Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

20 Agustus 2017

Pisang Cavendish Sunpride Teman Setia untuk Aktivitas Harianku

http://www.sunpride.co.id/

Pengalaman masih kecil, saya tidak begitu menyukai pisang karena ibuku hampir tidak pernah membelikan buah pisang untuk asupan buah-buah . Kegemaran ibu untuk buah lokal adalah jambu, jeruk, mangga, pepaya dan nanas. Buah pisang jadi alat untuk memudahkan minum obat saat aku sakit . Obat diletakkan ditengah-tengah pisang sehingga aku dapat mudah menelannya.

Saat tumbuh besar, aku tak begitu menyukai pisang. Bahkan jadi momok untuk bisa makan pisang. Menelannya pun sulit sekali karena ada rasa lendir yang sangat menyengat ketika akan masuk ke kerongkongan. Serasa hampir muntah dan aku benar-benar kurang menyukainya kecuali jenis pisang raja. 

Titik balik pun terjadi, ketika saya mendapat gangguan di pencernaan . Tak ada selera untuk makan sedikit pun. Saat melirik di meja makan, satu-satunya makanan  hanya pisang Canvedish Sunpride yang tak kuketahui apa dan bagaimana rasanya. Terlintas dalam pikiran, pisang ini pasti tidak enak. Berbuncah rasa untuk mulai memakannya. Namun, terpaksa pisang ini satu-satunya makanan yang dapat kumakan. Akhirnya, aku merasakan perbedaan antara apa yang kupikir dengan apa yang kumakan. Enak sekali loh rasanya! Benar-benar berbeda dengan pisang jenis ambon, raja. Pisang ini terasa lembut dan lebih manis di mulut , tidak berlendir .

Sejak aku divonis sebagai penderita Irrestisible Bowel Syndrome ( IBS), maka setiap kali pencernaan sedang kumat, makanan yang jadi favoritku adalah oatmeal dan pisang. Makin penasaran kenapa pisang khususnya pisang cavendish bisa merubah paradigmaku. 
Dokumen pribadi

Kuketahui bahwa manfaat pisang itu sedemikian banyaknya: kusebut saja 9 manfaat makan “pisang” yang membuka pikiranku! 
http://www.sunpride.co.id/

  1.  Pisang mengatasi depresi karena tingginya tingkat tryptophan , yang merubah seretonin menjadi brain neurotransmitter mood yang bahagia. 
  2.  Makan dua pisang sebelum olahraga untuk mengencangkan “punch” dan mempertahankan kadar gula darah.
  3.  Melindungi dari kram otot selama oleahrga dan kram kami pada malam hari.
  4.  Mengkounter kehilangan kalsium dan membangun tulang yang kuat.
  5.  Memperbaiki mood dan mengurangi gejala PMS dengan makan pisang, dan sehingga dapat memperbaiki kadar gula dan menghasilkan suasana relax mengurangi stres.
  6. Pisang mengurangi pembengkakan, melindungi diabets type II, alat mengurangi berat badan dan menguatkan sistem syarat, dan bantuan untuk memproduksi cel putih, semuanya karena tinggilnya tingkat vitamin B-6. 
  7. Memperkuat darah dan meringankan anemia dengan zat besi dari pisang.
  8.  Tingginya potassium dan rendahnya kadar garama, pisang secara resmi diakui oleh FDA sebagai makanan yang dapat menurunkan kadar darah dan melindungi terhadap serangan hati dan stroke
  9.  Kaya pectin, pisang membantu dalam pencernaan dan berfungsi sebagai prebiotic, menstimulasi pertumbuhan bakteri yang baik dalam ususl. Juga dapat memproduksi enzymes .
Dokumen pribadi

Setelah mengetahui bahwa pisang itu punya banyak manfaat, masih ada pertimbangan lain, kenapa ngga makan buah makan buah import yang rasanya lebih enak dari pada buah lokal. Mesipun dari segi harga, buah impor pasti lebih mahal dibandingkan dengan harga buah lokal.

 Ketakutan bahwa buah-buahan lokal itu kurang bervitamin dan tidak menarik untuk dimakan adalah sesuatu yang tidak tepat. Jika kita mengamati buah-buahan lokal seperti naga, guava, jeruk ,mangga, nanas, pepaya, pisang, maka buah lokal itu justru lebih banyak kandungan vitaminnya. 

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa buah tropis terbukti lebih unggul kandungan vitaminnya dibandingkan buah subtropics. Kandungan vitamin C dan vitamin A pada buah mangga lokal, misalnya, lebih tinggi 10 kali lipat dibandingkan apel impor.

Dari segi sistem penanaman pun buah pisang cavendish yang benar-benar pisang lokal itu telah terbukti memperhatikan sistem penanganan tanam dengan mutu yang terpadu dan terbaiknya. Sejak saat itu, konsumsi Pisang Pasti Sunpride . Pisang cavendish adalah salah satu komoditas pisang yang telah populer di dunia. Prinsip untuk mengembangbiakkan pisang ini adalah dengan cara kultur jaringan. 

Dari segi fisik pisang cavendish memiliki rasa buah yang manis, lembut dan sedikit asam serta memiliki daging buah yang berwarna putih kekuningan. Kulit buah pisang cavendish sedikit tebal namun berwana kuning halus. Sehingga banyak orang tertarik melihat bentuk fisik pisang ini karena telihat cantik dan bersih. 

Mengenal lebih dekat Pisang Cavendish:
http://www.sunpride.co.id/2016/09/29/pisang-cavendish/

Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia, Pisang Cavendish banyak dikembangbiakan menggunakan metode kultur jaringan. Keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan adalah bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense

Pisang Cavendish banyak dianggap sebagai buah import, kesan tersebut muncul karena kulit pisang yang mulus, rasanya yang manis dan warnanya yang kuning cerah. 

Pisang Cavendish sunpride ditanam dikebun milik group gunung sewu yang ada di Lampung. Kulitnya yang mulus dikarenakan perawatan yang maksimal mulai dari pemilihan bibit dan pengemasannya. 

Pisang Cavendish sunpride memiliki beberapa jenis yang dijual dipasar yaitu cluster, finger dan single. Cavendish cluster terdiri dari 3-8fingers , Cavendish finger terdiri dari 1-2 fingers sedangkan Cavendish single hanya ada 1 finger yang dikemas dalam plastik khusus yang berlubang agar bisa menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan jamur. 

Buah pisang cavendish sunpride sudah jadi salah satu makanan favorit ku, jadi aku tak lagi ragu-ragu untuk memasukkan pisang sebagai list dalam menu makananku. Dalam usia yang tak muda lagi, prioritas pemilihan makanan dari segi manfaat dan bergizi untuk dimakan bukan lagi yang enak dimulut .

 Tulisan ini diikutsertakan dalam#LombaBlogSunprideID #PisangPastiSunpride