Selamatkan Jantungmu dengan Pola dan Gaya Hidup Sehat

www.inatanaya.com

Kabar duka cita datang secara mendadak. Mike Mohede dipanggil pulang ke rumah Tuhan dalam usia yang sangat muda, 32 tahun. Semua orang merasa heran , kelihatannya sehat-sehat saja, tidak ada tanda-tanda sakit kok tiba-tiba meninggal. Barulah setelah mendapat visum dari RS. Premier Bintaro, diketahui bahwa Mike meninggal dunia karena sakit jantung. 

Orang sering mengatakan bahwa sakit jantung datang secara tiba-tiba. Ternyata hal ini tidak benar. Datang mendadak atau tanpa gejala itu pasti adanya penyebab yaitu komplikasi dari penyakit yang lain seperti Diabetes Melitus.Apabila penderita diabetes Melitus itu tak terkontrol atau memiliki historis hipertensi, ketika melakukan aktifitas secara tiba-tiba ada sesuatu seperti masuk angin umumnya di dada sebelah kiri. Ini jangan dianggap sepele karena siapa tau justru ini Anda sedang mengalami serangan jantung tanpa gejala atau yang disebut dengan (Silent Miocardial Infaction).

Agar supaya kita tidak terlambat mengantisipasi, maka kita perlu mengetahui apa penyakit jantung itu:

Tugas dan fungsi dari pembuluh darah arteri koroner ( Coronary arteris) adalah mengalirkan darah dan oksigen ke jantung. Serangan jantung terjadi saat darah yang membawa oksigen menuju otot jantung itu berkurang atau terhenti. Saat pembuluh darah arteri koroner mengalami penyempitan, jantung kita akan menerima darah yang kurang cukup terutama saat kebutuhan meningkat pada saat aktivitas fisik. Akibatnya kita merasakan nyeri dada atau sesak napas. 

Kenapa pembuluh darah arteri koroner bisa menyempit? Ini disebabkan oleh plak kolesterol robek, kurangnya aliran darah dalam jantung akan merusak otot jantung. Jika kita tak cepat mendapat pengobatan, maka jantung akan mengalami kerusakan dan tak sanggup mem[ompakan darah yang cukup ke seluruh tubuh. Hal ini sering disebut arterosclerosis.

Arterosclerosis adalah penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol di dinding pembuluh darah. Apabila suatu pembuluh darah koroner menjadi begitu sempit hingga sebagian otot jantung tidak mendapat supply darah atau oksigen yang cukup akan menyebabkan nyeri dada atau angina pektoris. Apabila pembuluh darah tersumbat seluruhnya maka sebagian dari otot jantung yang tidak dapat suplai darah akan rusak akan terjadi serangan jantung. Bila serangan meliputi daerah yang luas di jantung maka dapat menjadikan mati mendadak

Ciri-ciri risiko penyakit jantung:

 1. Apakah anda: Pria > 45 tahun atau Wanita > 55 tahun 
 2. Apakah anda merokok 
3. Apakah anda kelebihan berat badan
4. Apakah anda jarang berolah raga 
5. Apakah tekanan darah anda 140/90 mmhg atau lebih 
6. Apakah ada riwayat keluarga terkena jantung 
7. Apakah Anda penderita diabetis yang pernah mengalami komplikasi
8. Apakah Anda sering stres , emosi tidak terkendali

Jika jawabannya sebagian besar “YA” maka resiko besar Anda terkena sakit jantung besar. Jangan tunda untuk konsultasi ke Dokter dan mulai hidup dengan gaya hidup sehat.

Lalu bagaimana untuk mencegah dari sakit jantung. Jawabannya mudah loh, dengan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan yang sehat. Masalahnya adalah kita sering tak konsisten melakukan gaya hidup dan makanan yang sehat. 

Apa itu gaya hidup yang sehat?

www.inatanaya.com

 

  •  Tidak Merokok:

Bahaya merokok sangat buruk karena menjadi penyebab pembuluh penyebab penyakit pembuluh darah jantung. Asap yang ditimbulkan oleh perokok baik dari asap utama akan dihirup langsung oleh perokok, sedangkan asap samping akan dihirup oleh orang lain atau disebut perokok pasif. 

