Supermarket “Gratis” di Australia


https://www.dw.com/id/
Barangkali kita akan merasa heran dan aneh atau merasa tidak yakin ada Supermarket Gratis di Australia. Tepatnya supermarket gratis ini bernama , The Inconvenience Store, lokasi tepatnya di Thornbury, Melbourne. 



https://www.vice.com/
Di supermarket gratis ini Anda dapat menjumpai barang-barang yang mudah busuk, seperti ikan, buah-buahan, sayuran, crackers, roti yang tidak berlabel. Barangnya jika dilihat secara fisik tidak sebagus dengan bahan yang masih fresh. Namun, semua bahan makanan yang dijual secara “free” di toko ini dijamin tidak berbahaya bagi kesehatan karena apa yang ada dijual bebas ini sangat ketat diawasi dalam hal “best buy”. Ada ketentuan dalam penerimaan barang/bahan yang diterima dari supermarket besar itu bahwa barang itu harus masih dalam jangka “best buy” bahkan jika “before date” lebih baik, tetapi tidak diperboleh untuk memberikan barang yang sudah “past date “ atau “expiry date”.


Tempat Donasi  Sumber: 
https://www.vice.com/
 Siapa yang dapat membeli? Semua orang, meskipun Anda seorang kaya pun, jika Anda menganggap memerlukan bahan atau sayuran atau daging yang sudah mendekati expiry date, Anda dapat datang ke supermarket gratis  gratis itu tanpa membayar, tetapi diharapkan memberikan donasi. Donasi yang diberikan secara sukarela dan dimasukkan dalam sebuah kotak , tanpa dijaga oleh siapa pun (tidak ada pegawai secara khusus yang mengawasi pembayaran Anda).

 Dari mana Supermarket “Inconvenience Store “ ini mendapatkan bahan-bahan yang dijual secara gratis itu? Mereka mendapatkannya dari supermarket besar. Setiap hari supermarket besar akan mengecek dan mengawasi bahan-bahan terutama bahan-bahan makanan, seperti sayuran, buah-buahan, cracker, makanan/minuman kaleng yang tidak mudah rusak, kacang-kacangan, sereal, snack. Petugas supermarket memastikan label bahan itu tidak boleh melewati jangka waktu “best buy dan expiry date. 

Pengawas kualitas kontrol itu apabila menemukan bahan yang sudah melewati jangka waktu best buy , langsung dibuang ke tempat sampah. Apalagi jika sudah expiry date tentu harus dikeluarkan dan dibuang ke tempat sampah. 

Perbedaan antara best buy dan expiry date , “best buy” adalah batasan kualitas untuk suatu bahan makanan, contohnya telur, makanan kaleng, makanan atau minuman beku, makanan kering, susu. Kualitas bahan makanan tidak berubah sebelum tanggal yang ditentukan. Namun, jika produk itu ingin dikonsumi melewati tanggal best before, maka harus perhatikan warna, tekstur, aromanya. Biasanya seperti pisang, yang tertera best buy before 1 January, tetapi setelah tanggal 1 January walaupun tekstur sudah berubah, pisang itu masih dapat dimakan karena tidak membahyakan. 

Expiry date adalah tanggal kadaluarasa pada suatu produk misalnya 1 January 2018, maka setelah tanggal tersebut produk itu tidak boleh diklonsumis lagi karena dapat membahayakan tubuh. Produk yang melewati expired date akan mengelami perubahan pada rasa warna ,aroma dan tekstur. 

 Dengan banyaknya bahan-bahan yang dibuang di tempat sampah oleh sampah rumah tangga dan supermarket, maka Pemerintah Australia membuat terobosan baru. 

Ide bagus yang mereka implementasikan oleh Karli Verghese, ahli pengolahan sampah dari RMIT University yang membuat gerakan “Supermarket Gratis”. Dengan adanya supermarket gratis , sampah buangan dari rumah tangga dan supermarket yang awalnya bernilai hampir AUD 20 milyar , dan separuhnya disumbang oleh sampah supermarket sebesar USD 10 milyar, akan berkurang menjadi AUD 10 milyar.

 Ide yang brilian itu bukan hanya bermaksud untuk mengurangi limbah sampah saja, tetapi juga untuk mengedukasi masyarkat agar mereka tetap membeli bahan yang masih dipakai artinya tidak foya-foya atau bermewah membuang makanan yang masih baik kualitasnya. Saat ini sumber pangan akan berkurang karena perubahan iklim dan sebagainya. 

Tujuan sangat luas selain “Zero Waste” untuk mengurangi sampah, tetapi juga ada dampak sosial yaitu perubahan mindset dari masyarakat agar mereka dengan sadar mau mengkonsumsi barang /bahan yang masih dapat dipakai. 

 Supermarket gratis itu tidak punya  pegawai, semua orang belanja mengambil sendiri dan membayar dengan uang donasi di kotak yang disediakan. Tanpa ada kasir sama sekali. Namun, tetap diperlukan beberapa volunteer yang mengkordinasikan pengumpulan dan penerimaan barang/bahan dari supplier besar untuk kemudia meletakkannya di tempat yang ditentukan. 

Oleh karena itu bagi warga Melbourne yang ingin jadi volunteer, mereka bisa mendaftarkan diri.Suatu kesadaran diri yang dipupuk untuk bisa membantu untuk membantu memperlancar proses distribusi dari bahan makanan yang dibeli gratis di Supermarket Gratis.

Tidak ada komentar