Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

15 Mei 2016

Kriteria Ikut Lomba Kompasiana

Sadar bahwa menjadi peserta Lomba di Kompasiana itu sangat berat sekali. Hampir tiga tahun, aku selalu ikut serta dalam lomba yang topiknya memang sesuai dengan kemampuanku. Aku tak mampu untuk mengejar suatu lomba yang berbau dengan teknologi misalnya gadget, mobil, motor. Kelemahanku adalah aku tak punya kompetensi di bidang itu, juga aku tak menguasai design grafis yang sangat penting sebagai penunjang dari lomba. 

Kriteria dari tiap lomba memang berbeda-beda. Namun, satu hal yang membuatku penasaran adalah kriteria dari lomba di Kompasiana. Aku mengerti benar kompetitor sangat hebat karena di sana calon maupun ex -jurnalis banyak jumlahnya. Tulisannya bagaikan suatu hal yang mudah bagi mereka, tapi sulit bagiku. 

Kembali kepada kriteria, terus terang, masih dengan penasaranku, aku tak punya ide apa sich kriteria yang diinginkan oleh para juri. Ternyata jawabannya memang ada. Beberapa hari yang lalu, aku bisa membaca kriteria sesuai persyaratan dari juri di Kompasiana.

Berikut ini adalah kunci dari kriteria Lomba:

Periode:


Lomba Tiap blog competition memiliki periode yang beragam, mulai dari periode yang hanya seminggu, sampai enam bulan lamanya. Sebagai contoh, Cincin Api Blog Competition yang diselenggarakan pada tahun 2011 atas kerjasama Kompasiana dengan harian KOMPAS berlangsung selama enam bulan dan di tiap bulannya dipilih satu pemenang dengan karya lomba terbaik. Penjurian Bicara penilaian atau penjurian memang rada sensitif. Objektifitas juri yang menentukan pemenang kerap jadi sasaran tembak protes. Atas pertimbangan hal itu, Kompasiana selalu menjaga objektifitas juri maupun profesionalitas tim dengan menjunjung tinggi kejujuran.

Blog competition di Kompasiana dibagi dalam dua kategori.

 Pertama, blog competition yang diselenggarakan secara mandiri.


  Kedua, blog competition yang terselenggara atas kerjasama dengan pihak lain (sponsor).


 Blog competition mandiri, penilaian pemenang dilakukan oleh juri dari Kompasiana (Admin). Sedangkan blog competition bersama pihak ketiga, juri yang menilai terdiri dari pihak Kompasiana dan sponsor atau pihak lain yang telah disepakati bersama oleh kedua belah pihak.

Proses Penilaian Lomba Bersponsor Pada tahap pertama, setelah periode lomba selesai, Kompasiana mulai melakukan penilaian dan menyeleksi atau menyaring karya lomba untuk diberikan ke pihak sponsor dalam menentukan pemenang. Kami menjamin tiap nominasi yang kami rekomendasikan adalah karya lomba yang sesuai dengan ketentuan dan memenuhi semua parameter penilaian.

Parameter dan persentase penilaian di atas.


Tema: Kesesuaian naskah dengan tema lomba dan orisinalitas ide tulisan

Kualitas Konten: Kedalaman pesan dan dampak dari tulisan bagi publik

Gaya Bahasa: Penyajian dan struktur tulisan yang digunakan dan konten memiliki nilai informasi Kualitas

Sajian: Penggunaan bahasa dan kualitas konten