Sesuaikan Liburan dengan Budget yang Disiapkan


google.com

Liburan panjang, jika tidak kemana-mana tentunya akan bosan di rumah saja. Tetapi jika harus ke luar rumah, biaya untuk berlibur saat ini memang cukup mahal. Terlebih jika liburan saat “peak season” dimana setiap orang berlibur . Ketika “peak season” harga transportasi pesawat terbang, kereta api, mobil serta akomodasi akan mahal , hampir dua kali lipat dari harga normal.

 Menyiasati hal itu, tentunya kita perlu mempersiapkan liburan dengan sangat teliti dan saksama. Jangan sampai pulang liburan kita dibebani dengan “hutang” kartu kredit yang masih harus dibayar. 


Sederhananya ketika 6 bulan sebelum berlibur di suatu tempat, kita perlu survey berapa harga akomodasi, transportasi dari tempat tinggal ke tempat tujuan dan tempat liburan. Juga biaya untuk makan.

Berikut ini adalah yang penting untuk pembuatan budget liburan : 

  1.  Tentukan destinasi: Sangat penting karena dengan adanya destinasi, Anda dapat menentukan semua biaya untuk pergi dan pulang serta tempat2 yang dikunjungi. Destinasi yang bukan sekedar instagram saja. Perlu survey beberapa orang yang pernah mengunjungi tempat destinasi. Kadang-kadang tempat yang indah instagramable belum pasti menarik atau bagus seperti kenyataannya. 
  2.  Biaya Transportasi Setelah destinasi ditentukan, hitung berapa transportasi (misalnya pesawat dan mobil saat liburan) atau jika menggunakan mobil sendiri tentukan berapa biaya untuk service sebelum dipakai dan biaya pemakaian bahan bakar, tol . Biaya pesawat, kereta dan mobil itu harus diperhitungkan pergi dan pulang , ditambah dengan biaya transportasi ke tempat liburan.
  3.  Biaya akomodasi: setelah mendapatkan tiket baik itu pesawat atau kereta api, bookinglah akomodasi hotel karena  jika hari liburan itu jelang libur panjang atau long week end akan sulit mendapatkan dan harga juga mahal. Pilihan hotel sebaiknya dipertimbangkan dengan lokasi yang strategis dengan tempat liburan yang akan dikunjungi atau tempat untuk makan sehingga tidak menambah biaya untuk menuju ke tempat kuliner. Juga hotel yang dipilih sebaiknya yang sesuai dengan budget . Biasanya harga-harga akomodasi hotel akan melambung dari biasanya apabila liburan diadakan "high season".
  4.  Biaya Makan: untuk mudahnya , estimasi sekali makan untuk tiap orang berapa biayanya. Lalu dihitung berapa hari kita menginap , jika 2 hari artinya 6 kali makan. Tetapi karena biasanya makan pagi di hotel sudah termasuk, maka hanya 4 x makan x 40.000 (contoh harga sekali makan) = 160.000 per orang. 
  5.  Biaya lain-lainnya: biasanya untuk oleh-oleh atau biaya mendadak jika ada yang sakit harus ke dokter dan beli obat.

 Setelah semua dihitung mulai dari 1 sampai dengan 5, dijumlahkan, kira-kira akan menghabiskan katakan Rp.15.000,000 . Jika kita akan menabung selama 6 bulan, maka usahakan untuk menabung tiap bulan sebesar Rp.2.500.000 

 Sebaiknya untuk membayar biaya liburan dengan dana liburan yang bisa diambil melalu rekening tertentu. Jangan gunakan kartu kredit, karena cashflow Anda akan terganggu, dengan pembayaran kartu kredit jika dana liburan belum dipersiapkan. Kecuali dana liburan sudah dipersiapkan, hanya media kartu kredit saja yang digunakan, itu tidak mengganggu cash -flow.

Tidak ada komentar