Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

22 November 2016

Ledakan Tabung Gas Menakutkan? Belajar Menghindari Tabung Gas Bocor

smurf.com


Peristiwa ledakan gas 3 kg membuat korban luka bakar yang cukup parah, apalagi mendengar ledakannya, serasa ada bom yang meledak. Begitu peristiwa terjadi, banyak perempuan utamanya ibu-ibu yang merasa takut untuk menggunakan gas 3 kg setelah terjadi ledakan. Loh Kenapa? Apa yang salah dengan tabung gas.

 Pemicu ledakan sebenarnya bukan karena tabung gasnya. Lalu, apa masalahnya? Ibu-ibu saking ketakutan tak berpikir secara logis menyangka bahwa biang keladinya adalah tabung gas. Selalu yang disalahkan tabung gas. 

Padahal tabung gas itu setelah diteliti tidak ada kebocaran sama sekali. Kondisi tabung gas 3 kg yang masih utuh dan baik itu bukan penyebabnya terjadi ledakan. Ini saatnya , kita semua belajar bagaimana menggunakan gas 3 kg dengan aman dan tidak “sembrono” (tidak berhati-hati) dalam pemakaiannya. 

Liquified Petroleum Gas (LPG) PERTAMINA dengan brand ELPIJI, merupakan gas hasil produksi dari Kilang BBM dan Kilang Gas, yang komponen utamanya adalah gas propane(C3H8) dan butane(C4H10) kurang lebih 97% dan sisanya adalah gas pentane yang dicairkan. Gas itu adalah Liquid Petrolum yang sanga sensitif , mudah bereaksi dengan bahan yang  bahan yang sifatnya tidak terlihat ketika dinyalakan. 

 Keamanan yang harus dijaga pada saat memasak dengan gas adalah berikut ini:


 1. Gunakan peralatan LPG (tabung, kompor, regulator dan selang) sesuai Standard Nasional Indonesia (SNI). Standar mulai berlaku pada akhir 2008.

 2. Kompor dan tabung ELPIJI ditempatkan di tempat yang datar dan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. 

3. Idealnya ventilasi dapur berada di dinding bagian bawah dan mengarah ke tempat aman mengingat berat jenis LPG lebih berat dari udara maka apabila terjadi kebocoran LPG akan berada di bagian bawah atau pintu dapur terbuka.

 4. Selang harus terpasang erat dengan klem pada regulator mau pun kompor. 

5. Tabung ELPIJI diletakkan menjauh dari kompornya atau sumber api lainnya dan harus di¬ upayakan tidak terpapar panas. 

6. Pasang regulator pada katup tabung ELPIJI (posisi Knob regulator mengarah ke bawah). Pastikan regulator tidak dapat terlepas dari katup tabung ELPIJI. 

4 Petunjuk Aman Penggunaan Elpiji 3 Kg Pertamina 

7. Pastikan selang tidak tertindih atau tertekuk.

 8. Periksa kemungkinan kebocoran gas dari tabung, kompor, selang maupun regulatornya dengan cara membasuh dengan air sabun pada bagian¬bagian rawan kebocoran (sam¬ bungan regulator dengan valvem tabung, sambungan selang ke regulator dan kompor). Apabila terjadi kebocoran akan terjadi gelembung¬gelembung udara pada air sabun dan tercium bau khas ELPIJI.

 9. Rangkaian Kompor LPG siap dan aman untuk digunakan.

 10. Cara menggunakan kompor yang baik:

 • Tekan dan putar knob kompor berlawanan arah jarum jam.
 • Putar knob sampai posisi off (ditandai dengan bunyi klik) bila selesai. 

11. Tips khusus :


 • Ruang dapur yang menjadi satu dengan ruang makan atau ruang tidur dan tidak mempunyai ventilasi atau sirkulasi udara yang baik maka harus diperhatikan perihal sebagai berikut : 

Pada dini hari setelah bangun tidur dan akan menghidupkan kompor harus diyakinkan
 » Petunjuk Aman Penggunaan Elpiji 3 Kg Pertamina tidak ada akumulasi gas dalam ruangan dengan cara membuka pintu/jen dela terlebih dahulu. 

Bau khas ELPIJI tidak akan tercium apabila kita sedang pilek dan penciuman kita akan mengalami imun terhadap bau apabila kita sudah terpapar bau tersebut dalam waktu yang cukup lama.

 Pada saat ruangan tertutup ditinggal dalam waktu lama, pada saat membuka pintu harus diyakinkan bahwa dalam ruang tersebut tidak terjadi akumulasi ELPIJI akibat kebocoran sebelum menyalakan listrik dan sumber api lainnya. 

Gas oplos banyak ditemukan di tempat “hulu” (agen kecil), untuk agen besar biasanya sudah diperketat. Beli gas 3 kg di tempat yang resmi Berat tabung adalah 5 kg dan isi gas 3 kg total 8 kg, jika ada hal yang mencurigakan lapor ke 15000. 

Selamat melakukan kewaspadaan terhadap asessori  tabung gas dan berhati-hati dalam pengunaannya.