Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 Juni 2017

Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa



Banyak keluhan datang dari mereka yang berpuasa karena mereka merasa minder, malu saat berbicara dengan orang lain dikatakan bau mulutnya kurang sedap. Memang ada beberapa hal yang perlu dipelajari mengapa terjadi bau mulut saat berpuasa. 

Menyiapkan diri sebelum puasa agar mulut kita tidak bau , jauh lebih nyaman ketimbang membiarkannya bau mulut yang tidak sedap itu.

 Berikut ini adalah tips yang perlu diperhatikan bagi mereka yang mengalami keluhan itu: 

1.Hindari makanan yang beraroma menyengat:

Hindari makanan beraroma menyengat seperti makan petai, jengkol pada saat sahur atau buka puasa. Aroma menyengat itu tidak keluar saat makan tetapi saat tidak makan atau berpuasa kecenderungannya akan menyengat. Oleh karena itu hindarilah agar bau mulut tak sedap tidak terjadi. 

2. Makan Buah-an segar dan sayur-sayuran. 

Pada saat bukan puasa dan sahur sebaiknya mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti apel, ketimun, blewah dan Selain buah-buahn, konsumsi sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin D dan C sangat bermanfaat bagi pencernaan .

3. Banyak Minum Air PUtih: 

Meminum air putih sebanyak 8 kali dalam sehari . Usahakan minuman air putih karena air putih lebih bermanfaat dibandingkna dengan air gula atau teh . Dengan air putih yagn dikonsumsi pada saat saur dan buka puasa dapat membantu pencernaan. 

4. Stop Merokok

Tingkat keasaman dari mulut akan meningkat jika Anda tidak berhenti merokok. Oleh karena itu usahakan tidak merokok selama berpuasa. 

5.Rutin membersihkan mulut. Membersihkan mulut dengan menyikat gigi tiap habis makan baik itu pada waktu saur maupun buka puasa. Sisa-sisa makanan akan menimbulkan bakter yang menimbun dan plak . AKhirnya bakteri itu akan menimbulkan pembusukan dan membuat bau yang tidak enak di mulut. 

6. Cek Dokter gigi secara berkala:

 Karang gigi dan gigi berlubang membuat banyak timbunan bakteri . Bakteri ini akan membusuk dan akhirnya menimbulkan bau yang tidak baik di mulut. Oleh karena itu bersihkan karang gigi dan gigi berlubang setiap 6 bulan sekali dan hendaknya tidak menunda karena pada saat puasa, kita tidak mungkin pergi ke dokter gigi.