Dari 4.000 jenis bahan kimia dalam rokok ditemukan ada 40 jenis di antaranya bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Asap samping juga sangat membahayakan karena merupakan bahan racun. Jika kita  bertahan di ruang rokok maka kita akan menghirup benzopiren 3 kali, dan amoniak 50 kali. Saat kita mengisap nikotin dan CO, hal ini akan mengganggu supply oksigen ke otot jantung sehingga merugikan kerja otot jantung karena kekurangan oksigen. 

  •  Hindari stres: 

Hidup di semua kota di indonesia pastinya sulit dalam  menghadapi stres. Mulai dari bangun pagi mau berangkat kerja, transportasinya berjubel. Lalu lintasnya sudah sangat padat , macet. Belum lagi di kantor, nanti ada berbagai masalah dengan terlambat buat laporan dimarahin atasan, tidak mencapai target juga jadi sasaran kemarahan . Hadapi semua permasalahan dengan sikap yang positif. Rubah mindset agar kita tak kesal, marah, dan takut tidak tercapai target dan sebagainya. Kelola mindset kita untuk menghadapi kenyataan yang tidak dapat kita hindari. 

  • Awasi tekanan darah: 

Tekanan darah , lingkar Pertu (TB, BB), kolesterol, gula darah, jadi bagian yang sangat penting dalam penyakit degenaratif. Untuk itu pola makan yang seimbang gizi maupun kolesterol harus diperhatikan secara cermat. (lihat pola makan sehat) 

  • Teratur dan terukur berolahraga:

 Manfaat berolahraga itu sangat penting sekali untuk mencegah agar sel tubuh kita yang berfungsi mengalirkan darah ke jantung itu terhadang dengan zat beracun maupun pembentukan kolesterol. Juga untuk meningkat kelancaran pembulah darah saat kita berolahraga. Dengan olahraga lemak akan dikeluarkan dan membantu sel endotel lebih sehat.

Manfaat lainnya olahraga dapat menurunkan kadar glukosa darah, menurunkan berat badan, ,encegah kegemukan, mengurangi kemungkinan timbul komplikasi Berolahraga dengan teratur 7 hari atau setiap hari dalam jangka waktu 30 menit. Zona sasarannya 75-85% denyut nadi maximal . 

Mengatur Pola Makan dengan Menu sehat:


 Kolesterol: Seringkali orang tak menyadari bahwa makanan seperti daging dengan santan yang kental dibuat rendang memang enak sekali tetapi kolesterol tinggi . Ini akan berakibat fatal jika lemak sudah melebihi >200 mg. 

  • Lemak Jenuh vs Lemak Tak Jenuh

 Ada yang beranggapan bahwa semua lemak itu tidak baik. Hal ini tak benar, ada lemak yang baik disebut lemak tak jenuh dan ada yang jahat disebut Lemak Jenuh. Lemak jenuh atau lemak jahat itu dapat membuat kita terserang penyakit berbahaya. 

Lemak jenuh dihasilkan oleh makanan-makanan yang merupakan produk dari hewan. Makanan yang mengandung lemak jenuh sangat disukai oleh semua orang karena cita rasa lezat tetapi di pihak lain membahayakan kesehatan. Orang sering menyebutnya dengan HDL. 


Kita dapat menjumpai makanan yang mengandung lemak jenuh di produk makanan instan, seperti mie atau makanan cepat saji lainnya. Tetapi, jika anda berbicara soal sumber makanan, makanan yang mengandung lemak jenuh erat hubungannya dengan hewan, misalnya daging merah, daging babi, dan minyak goreng. Oleh karena itu hindarilah dan kurangilah makanan yang mengandung lemak jenuh. 


Lemak tak jenuh atau lemak baik Lemak yang biasanya berbentuk cair dan dikenal bisa menurunkan kolesterol dalam darah ini dibagi menjadi 2, yaitu lemak tunggal dan lemak ganda. Lemak tak jenuh tunggal contoh nyatanya adalah minyak zaitun dan almond. Sedangkan, lemak tak jenuh ganda bisa anda lihat dari daftar makanan yang banyak mengandung omega 3 dan omega 6, misalnya; kedelai, ikan salmon, margarine, dan minyak jagung. Jangan khawatir, ketika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh, kesehatan anda tetap bisa terjaga dan tidak akan terkena obesitas.


 Lemak Trans: 

Salah satu lemak tak jenuh yang ditemukan di alam tetapi disentesis secara buatan. Lemaknya telah mengalami perubahan akibat pemasakan. konsumsi lemak trans meningkatkan risiko penyakit jantung kororner dengan meningkatkan kadar lipoprotein berdensitas rendah (LDL) dan menurunkan liporpotein berdensitas tinggi (HDL). 

Makanan yang mengandung lemak trans dan harus dihindari :

  • Makanan instant: Makanan-makanan instant seperti ayam goreng cepat saji, kentang goreng cepat saji, pie atau aneka cake mengandung lemak trans yang berfungsi mengawetkan, memperkuat tekstur dan menguatkan citarasa makanan. Selain itu, lemak trans dalam makanan juga didapatkan di minuman kemasan cepat saji, martabak, kue tart, crackers, donuts, sandwich dan lain sebagainya
  •   Makanan yang Digoreng Makanan yang digoreng menggunakan minyak jelantah atau minyak yang sebelumnya dipakai berkali-kali untuk menggoreng makanan lain.
  •  Es krim Untuk mengawetkan rasa es krim, produsen umumnya menggunakan lemak trans hingga 0.5 gram per porsinya.
  •   Makanan Panggang yang Dibekukan Pembekuan makanan panggang yang ditujukan untuk pengawetan menyebabkan munculnya lemak trans dalam makanan tersebut.
  • Biskuit Lemak trans utamanya dicampurkan dalam biskuit sebagai pengawet sehingga biskuit tetap bisa dikonsumsi walaupun sudah diproduksi berbulan atau bertahun-tahun sebelumnya. Bahaya pengawet makanan ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh.
  •  Margarin dan Mentega Seperti yang disebutkan sebelumnya, pemadatan minyak sayur hingga berbentuk mentega atau margarin menyebabkan mentega memiliki kandungan lemak trans.
  •  Popcorn Popcorn yang diolah secara alami tidak mengandung lemak trans. Ini berbeda dengan popcorn kemasan yang mengandung lemak trans untuk mengawetkan rasa dan memberi sensasi krispi (renyah). 

Secara ringkas , yuk kita melakukan Pola makan sehat untuk mencegah risiko penyakit koroner dan penyakit pembuluh darah dengan:

  •   Diet meliputi 20-25% total lemak, < 7% dari lemak jenuh, < 200 mg kolesterol .
  •  Gunakan lemak jenis lemak tak jenuh tunggal (minyak zaitun, minyak wijen, minyak kelapa sawit) dan lemak tak jenuh ganda (kacang, jagung, kedele) .
  •  Konsumsi tinggi serat larut air dari sayuran,cereal dan buah-buahn 25-30 gr per hari . 
  •  Konsumsi protein nabati, kacangan-kacangan .
  •  Gunakan bahan alami yang mengandung: Antioksidan, asam folat dan asupan Omega, asupan lemak tidak jenuh, asupan serat larut air .
  •  Hindari penggunaan lemak trans G . 

Untuk sehat seharusnya kita harus mengikuti gaya hidup dan pola makan yang sehat. Lakukan sebelum terlambat! Selamatkan jantung kita dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

 Tulisan ini diikut-sertakan dalam Lomba "Gaya Hidup Sehat Untuk Jantung Sehat" 

Sumber referensi:
 • Diabetes Melitus dan Penyakit Jantung Koroner oleh Dr. Febtusia Puspitasari 
• Awet Sehat oleh Dr. Phaidon L. Toruan M.M. dan Dr. Widaya Murni, MARS 
• Acute Coronary Syndrome by American Heart Association

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman