Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

22 Mei 2017

Permainan Seru, Aman dan Menyenangkan untuk Anak Anda



Umumnya anak-anak sangat menyukai bermain. Dunia anak adalah dunia bermain. Saat bermain anak merasakan keceriaan, kegembiraan. Itulah aktivitas yang merupakan dunia bermain tanpa dibatasi realitas. Anak dapat berimajinasi, berkreativitas,bertukar pengalaman dengan teman-temannya. 

Pentingnya bermain bagi anak adalah hak bagi anak untuk mengembangkan aspek kercedasan kognitif,, emosi, sosial serta fisik anak. Melalui kegiatan bermain anak prasekolah dapat berkenalan dengan kosakata .Selain juga mereka mulai berkenalan dengan ketrampilan motorik halus seperti membuat kerajinan tangan dan motorik kasar yang ditingkatkan dengan kegiatan bermain bola, tali, berjalan. 

Permainan anak tidak perlu harga yang mahal atau kekinian. Permainan itu sangat bermanfaat untuk pembelajaran dan perkembangannya kognitif sesuai dengan usianya. Dengan sedikit imajinasi, Anda dapat merubah sesuatu yang biasa di sektiar rumah menjadi mainan di rumah yang dapat dikerjakan oleh anak-anak secara bebas di rumah. 

Peran orangtua untuk terlibat dalam permainan sangat penting karena orangtua dapat melihat perkembangan anak itu secara langsung dan mengembangkan jiwa kreativias, kualitas komunikasinya dengan anak . 



 Bermain bersama anak merupakan permainan dan aktivitas yang diciptakan sendiri seiring dengan usia anak . Kita dapat melihat apa yang ada di dalam rumah, misalnya anak menyukai memasukkan dan memasang tutup gelas yang terbuat dari plastik. Pastikan tutup gelas itu tidak mudah pecah. Juga mainan itu tidak mudah tersedak atau membahayakan. 
  
Sebagai ibu, Anda juga dapat jadi  “mainan” bagi bayi yang baru dilahirkan. Suara anda, sentuhan anda, dan gendongan anda di lengan menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan bagi bayi anda .

 Bayi juga akan menyukai diajak keluar jika cuaca di luar baik, merasakan sepoinya angin yang membelai, mendengarkan suara dari burung-burung, dan mengalami aroma di luar yang sangat berbeda dengan di dalam rumah. 

 Memandikan bayi di kamar mandi juga suatu kesukaan dan kesenangan.  Ingatlah selalu menggenggamnya erat saat bayi bermain-main dalam air , bayi dapat dengan mudah tenggelam walaupun hanya beberapa centimeter. 

Anda dapat memainkan musik yang sangat lembut agar bayi dapat terlena, atau memandikan dengan suasana yang relax dan memberikan pijatan dengan air hangat setelah mandi. Bayi sangat merespon saat mendengar musik, bahkan dia sangat menikmatinya. 

Sentuhan tangan dan kontak mata dapat membantu Anda mengenal satu sama lain secepat mungkin. Semua bayi itu unik dan ada beberapa diantaranya yang memerlukan waktu untuk menikmati sensasi baru. Perhatikan bagaimana bayi anda meresponnya dan bagaimana dia tertarik kepada sesuatu hal baru.



