Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

14 November 2016

5 Tips Untuk Membuat Konten Viral di Media Sosial


Pernahkah Anda terpikir kenapa blog saya tidak punya konten viral. Pertanyaan yang sama juga terjadi pada diri saya. Menulis di blog pribadi saya sudah hampir 4 tahun. Namun, kok belum  juga  viral.  Apa rahasianya sich untuk jadi viral? Begitulah pertanyaan itu terus ada dalam benak saya.  Terpikir bahwa  konten yang saya buat sudah dibuat untuk kepentingan pembaca.

 Apa sebenarnya yang jadi masalah yach? Masalahnya baru terjawab setelah saya ikut workshop “Sponsored Viral Content” yang diprakarsai oleh Blogger Perempuan dengan pembicara Reza Gardino. 

Awalnya Reza bertanya kepada peserta yang hadir di workshop , apa artinya viral itu.  Ada yang menjawab bahwa viral itu adalah dengan hitungan menit, detik berita menyebar sampai ke jumlah yang tertinggi. Ada pula yang mengatakan bahwa viral itu ketika video, berita itu disukai semua orang. 

Ternyata, jawaban yang paling benar adalah viral itu apabila penyebaran berita/tulisan itu bukan berada di circle /lingkaran kita. Artinya tuisan itu bukan hanya dishare oleh teman yang mengenal kita atau orang yang sudah senang dengan tulisan kita. Justru tulisan itu disebarkan oleh orang yang tidak mengenal atau bukan teman atau orang-orang di lingkungan teman, sahabat atau follower kita. 

Sedihnya, blog saya itu ternyata sampai sekarang belum viral kenapa karena indeks share hanya 8. Loh , kok bisa yach, usaha keras sudah dilakukan dengan menulis posting yang menurut saya akan menarik buat pembacanya. Tehnik yang demikian itu ternyata tidak benar

 Ada tips yang perlu diketahui oleh Anda yang ingin kontel viral di media sosial: 

1. KENAPA HARUS VIRAL?


 Setiap blogger punya cita-cita dong untuk menerima sponsor post di blognya. Siapa sich ngga pengin mendapatkan uang atau memonetize blognya sehinggal menghasilkan pundi-pundi dari hasil jernih payahnya. Nach, seperti blog saya yang belum memiliki konten viral, saya pengin sekali jadi viral karena viral itu akan menjadi dasar pertimbangan utama dari para stakeholder seperti social entrepreneur atau komersial, perusahaan brand besar. Ayo, sekarang kita belajar dulu untuk mengetahui seluk beluk konten viral.

 

  2. CLICK BAIT VS VIRAL CONTENT 


 Seringkali kita menjumpai di sebelah kanan facebook ada timeline yang judulnya sangat menarik perhatian kita. Menarik karena provokatif. Contohnya : “Jaket Jokowi keren, Lazada untung besar”. Begitu baca, orang langsung tertarik pengin membacanya dengan mengklik url dari judul itu. Begitu diklik ternyata apa yang ditulis di judul tak sesuai dengan konten di dalamnya. Berbeda dengan apa yang menarik dengan apa yang ditulis. Itu sangat mengecewakan hati pembacanya. Langsung pembaca meninggalkan tulisan itu tanpa mencoba untuk menyebarkan berita itu. Ketidak-sinkronan antara judul dengan konten disebut dengan Click bait. 

Click bait akan dihindari oleh Facebook karena sejak September 2016 facebook telah membuat Algoritma Baru di Facebook dimana orang yang masuk dan keluar lagi itu akan tercatat dalam Algoritma. 

  3. BAGAIMANA CARA UNTUK VIRAL?


 Cara agar konten tulisan menjadi viral , kuncinya adalah AIDA

AIDA adalah singkatan dari :

  •  Awareness: Belum tahu jadi tahu - Sungguh Smartphone itu Candu Bagimu, ini alasannya dan Cara mangatasinya
    - Dengan Menggunakan Smartphone tubuhmu memproduksi dopamine, Dan itu serupa obat antidepresi) 

  • Interest: Sudah tahu jadi suka - sebenarnya kamu sudah tahu setiap kehidupan perlu kontrak, tapi kamu tak mau ribet dengan pengacara. Ini sekarang ada yang mudah untuk mengetahui pengacara yang perlu kamu pilih.

  •  Desire : Sudah suka jadi ingin punya -Jika kamu punya smartphone ini, ada keuntungan yang akan kamu peroleh. Keuntungan pertama…. Keuntungan kedua 

  • Action: Sudah punya jadi Ingin Punya Sekarang- kamu harus sekarang jika tidak kamu akan rugi dengan potongan harga dan ketinggalan mode yang tidak kamu inginkan.
     - Kepada Mahkamah Agung, Katakan TIDAK pada pernikahan Anak Usia DIni .Ubah Usia Pernikahan 18 menjadi 21 

4. MERANCANG MATERIL VIRAL

 1. Google
 2. Search semua keyword yang mau dicari
3. Url dari SERP: check ke http://graph.facebook.com







4. Masukkan url dari keyword  dibelakang  url http://graph.facebook.com/





 5. Lalu , Anda perhatikan  berapa jumlah share dari masing-masing url keyword , buatlah  list dengan excel  berapa share dari masing-masing keyword kalimat itu 
6. Ambil share yang paling banyak agar viral. 

Facebook jadi acuan untuk riset karena dari semua sosial media itu ternyata yang paling digunakan secara aktif adalah Facebook. Oleh sebab itu FB jadi acuan untuk viral tidaknya konten. 

Online behavior Indonesia menunjukkan bahwa yang ingin online untuk medsos (dari android) paling besar yaitu 68.7% Sebagian besar waktu penggunaan internet Indonesia dihabsikan di sosial media Smartphone user behavior : Reading magazine: 2 4 minute Using mobile : 106 minutes Listening ratio: 28 minutes 

5. Gaya tulisan


 Gaya tulisan memainkan peran penting untuk konten viral. Agar gaya bahasa itu dapat diterima oleh pembacanya, ada kuadran parameter yang perlu diketahui untuk mencapai kepada sasaran emosi pembacanya. Tulisan yang memiliki emosi yang negatif dan lemah dalam menimbulkan emosi, harus diperbaharui sampai tercapai emosi positif dan kuat sehingga pembaca tulisan itu  punya keinginan untuk menyebarkan tulisan itu karena memang tulisan itulah yang dicarinya.


 Emosi positif atau negatif? Untuk konten viral diperlukan dari kuadran permainan emosi negatif dan lemah menuju kepada quadaran emosi positif dan kuat

  •  Ketenangan: - Tempatnya bagus O Kamu capai ketemu tempat yang bagus begini serasa nikmat
    - Ada suara burung, bagaikan ketemu hutan di dalam kota 
  • Ceritakan keberhasilan atau terungkapnya sebuah rahasia: 
  •  Kemarahan: menyinggung kepercayaan seseorang-  Samsung lebih baik dari dari smartphone yang lainnya.
  •  Kegelisahan: 
  •  Bicarakan tentang potensi kehilangan - Momen bahagia tak pernah kembali, siapkan dirimu untuk menghadapi
  •  Ketakutan:
  •  Melakukan kesalahan tanpa disadari  - Sungguh smartphone itu candu, ini alasannya.
  •  Kegembiraan: 
  • Cerita yang terkait dengan membagikan nostalgia - Anak sekarang perlu tahu kenapa Khitna pantas jadi musisi legendary paling romantic
  • Nafsu: Sajikan potensi yang bisa didapat - Kalau kamu melakukan ini kamu dapat. Ini rencanaku untuk bulan madu kita nanti
  •  Kejutan: 
  • Tantanglah asumsi seesorang yang berikan cara yang baru -Mungkin kamu sudah kenal Kartini, tapi cobabaca ini
    -Mungkin selama ini cara kita minum teh itu keliru
    -Di Momen fitri ini, aku Memilih Memaafkannya.
  •  Identitas Publik- Orang biasanya merasa sendiri dan tidak suka sepi
    - Harus terindetifikasi
    - harus ada jumlah share 
  • Stop- Penjahat berkeliaran bahkan di tempat yang terlihat aman
    - Pacaran lama belum tentu menikah, jangan mau perempuan jadi perempuan yang rugi.
    - Untuk kamu yang berhenti merokok inilah caranya 
  • Kenali dan tentukan target pembaca-FB Group, Google + Community, Kaskus, atau forum online
  • Buat Pertanyaan Sifatnya Terbuka : Aku lebih memilih terlambat daripada salah pilih pasangan
  •  Pain & Pleasure
    - Segurat senyum kamu, bisa berarti dunia seisinya untuk orang lain
    - Laki-laki juga butuh menenangkan diri Ancamannya? 5 Tahun penjara! 
  • Paksa untuk meditasi .
    - Terbayang di kepala .
    -Coba kamu bayangkan .
    -Bayangkna kita baru bangun 
  • Gunakan Kalimat Perintah - Reza menenandang pintu
  • Mengantisipasi keraguan -Belum paham