNIS 2019




Menutup tahun 2018 , tentunya sebagian orang akan mengevalusi kembali apa yang telah dilakukannya di tahun 2018. Terutama dalam bidang bisnis, evaluasi akhir tahun penting untuk menentukan strategi pada tahun berikutnya yaitu 2019. Apakah bisnis UMKM distributor elektronik yang telah dijalankan selama tahun 2018 sudah menguntungkan atau justru kurang menguntungkan?

Saat dilihat dari Balance sheet Neraca Profit & Loss tahun 2018, ada penurunan profit dari tahun sebelumnya. Tentunya butuh pemikiran matang untuk mengevaluasi kembali kenapa ada penurunan profit dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


 Setelah menelaah dengan teliti, ternyata ada faktor-faktor yang ditemukan kenapa profit berkurang.

Faktor pertama, makin berkurangnya pembeli yang datang ke toko offline . Pembeli yang setia pun kadang-kadang hanya sekedar menelpon apakah ada barang yang diperlukannya di toko kami? Ketika kami menjawabnya : “Ada. Harganya pun kami sebutkan .” Lalu, pelanggan setia itu tak pernah menghubungi atau datang ke toko”. Ketika kami mencoba menghubungi pelanggan tersebut untuk menanyakan bagaimaan dengan kebutuhan barang yang ingin dibelinya. Jawabannya sangat singkat: “ Sulit yach untuk datang ke tokomu karena macet, selain waktu yang terbuang , juga harganya sudah tidak kompetitif lagi dengan toko online yang sering ada diskon!” 

Faktor kedua, kami kesulitan untuk menghitung jumlah stok . Setiap kali ada penjualan kami harus tulis secara manual. Jika lupa , maka jumlah stok tidak sesuai dengan yang sebenarnya.

Faktor ketiga kami tidak mengikuti punya "tool" untuk menganalisa behaviour kustomer.  Hal ini membuat cara pemasaran kami kurang  efektif .  Apalagi kami tidak menggunakan   teknologi digital, membuat strategi pemasaran tidak tepat.

 Dengan adanya evaluasi yang kami lakukan, kami punya rencana terobosan  atau resolusi di tahun 2019, bekerja secara efektif dan efisien dan harga yang kompetitif. 

Terobosan dalam mengatasi tiga faktor dari penyebab kemunduran bisnis kami :





 Ternyata penjualan melalui offline itu yang jadi hambatan bagi nasabah setia karena mereka harus datang ke toko tempat penjualan. Lokasi toko tempat penjualan itu di daerah yang macet. Untuk mengatasi hambatan ini dibutuhkan penjualan online. Platform B2B Marketplace yang memiliki fitur terlengkap di Indonesia, 250.000 produk dari berbagai supplier dan 2000 vendor.

Nasabah sangat mudah, bertransaksi , terjamin pembayarannya dan transparansi mencari barang yang dibutuhkan dengan hanya akses di webiste Ralali.com.

Fiturnya sangat mudah diakses, user friendly, dan transparansi dari semua produk yang dijual .

Untuk hambatan jumlah stok yang uptodate,fitur menyediakan "tool" untuk mengetahui berapa jumlah stok yang tersedia .


Untuk behaviour kustomer, dengan google analytical dapat diketahui siapa pembelinya, berapa jumlahnya, apa yang disukainya, waktu pembelian kapan.  Semua ini dapat dianalisa dan dibuat strategi untuk kebijakan pemasaran.


Target pemasaran untuk mengexpansi dengan menggaet sejumlah besar pembeli baru. Expansi ini hanya dapat dicapai apabila jumlah pengunjung dari website Ralali.com cukup besar. Ternyata jumlah pengunjung Ralali.com telah mencapai 10,000. Begitu besarnya pengunjung itu terjadi karena hasil transaksi B2B (bisnis to Bisnis) yang dilakukan antara penjual dan pembeli. National network yang sangat luas mempermudah pemasaran . Makin besar dan luas jangkauan pemasaran maka calon nasabah yang bisa digaet pun lebih besar. Selain mempromosikan barang penjual secara online, penjual juga dapat mengikuti training program penjualan. Training penjualan baik itu secara online maupun secara offline. Kesempatan yang sangat besar bagi kami untuk memperbaiki kualitas pemasaran yang selama ini kurang memenuhi target. 

Pemasaran dengan menggunakan Ralali.com menggunakan teknologi yang menunjang untuk mendapatkan jaringan bisnis , mendapatkan order dalam jumlah yang sangat luas, bernegosiasi dengan calon pembeli secara online , bahkan membangun kepercayaan kepada pembeli. Penjual akan dilengkapi dengan “sales report” yang sangat bermanfaat untuk mengupdate penjualan supaya forecast penjualan pun mudah dilakukan.

 Ditambah dengan kemudahan menjual hanya dengan 6 langkah saja.

 Ke-6 langkah itu meliputi :
 1. Daftar sebagai penjual ;
 2. Listing produk yang dijual (pricelist & stock data dan update stock); 
 3. Sistem order barang ;
 4. Pengiriman barang yang dapat ditracking ;
 5. Sales Report yang lengkap
 6. Share testimoni. 

Mengenal lebih dekat Ralali.com

Dokumen pribadi
Siapa yang belum berkenalan dengan Ralali.com? Bagi yang sudah berbisnis secara UKM atau perusahaan pasti sudah mengenalnya karena Ralali.com adalah sebuah platform terbesar di Indonesia ,dibangun di tahun 2013. 

Sebuah  B2B marketplace yang menghubungkan antar distributor online dan pembeli korporasi online . Ralali.com juga menyediakan harga grosir bagi para pembeli korporasi online Membantu para distributor online untuk mengexpansi bisnisnya secara online karena jaringannya yang sangat luas sehingga para penjual dapat bertemu dengan calon pembelinya dari segala penjuru Indonesia . 

Dengan fasilitas yang lengkap yaitu sales report, program training, metode pemasaran yang baik, maka penjual atau distributor dapat meraih keuntungan lebih besar . Strategi pemasaran dan luasnya network itu jadi keuntungan. Juga bagi buyer pun mendapatkan keuntungan besar karena dapat memperoleh penjual yang dapat dipercaya, pembelian kualitas produk tinggi, mudah mengakses platform itu dan pembelian itu dapat dijamin sampai ke tangan pembeli sesuai yang diinginkan. 


Ayo, sukseskan Resolusi Bisnis 2019mu dengan menjadi Seller atau Buyer di Ralali.com

Tidak ada komentar