Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 April 2017

Berburu Wisata di Jawa Tengah


Kegiatan rutinitas baik itu sebagai siswa/siswi, pekerja, pedagang atau sebagai professional membutuhkan waktu liburan. Kebutuhan waktu liburan itu penting agar tubuh kita yang telah capai dan lelah dengan kegiataan sehari-hari menjadi relax dan lentur kembali. 

Liburan sangat dinantikan bagi setiap orang karena libur untuk menstimulasi jiwa dan pikiran kita. Pikiran dan jiwa memerlukan ketenangan, kesehargan . Ketika libur kita akan menikmati suasana , budaya, kuliner, seni, edukasi dan kehidupan yang berbeda dengan kehidupan kita sehari-harinya. 

Pesona Jateng dalam Budaya Potong Rambut .  Sumber:  Event Jateng 2017

Menentukan waktu liburan tentu saja sangat penting. Apalagi jika waktu yang terbatas bagi keluarga, pekerja dan siswa-siswi yang harus menyesuaikan dirinya dengan jadwal libur . Setiap kali orangtua yang akan berlibur akan menyesuaikan liburnya denganjadwal libur sekolah anak-anaknya. Juga mereka yang bekerja di kantor, harus menyesuaikan diri dengan jadwal libur nasional (kecuali mereka mengambil jadwal cuti yang dapat disesuaikan dengan keinginan). 

Jadwal libur dengan jadwal wisata harus sesuai, Itulah yang menjadi pedoman bagi Pemerintah Daerah Wisata Jawa Tengah. Memahami bahwa ada banyak pelancong yang ingin berlibur pada hari liburan tetapi belum mengetahui ada event apa di Wisata Jawa Tengah. 

Yuk, kita tengok keindahan tempat pariwisata dan budaya Jawa Tengah menjadi daya tarik dan daya pikat untuk kita kunjungi. Ikon-ikon tempat wisata di Jawa Tengah bukan hanya tempat yang sudah terkenal saja yang jadi andalannya, tetapi beberapa tempat yang punya daya tarik yang belum dikenal orang juga makin diperkenalkan kepada para wisatawan. 

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah  mempersiapkan atraksi dan promosi untuk menarik wisatawan. Jawa Tengah yang menyimpan potensi pariwisata yang besar di Pulau Jawa. Borobodur, Dieng, merupakan tujuan wisata di Jawa Tengah yang sudah sangat terkenal di dunia.
Jawa Tengah Tourist Map  Sumber:  Calendar Event 2017 Pariwisata Jateng

Namun masih ada berbagai tantangan untuk melihat potensi wisata lainnya yang telah dikembangkan dengan membuat event besar di tahun 2017 atau yang disebut dengan Calendar Event 2017 Pariwisata Jawa Tengah. Acara dan atraksi yang menarik sejak Januari 2017 sampai Desember 2017. Semua calon wisatawan dapat melihat agenda event itu dengan klik di sini 

Khusus untuk liburan bulan Juni dan Lebaran ada acara yang sangat menarik sekali di antaranya mengaitkan dengan desa wisata. Turis lokal tidak hanya terkesima dengan monopolisi destinasi yang tersohor sejak lama. 

JEMBATAN CINTA  PRING WULUNG:
Jembatan Cinta Pring Wulung . Sumber:  trivindo.com
Sekarang perhatian para turis lokal terhadap gemercik pelosok desa. Di sebelah selatan Jawa Tengah ada wisata yang selama ini tertinggal tetapi telah menampakan dirinya dengan berkreasi membangun daerahnya, Jembatan Cinta Pring Wulung, Desa Panusupan,Kabupaten Purbalingga,Jawa Tengah. Lokasi persisnya terletak di Desa Panusupan, atau 8 km dari Kota Purbalingga. Ada sebuah jembatan dengan bentuk cinta (“love”) disebut dengan “Jembatan Cinta Pring Wulung Titian jembatan terbuat dari bambu sepanjang 325 meter yang menyusuri persawahan dibangun secara gotong royong oleh penduduk desa Panusupan, Kabupaten Purbalingga.



 Anda dapat menikmati pemandangan persawahan nan hijau dan berswafoto di Jembatan itu. Selain itu bagi anak-anak disajikan wisata edukasi pertanian . Mereka diajak menanam padi dan jagung, juga menangkap belut di kolam. Bagi yang demam dengan selfie atau swafoto, disediakan fasilitas konsep treetop yaitu jembatan antarpohon yang menawarkan sensasi selfie di atas ketinggian menghasilkan foto yang sangat unik dan luar biasa bagusnya karena sangat istimewa dan bukan seperti biasa berfoto di atas batu. 

Dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti toilet, areal parkir, mushala, kantin, gazebo, gardu pandang. Lokasi wisata di bangun di atas tanah seluas 2 hektar melalui gotong royong . 

