MENATA SISA THR, USAI LEBARAN

hipwee.com


Usai Lebaran, masih ada sisa-sisa liburan anak sekolah, masih ada persiapan buat anak yang harus masuk perguruan tinggi maupun mereka yang masuk ke tingkat lebih tinggi dan butuh dana khusus. Namun, apakah masih ada sisa-sisa THR di dompet setelah lebaran usai? 

Pertanyaan yang perlu dijawab dengan segera karena masih ada waktu 7 hari untuk gajian akhir bulan. Jangan andalkan uang gajian untuk mengganti uang lebaran yang sudah habis karena uang gajian bulan juni artinya untuk pengeluaran bulan juli. 

Justru  kita sekarang sedang  evaluasi  keuangan apakah THR Lebaran yang selayaknya dialokasi untuk dana darurat dan alokasi investasi sudah digunakan tepat porsinya atau justru THR habis masih ada utang-utang kartu kredit atau utang lainnya seperti pengeluaran bulan Juni yang belum terbayarakan, listrik, kartu kredit, asuransi dan lainnya. 

Libur panjang selama Lebaran, dimana perbankan atau pelayanan publik libur panjang, maka cek kembali keperluan penting selama bulan Juni yang belum sempat dibayar misalnya listrik, asuransi, pajak motor/mobil , air apakah sudah terbayarkan atau belum? Kebutuhan bulan juni yang seyogyanya diambil dari pos gaji bulan Juni jangan sampai disalah gunakan untuk kebutuhan liburan anak yang masih panjang. Bayarkan dulu kebutuhan primer bulan Juni setelah ada sisa baru digunakan untuk liburan anak.

Untuk mereka yang masih memiliki utang, sebaiknya lakukan sebagai berikut ini:
  1.  Periksa dulu sumber penyebab bocornya pengeluaran keuangan . Kita harus merinci dimana letak kebocorannya. Apakah lupa memasukkan ke pos sehingga menggunakan kartu kredit sebagai penggantinya?
  2.  Apakah kita menggunakan pengeluaran mudik dari dana darurat? Jika benar, maka segera harus dikembalikan ke pos dana darurat agar setiap kali ada keperluan darurat maka tersedia dananya.
  3.  Apakah Anda menggunakan kartu kredit selama Lebaran? Jika benar, harus segera lunasi pada tagihan bulan berikutnya sebelum jatuh tempo. Gunakan sisa uang yang ada untuk melunasinya. 
  4.  Dalam ilmu perencanaan keuangan maksimal utang adalah 30% ari pendapatan supaya keuangan sehat. Nach hitung kembali bagi mereka yang jalan-jalan ke luar negeri pada saat Lebaran, apakah hutang kartu kredit Anda itu melebihi dari alokasi dari pendapatan , usahakan melunasinya tanpa sisa hutang karena sisa hutang itu akan membebankan Anda dengan bunga berbunga yang cukup besar. 
  5.  Jika THR habis , dan tidak ada kesempatan untuk alokasi investasi, maka siapkan dana untuk investasi pada bulan berikutnya . Sayang sebenarnya jika THR tidak bersisa dan tidak ada investasi sama sekali. 
  6.  Agar tidak boros, selalu membedakan antara kebutuhan dan keinginan.
  7.  Membuat bujet bulanan bagi setiap anak, berapa transport, uang sekolah dan uang SPP yang harus dipersiapkan , apalagi yang akan masuk ke perguruan tinggi. 
  8.  Untuk yang sudah memiliki bujet bulanan dan harus membayar SPP dan uang masuk ke perguruan tinggi bulan Juli, siapkan dan jangan sampai digunakan untuk kebutuhan yang lainnya. 
  9.  Bijaksana dalam penggunaan bujet THR untuk tahun depan.