Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

16 Oktober 2016

Melbourne, The Beauty and Multiculture City (Part II)

Fitzroy Garden & Capten’s Cook:



www.inatanaya.com
 Letaknya tak berjauhan dengan Shrine of Remembrance. Persisnya di 230-298 Wellington Parade, East Melbourne VIC 3002. Dekat sekali dengan Gedung Parlemen. Luasnya sekitar 26 ha dipenuhi dengan pepohonan yang besar dan pohon sakral.

www.inatanaya.com
 Ditengah-tengah terdapat sebuah kolam yang sangat indah dan menyenangkan, harmoni antara bunga, bebek ikan dan air mancur. Tempat Conservatory dimana sering dipakai untuk foto pengantin. Di pelbagai tempat ada tempat disediakan kursi untuk istirahat. Dilarang menaiki sepeda di dalam taman.

 Di sebelah timur dari Fitzroy Garden ada sebuah pondok yang pernah dihuni oleh Captain James Cook, penemu dari East Coast Australia. Pondok atau cottage yang asli berada di Yorkshire, Inggris pada tahun 1755. 

 Cottage itu dibeli Russell Grimwade in 1933, lalu dibawa setelah dibongkar dan dipasang kembali pada April 1934. 

 Tempat ketiga adalah Great Ocean Road.


www.inatanaya.com
 Melintasi sepanjang “Great Ocean” tak lepas-lepasnya mata dan jiwa memandang dan menggagumi keindahannya bak karya Maestro, karya besar dari keagungan Yang Mahakuasa, batu-batuan di tengah lautan yang luas. FEDERATION SQUARE

 Dimulai dengan one day tour, semua peserta berkumpul di Federation Square, tepatnya Corner Flinders & Russel Streets pukul 7.45. Perjalanan dimulai, ketika seorang supir yang berlogat Australia sekaligus jadi pemandu wisata mengabsen para peserta wisata. 

Cuaca di Melbourne sulit ditebak. Bulan Desember seharusnya adalah musim panas tetapi berubah menjadi mendung. Namun, tak mengurangi semangat pemandu kami untuk terus berbicara memberikan penjelasan apa saja yang menarik. Begitu keluar dari pinggir kota Melbourne terlihatlah panorama tanah pertanian yang mengering . 

Di sebelah kanan terlihat bangunan untuk pabrik. TORQUA Perjalanan menuju Torqua, suatu tempat untuk istirahat di tempat rest area untuk menikmati Teh Devonshire. Udara dingin menyergap, angin kencang menghembus sangat kencang, tempat yang sangat dikenal dengan pantai-pantainya tetapi saat itu udara di tempat itu seperti udara pegunungan. Semua penumpang dipersilahkan untuk istirahat makan pagi dengan kue pancake dan minuman hangat teh. Sangat praktis makan kecil dan minum hangat.

www.inatanaya.com
 Perjalananpun dilanjutkan, kami menuju Rumah Bell Beach dari Pemenang Peselancar Dunia. Rumah-rumah yang sangat menyenangkan karena dibuat seperti villa dari kayu . Sangat sederhana tapi unik dan design yang artistik untuk rumah pantai. Jarak rumah dengan pantai agak jauh sekitar 4 meter dipisahkan dengan jalan raya.

 Rumah-rumah itu dipenuhi bunga-bunga musim panas, menambah indah dan kenyamanan mendengarkan deru ombak dan riak-riaknya. Perjalanan dari tepian pantai sangat indah, walaupun jalan makin menyempit, mendaki ,berliku-liku tetapi di sebelah kiri jalan adalah laut biru yang begitu indahnya, di kanan jalan adalah bukit tinggi dan terjal. Mata tak lepas-lepasnya memandang dan menikmati keindahannya, alam laut memang sangat indah. Kami melalui sebuah kota yang cantik dan indah panoramanya,Angelesea, Lorne Wye River. Kota yang agak ramai karena dilengkapi dengan toko-toko sepanjang jalan dan sebelah kiri adalah taman dan teman bermain bagi anak-anak yang lebih dekat ke laut. APPOLO BAY

 Perjalanan yang hampir 5 jam tak terasa karena kami sangat menikmati cerita dari pemandu dan supir yang begitu kocak dan sangat senang dengan komentar-komentarnya. Sebentar lagi anda akan makan siang yang sangat enak ,hidangan khusus bagi tamu kami, jika anda memang menyukai whine, anda dipersilahkan order tapi harus bayar sendiri. Makan siang kami di Apolo Bay, di hotel dan restoran yang sangat terkenal karena di depannya terdapat pantai putih dan indahnya. Ternyata betul menu yang dihidangkan ada 3 pilihan, spagheti atau fish chips atau chicken chips. Ketiganya kami pilih karena kami bertiga ingin mencicipi cita rasa ketiga makanan itu. Bukan karena lapar, tapi benar makanan ini sangat enak dan lidah Indonesia kami pun merasakan nikmat bumbu yang cukup terasa. Udara terasa sangat sejuk dan angin kencang membuat kami makin ingin makan secepatnya. 


OTWAY NATIONAL PARK Selesai makan siang, kami pun melanjutkan perjalanan yang tampak lurus jalannya. Di kanan kiri kami terlihat pohon-pohon tinggi dan semak belukar , hutan ini disebut atau dikenal bernama “Forest of Otway National Park”. 

Supirpun menghentikan bus kami sebentar. “Apakah yang akan dia perlihatkan?” Tampaknya dia sangat serius menjelaskan bahwa di dalam hutan ini sangat banyak komunitas Koala. Sambil menunjuk ke sebuah pohon, kami melihat beberapa koala ada di atas pohon sedang tidur. Di siang hari dia tidur, pada malam hari dia akan turun untuk mencari makan katanya. Koala sangat dilindungi sebagai satwa yang langka. Pada siang hari Koala itu tidur di atas pohon. Mereka sangat terlindung dan ada tanda larangan untuk berburu Koala di tempat Perlindungan ini atau dikenal sebagai Forest of Otway national Park. 

12 APOSTLES Dilanjutkan menuju jalan yang semakin sempit tetapi di kanan kiri jalan kami melihat pemandangan yang sangat luar biasa indahnya, lautan biru dan pasir putih menghampar bak permadani. Sulit dilukiskan. Akhirnya, di suatu tempat , pelataran parkir kami memarkir bus kami. Kami berjalan menuju ke suatu tangga. Menuruni tangga, dipagari oleh besi beton, kami memandang ke dua belas batu-batuan ditengah lautan luas. Ke dua belas batuan itulah yang disebut “Apostle Great Ocean”. Pilihan lain , bagi mereka yang ingin menikmati Apostle Great Ocean lebih jelas dari udara bebas, dapat naik helikopter dengan sewa selama 30 menit. 

y.travel.com

LOCH ARD GORGE & LONDON BRIDGE Perjalanan kembali ke Melbourne, kami melalui sebuah tempat yang dipercayai sebagai cerita tragis dari karamnya sebuah kapal dan pemandangan yang sangat indah dari deretan formasi batuan di Loch Ard Gorge. Tak jauh dari London Arch, kami melihat dua bebatuan besar yang terpisah, Sebelumnya bebatuan itu dekat dengan pantai, tetapi tiba-tiba pada tanggal 15 Januari 1990 tanpa diduga terpisah dan orang-orang yang berada di tempat itu ditolong oleh helikopter. Tidak ada seorangpun yang terluka. Sebelum terpisah , tempat itu dikenal dengan London Bridge. 

 Bagi yang ingin dan berminat ingin ikut tour, dapat menghubungi Visitor Information di Federation Squiare karena banyak brosur, peta serta berbagai macam event dari tour booking service, website: www.melbourne.vic. gov.au/tour. Bagi yang ingin melihat lebih lanjut, silahkan chek di beberapa tour operator seperti www.autopiatours.com.au , www.aatkings.com Biayanya sekitar AUD 130 /per orang, lama perjalanan untuk pulang pergi sekitar 7 jam .