CURUG  JENGGALA:


Curug


Berdekatan dengan Wisata Jembatan Cinta Pring Wulung, ada objek wisata “Curug Jenggala”yang mengandalkan potensi alam . Lokasinya persis di Desa Ketenger, Kecamatan Baturaten, 2 km dari pusat rekreasi Baturaden. Bekerja sama dengan Perhutani, warga Desa Ketenger membangun ikon unik menjadi daya tarik yang disebut dengan dek cinta, sebuah papan berbentuk cinta yang digunakan berswafoto dengan latar belakang empat aliran air terjun. 

Pelancong yang tetap ingin berlibur persis di event yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah Jawa Tengah, event di bulan Juni  jadi pilihan.

PIODALAN: 
Piodalan Wonogiri.   Sumber:  kemenag.jateng.com)


Lokasinya di Museum Karst di Wonogiri. Diadakan untuk memperingati berdirinya Pura Puncak Jagat Spiritual . Diikuti oleh umat yang beragama Hindu di sekitar kawasan Bali, Jogja, dan Jawa Tengah.

 SELIKURAN: 
Seikuran  Dusun Kecepit.  Sumber :  edusiana.com


Lokasinya di Dusun Kecepit, Desa Pagergunung,Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Suatu tradisi yang diangkat dengan mendaki gunung Sumbing di ketinggian 3.371 m dpl dengan melewati Dea Pagergunung. Diadakan pada hari ke-21 bulan Ramadhan dan diikuti oleh ratusan pendaki. 

CURUG SEWU:
Curuk Sewu, Kendal.  Sumber:   piknikasik.com


 Lokasinya : Curug Sewu, Kabupaten Kendal. Pertunjukkan seni budaya selama 6 hari untuk menghibur pengunjung selama hari Lebaran Lokasinya: Sungai Klidar Lor, Kabupaten Batang. Lomba balapan perahu/lomba dayung diadakan oleh para nelayan di kabupaten Batang di hari ke-tiga setelah Lebaran.

 BUkan hanya event lokal yang diangkat oleh Pemerintah Daerah Jateng, tetapi event internasional pun diadakan selama tahun 2017. Diantaranya adalah Borobudur dan, Dieng Culture Festival dan Hari Waisak. 

 BOROBUDUR :

Borobudur.  Sumber:   phinemu/Radity Mahendra
Borobudur sebagai cagar candi dan budaya sudah sangat dikenal di seluruh dunia.

 Sayangnya, saat ini para wisatawan yang datang ke sana hanya sekedar kunjungan singkat dan tidak mengenal lebih dalam tentang Borobudur dari aspek religi. Pemerintah Jateng dalam hal ini Magelang, telah mengembangkan dan mengemas wisata Borobudur sebagai wisata religi . Ke depannya Borobudur menjadi ikon dari umat di pusat peribadatan umat Buddha dunia. Terdapat pula tempat-tempat untuk ziarah atau wisata spiritual berbagai agama lainnya. 

Waisak.  Submer:   Radity Mahendra
Khususnya pada hari Waisak,11 Mei 2017, Perayaan ini biasanya diawali dari Candi Mendut, kemudian berjalan ke Candi Pawon untuk selanjutnya menuju Candi Borobudur, tempat utama penyelenggaraan. Perayaan ini kini telah menjadi salah satu atraksi wisata yang menarik puluhan ribu wisatawan ke Candi Borobudur.



google.com

Yang paling ditunggu adalah penerbangan 1000 lampion. Penerbangan tersebut merupakan puncak dari sederet rangkaian upacara keagamaan umat Buddha di kawasan Candi Borobudur, Magelang 

DIENG CULTURE FESTIVAL: 
Sumber:  Jogjawisatatour.com


Mengulang sukses Dieng Culture Festival tahun 2016 dengan pogram unggulannya Festival Musik Jazz Negeri Atas Awan, maka Dieng Culture Festival tahun 2017 juga akan diadakan pada tanggal 4-6 Agustus 2017.. 

Untuk program tahun 2017, selain festival muski Jazz, Anda dapat menikmati program lainnya sebagai berikut:

  1.   Pemotongan Rambut Anak Gimbal
  2.   Pesta 5000 Lampion Serentak
  3.   PEsta Kembang APi 
  4.  Festival Film Dokumenter Dieng
  5.   Bakar Jagung 
  6.  Minum Purwaceng Serentak 
  7.  Acara Kesenian Adat Bumi Dieng 

Geliat industri wisata dari desa-desa, gunung sampai kota sudah tampak sesuai dengan napas Nawacita pemerintahan Joko WIdodo-Jusuf Kalla, ditengah perlambatan bisnis global, sektor pariwisata yang paling cepat dan andalan untuk menggerakkan ekonomi Indonesia, mari kita semua ikut berpartisipasi untuk mensukseskannya. 

" Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Legenda pariwisata Jawa Tengah 2017 yang diselengarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah".