HIDUP ENAK, SEHAT BERSAMA SOYJOY


Ketika bertemu dengan seorang ex-kolega teman kerja saya, dia mengatakan bahwa aku kelihatan lebih segar. Selanjutnya dia masih penasaran, dulu kamu sangat stres saat bekerja kok sekarang lebih awet muda dan senang. “Apa rahasianya dong?” tanyanya. 

HIDUP   ENAK:

Senam Tera Kepodang. Sumber : Dokumen Pribadi

Saya hanya tersenyum simpul mendengar komentarnya.”Serius nich!” aku pengin tau, kok aneh biasanya orang pensiunan itu lama-kelamaan juga stres ngga punya uang!” “Ok, saya ceritakan rahasia hidup enak saya . Sekarang saya pagi-pagi punya kegiataan yang sangat dambakan sejak dulu, olahraga senam tera. 

Dengan senam tera, saya berolahrga teratur dari hari Senin hingga Sabtu, dari jam 6.15 pagi hingga jam 7.30. Manfaat senam ini buat saya , badan saya jadi bugar dan ngga usah minum obat lagi karena saya itu pengidap insomnia, susah tidur malam. Sekarang tidurnya nyenyak banget. Nach, bukan hanya senam yang dilakukan tapi juga gaya hidup sehat yang lainnya saya lakukan. Pola makan masak sendiri, tidak lagi sembarangan seperti dulu, jajan di foodcourt, di pinggir jalan mulai dari ayam bakar, ikan bakar. Satu lagi yang membuat makanan jadi terkendali adalah ketika saya berada di rumah, cemilan pun dibatasi ngga mau lagi makan cemilan yang membuat gula darah naik dan nafsu makan terkendali. Cemilan itu adalah SoyJoy.

GAYA HIDUP TIDAK SEHAT:

google.com

Orang sering mengatakan bahwa hidup itu hanya sekali , harus makan yang enak. Ngga usah pikirin yang rumit tentang makanan. Kita harus mawas diri karena investasi terpenting saat ini adalah kesehatan. Kenapa? Ternyata menurut statistik menunjukkan bahwa penyakit di Indonesia yang dulu di tahun 1990-an adalah TBC, Jantung, Stroke, Diare sekarang sejak tahun 2013 telah berubah menjadi kanker, jantung, stroke, diabetes, TBC. Penderita Penyakit diabetes di Indonesia mencapai 4.5 juta (tahun 1995) dan Indonesia masuk dalam peringkat ke-7 dari 10 negara-negara besar penderita diabetes.  Penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat (makanan, snacking, tidak berolah-raga)
Shintaries dan Vania Ratnasari . Sumber:  youtube.com

GERAKAN #4JENGKAL:


Saya mendapatkan kesempatan istimewa untuk mendengar secara langsung dari pakar  SoyJoy.   Undangan untuk menghadiri gathering dalam rangka hari Diabetes Nasional dan hari Kartini . Diadakan atas kerja sama Blogger Perempuan Network dengan SOYJOY. 

youtube.com

SOYJOY dengan tagline terbarunya , gerakan #4jengkal , diperkenalkan oleh Vania Ratnasari Fauzia selaku Brand Communication Executive SOYJOY.  Apa itu gerakan #4jengkalBegini, ayo kita lipat ketiga jari telunjuk,tengah, manis, dari dua tangan. Tinggal dua jari yang muncul ? Ibu jari dan kelingking. Lalu lingkarkan kedua jari dari dua tangan itu dengan titik sentral dari pusar kita. Hitung hingga 4 kali jengkal . 

