BERBURU TIKET PESAWAT LEBARAN


SoloTrust.com

Persiapan untuk lebaran memang menjadi ritual baik bagi Pemerintah dan Pemudik. Bagi Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan telah menyiapkan 532 pesawat terbang untuk melayani pemudik pada lebaran 2018 nanti.  Berburu tiket pesawat perlu persiapan yang sangat detail.

 Persiapan telah sangat matang sejak sebulan yang lalu. Apalagi libur lebaran kali ini sangat panjang sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri , Hari Raya Idul Fitiri akan dirayakan 15-16 June 2018, sedangkan cuti bersama akan 13-14 June 2018 dan 18-19 Juni 2018.

 Semua maskapai yang melayani penerbangan sudah mempersiapkan dan menyediakan jumlah pesawat tambahan. Demikian juga, persiapan suku cadang jika ada pesawat yang rusak.

 Tiket

 Lebaran Pemudik pun tak kalah sibuknya dalam mempersiapkan lebaran. Mereka yang ingin mudik dengan pesawat sebaiknya juga sudah pesan tiket pesawat 4-5 bulan sebelum keberangkatan.

 Semakin jauh hari membeli tiket pesawat, semakin harganya tidak mahal. Harga Lebaran sudah dipastikan berbeda dengan harga normalnya untuk semua kelas. Walaupun jumlah pesawat dan cadangan cukup untuk mengangkut penumpang yang diprediksi akan meningkat dalam pekan depan sebanyak 5 juta , tetap saja, diharapkan pemudik menyiapkan diri untuk membeli lebih awal. 

Ketika membeli tiket lebaran harus mendadak karena sesuatu hal, pastikan Anda sudah mengantongi cukup uang untuk menambah extra uang karena harga mahal yang dikenakan tiket memang suatu risiko yang harus ditanggung.

 Persiapan Berangkat ke Bandara 

Sebaiknya tidak berasumsi bahwa telah membawa tiket pesawat berarti aman. Perjalanan dari rumah menuju bandara adalah perjalanan yang juga perlu diperhitungakan. Oleh karena itu lebih aman jika Anda memperkirakan berapa durasi perjalanan dari rumah ke bandara di kala macet ditambah dengan waktu untuk check-in atau jika sudah check-in antrean untuk verifikasi tiket. 

Check-in : 

Untuk keamanan agar tidak terburu-buru pada saat antrean panjang untuk masuk maupun check-in 24 jam sebelum terbang, sebaiknya Anda sudah melakukan check-in secara online atau counter dari agen penerbangan resmi. 

Bawaan Barang 

Barang yang dibawa sebaiknya tidak perlu banyak, secukupnya saja . Bawaan di bagasi akan membuat kerepotan yang cukup berarti. Bukan hanya repot tetapi jika overweight lebih dari 20 kg akan dikenakan biaya tambahan. Pada saat mengeluarkan bagasi pun, kita akan mengeluarkan dengan repot sekali karena beratnya dan banyaknya bagasi penumpang lain yang juga membawa barang-barang.