www.shutterstock.com

  • Bermain dengan mengajak si bayi melihat bayangannya di dalam cermin. Lakukan gerakan lucu di cermin dang rangsang bayi melakukan gerakan serupa.Cubit pelan wajah, hidung dan mainkan rambutnya agar dia melihat ada perubahan diwajahnya.
  • Bermain dengan menggunakan sapu tangan, tisue dan menutup wajah kita dengan telapak tangan. Pada hitungan yang ketiga, buka penutup wajah dan ucapkan “cilukba”. Perhatikan intonasi suara dan ekspresinya.
  •  Gunakan jari-jari tangan sebagai tokoh dalam dongeng yang akan Anda ceritakan. Gambar jari dengan menggunakan pulpen dengan bentuk beragam. Gunakan intonasi yang berbeda dan cerita dibuat semenarik mungkin.
  •  Telentangkan bayi di atas pangkuan. Siapkan barang yang berukuran sedang . Pastikan barang aman dan tidak membuat perut si kecil terluka. Gelindingkan secara perlahan barang-barang tersebut di atas perut si kecil.
  • Pangkulah si kecil menghadap ke wajah Anda, tiup perlahan di bagian wajahnya, sehingga dia merasa geli dan tergoda untuk membalas tiupan.
  •  Tariklah ujung baju bayi , saat ia menoleh, segera ibu pura-pura sibuk ke arah lain atau melakukan kegiatan lain. Bayi diajarkan memperlihatkan emosi dan ekspresi, intuisinya pun dilatih.
  •  Tidurkan bayi dipangkuan lalu hadapkan wajah ibu di atas wajah mungilnya. Perlihatkan suara lucu dari mulut Anda dan tambahkan gerakan agar dia semangat memperhatikan
  •  Ajak si kecil berhadapan, cubit perlahan pipinya dan gantilah dengan mencubit pipi Anda sendiri. Tuntun tangan si kecil menyentuh dan mencubit pipi Anda. 
  •  Bernyanyi dengan nyanyian yang berirama gembira dan mendidik. Bayi sangat menyukai tindakan yang diulang seperti menyanyi “twinkle stars” dengan tepuk tangan dan melakukan suatu gerakan tangan seperti bintang di langit. 
  •  Bacakan buku sebagai bagian kegiatan rutin Anda sebagai contoh sebelum tidur malam . Buku dapat dibeli atau dipinjam dari perpustakaan yang menyediakan buku anak secara cuma-cuma..



www.shutterstock.om

Balita sering bercita-cita atau bertindak menyerupai seorang ilmuwan kecil. Mereka sering berekxperimen , mengamati, mencoba apa yang dianggap baru dan mencatat dalam pola pikirnya apa yang terjadi. Sebagai contoh, balita Anda mungkin menyukai untuk menempel sesuatu di CD atau DVD Player. 

Berikut ini adalah ide untuk bersama dengan balita Anda
  • Berikan balita Anda beberapa penjepit dan tempat penyimpannya. Balita sangat senang sekali memindahkan, memasukkan dan mengeluarkan penjepit itu . Ini melatih sensor motorik dengan memasukan dan mengeluarkan tangan berkali-kali dari tempat penyimpanan penjepit itu. 
  •  Baringkan atau dudukkan Anak agar dapat melihat mainan di telapak tangan Anda. Sembunyikan mainan itu dan tanyakan “Mainan itu ada dimana?” Saat melihat expresinya mencari dan melihat kesana kemari, munculkan mainan itu. “Itu dia!”. Permainan ini mengajarkan koordianasi antara mata dan tangan. 
    dokumen pribadi
  •  Ajak Anak untuk mencoba bermain lego. Dimulai lego sederhana sampai yang sulit.
     
    Dokumen Pribadi


  •  Buatlah anak bermain sesuai dengan kreativitasnya, misalnya dia menyukai pembuatan real untuk mobil atau jalan mobil.  Semakin kesulitannya, semakin mahir dia menciptakan kreasinya.
  •   Masukkan beberapa pakaian dalam sebuah kota besar, berpura-pura untuk punya lemari pakaian dan seolah-olah akan pergi ke pesta. Gunakan box ice cream untuk membuat topi dan hiasi dengan berbagai kertas hiasan atau buat seperti topi astronot. Anda juga dapat membuat pom- pom dengan bahan kertas yang dikaitkan di pinggang dan dihiasi dengan berbagai kertas yang berwarna-warni. 
  • Ajaklah Anak untuk bermain di lapangan terbuka atau taman. Ia dapat menyentuh dedaunan dan barang-barang yang belum pernah dikenalnya. Jika pergi ke pantai, ajak main pasir . 



www.shutterstock.com

Berikut ini adalah ide untuk bermain yang dapat membantu anak-anak “pre-school" atau pra-sekolah untuk ketrampillan motorik dan motorik kasarnya.:

  •  Ajarkan kepada anak-anak untuk membuat benda-benda seperti ular atau kupu-kupu  dari kertas bekas dan sebagainya..
  •  Ajarkan untuk membuat sebuah boneka terbuat dari kaos kaki yang tak berguna lagi. Jahit sedikit pada mata, hitung dan rambutnya.
  • .Lipatlah sebuah Koran menjadi sebuat topi dari bajak laut. Lalu biarkan anak anat memotong dan menempel dan menghiasinya dengan potongan dari majalah yang sudah tidak terpakai.
  •  Biarkan anak-anak berimajinasi untuk membuat suatu benda lain dari sebuat kardus menjadi sebuah mainan seperti mobil atau rumah atau tempat memasak.
  •  Kunjungi Taman atau pergi ke rumah teman atau sekedar berjalan-jalan ke tetangga. Ini menjadikan suatu pengalaman bagi anak anda. 
  •  Ikatlah potongan kertas untuk dibuat seperti sebuah buku. Biarkan anak menciptakan sendiri sebuah “story book” dan menghiasi buku yang merupakan karakter dari buku ceritanya atau diary. 

www.shutterstock.com


Buat stimulasi dengan ide bermain sebagai berikut ini: 

  • Carilah sebuah box yang besar dan mintalah anak-anak untuk berpikir apa yang akan dibuat dengan box besar itu. Box besar itu dapat menjadi sebuah rumah-rumahan atau dapat menjadi sebuah pesawat roket untuk tempat bersembunyi. Untuk mendapatkan box itu Anda dapat bertanya kepada supermarket atau pedagang kecil apakan Anda dapat membeli atau membawa pulang box itu. 
  •   Memasak bersama anak Anda , dimulai dengan makanan kesukaan keluarga.

  •  Undanglah teman-teman anak Anda untuk datang ke rumah untuk bermain bersama dengan waktu yang sudah ditentukan.
  •  Anak-anak sangat suka membantu pekerjaan rumah tangga seperti membantu mengambil surat, atau membantu melipat pakaian bersih, atau membersihkan atau menyirami taman.
  •  Bermain permainan kata, sebagai contoh sajak atau teka-teki silang. 

Berikut ini adalah tips atau petunjuk dasar untuk memilih mainan yang aman:
  1. Mainan yang terbuat dari kain harus tahan api.
  2.  Boneka yang terbuat dari kain harus dapat dicuci.
  3.  Mainan yang dilukis harus tertutup dan bebas dari timbal.
  4.  Bahan-bahan mainan tidak mengandung racun.
  5.  Krayon dan cat harus bebas dari zat yang membahayakan atau beracun.
  6.  Hindari untuk memberikan mainan kelereng, koin, bola yang berukuran 4.4 cm atau yang lebih kecil.
  7.  Mainan anak yang digerakan oleh baterai harus memiliki tempat baterai supaya anak tidak dapat membukanya.
  8.  Mainan tidak mudah pecah atau tajam ujungnya , roda yang dapat mudah dilepas 

 Kendala utama dari bermain adalah kesibukan orangtua untuk ikut bermain bersama anaknya. Dia menyerahkan waktu bermain anak kepada pengasuh atau kepada neneknya. Padahal mereka belum tentu memahami bagaimana cara bermain bersama anak dengan aman. Mereka hanya membawa anak Anda tanpa pengamanan dan pemahaman yang benar tentang bermain. 

Suatu kali anak Anda tiba-tiba sakit panas sekali, Anda bingung apabila anak sakit panas. Korelasi bermain tanpa aman, Anak jatuh dari tempat bermain yang tidak menggunakan pengaman atau kecelakaan kecil ketika bermain sepeda. Tidak menyadari bahwa jatuh itu dapat menimbulkan luka, luka menjadi infeksi, lalu timbulah panas.