Apabila lingkar badan kita melebih dari 4 kali jengkal artinya kita masih belum aman untuk penyakit diabetes. Mudahnya ukuran empat jengkal tangan itu adalah 80-90 cm untuk ukuran ideal lingkar perut. Jika perut kita sudah buncit melebihi dari empat jengkal, sebaiknya kita perlu berhati-hati dalam pola makan kita karena salah satu penyebab obesitas dan diabetes, dikatakan oleh Seala Septiani, S.Gz, Gizi selaku nutrion dan health consultant. 
Nila BMI saya 19.18   Sumber: Dokumen pribadi

Saya beruntung mendapat kesempatan untuk check BMI . Fungsinya untuk check hasil BMI kita apakah sesuai dengan klasifikasi normalnya seharusnya 17.47 . Hasil dari nilai BMI saya 19.18. Wah masih dalam range normal (untuk normal 18.5-24.9). 

 Perbanyak makan serat , kurangi konsumi karbohidrat. Karbohidrat tinggi seperti nasi putih, mie, kentang goreng, berbagai macam gorengan. Bahayanya jika makan karbo tinggi yang dirubah jadi gula, jika gula darah dalam tubuh tinggi, dan di simpan terus dalam lemak, akan meninggkatkan risiko jadi diabetes.

Solusi yang diberikan oleh Mbak Seala adalah dengan perbaikan pola makan, kurangi karbo, manajemen snacking, pastikan bergerak minimal 150 m per minggu. 

Kaitannya dengan manajemen snacking, sering dijumpai snacking jadi penyebab terbesar dari kenaikan berat badan. Kunci suksesnya adalah dengan menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan tentunya butuh snacking yang punya Glikemik  Indeks /Glycemic Index (GI)  rendah .

Ada 3 angka klasifikasi GI . Angka GI adalah angka yang menunjukkan berapa cepat makanan dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh . Ketiga angka GI itu adalah High GI , Medium dan Low . Untuk yang low , terdapat dalam kacang-kacang atau kedelai. 

SOYJOY CEMILAN  HIDUP SEHAT:

 
Sumber:  soyjoy

Nach, perkenalan kita kepada snacking yang sehat yang memilki low atau rendah GI (glikemik indeks) adalah SOYJOY angkanya menunjukkan 19 artinya rendah dibandingkan dengan biskuit gandung (62) dan wafer (68). 
 
Ina dengan Banner SoyJoy. Dokumen Pribadi
Sekarang saya sudah lebih paham bahwa SOYJOY bukan hanya sekedar cemilan biasa untuk mengganjel perut atau pengganti sarapan, makan siang, makan malam. Bukan loh, SOYJOY itu benar-benar bergizi karena terbuat dari kedelai yang kaya serat hadir dalam butiran soy puff. Rasanya renyah, apalagi varian terbaru yang diperkenalkan SOYJOY Crispy varian Vanilla. SOYJOY Crispy dicerna secara perlahan sehingga membuat kenyang lebih lama dan membuat nafsu makan lebih terkendali.
SoyJoy Almond.  Sumber: Dokumen Pribadi

Ngga cuma rendahnya GI, tapi masih ada manfaat lainnya dari snacking SOYJOY
Dokumen pribadi
  • SOYJOY terbuat dari kedelai yang kaya serat dan protein, dicerna oleh tubuh perlahan dan membuat kenyang lebih lama.
  •  Rendah GI (seperti yang dijelaskan di atas)
  •  Gluten-free • Berbahan soy yang non-gmo (non-genetically modified organism) 

Cara makannya dua jam sebelum makan siang atau makan malam. Diatur jarak waktunya karena makanan ini sangat mengenyangkan, jadi ngga perlu banyak cemilan lainnya. Dicerna perlahan-lahan sambil menikmati crispynya dengan rasa varian baru, Vanila. Varian sebelumnya Almond Chocolate, Raisin Almond, Banana, Strawberry dan Hawthorn Berry 

Bagi yang senang dengan cemilan dan pengin hidup sehat , tak perlu khawatir sakit diabetes, dengan makan snacking  SOYJOY cukup 2 kali dalam sehari karena dengan SOYJOY ,gula darah terjaga dan nafsu makan terkendali.