Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 April 2016

Taking Your Blog to Next Level, SEO Blog Workshop

Ikutan Workshop #BlogHolicID Taking your Blog to The next Level”, kali ini merupakan tantangan berat bagi saya. Luar biasa penginnya karena saya tahu materi dan pengetahun ini memang saya perlukan . Sejak lama saya yang awam dengan soal SEO blog Writing tips itu sudah mimpi kapan dapat memperdalam ilmu. 

 
Tantangan berat saya adalah tempatnya diadakan di Bogor.Lokasinya belum saya kenal, lalu naik KRL itu berat sekali. Saya tinggalnya di Bintaro, wah selain jauh, juga merasa sudah tak kuat pulang pergi naik transportasi KRL. Penumpang KRL di hari Sabtu luar biasa penuhnya , orang yang tak kerja, justru pergi pada hari sabtu. Belum lagi jam dan jadwalnya KA ke Bogor tidak saya ketahui. Memperkirakan waktu tempuh KRL Jkt –Bogor sekitar l jam, dari Bintaro ke Tanah Abang l/2 jam , maka saya pun tak mau ambil resiko, sepagi mungkin berangkat jam 7.30. Ini dengan perhitungan saya akan tiba di Bogor sekitar jam 9.30.

 Ternyata, perkiraan saya pun meleset, jam 8.00 saya telah tiba di Tanah Abang, menunggu keretanya yach ampun lamanya hampir 30 menit. Kegelisahan saya tak bisa terobati. Saya pikir akan terlambat datang ke workshop. Saya baru tiba di setasiun Bolor jam 9.40. Mencari saudara saya yang belum pernah saya lihat dan mencarinya di kerumunan orang yang keluar dari setasiun, memang perlu usaha luar biasa. Telpon kesana kemari, Akhirnya saya bertemu. Secepat kilat, saudara saya yang tahu bahwa saya harus hadir jam 10.00 melarikan mobilnya dengan cepat. Akhirnya saya tiba pukul 10.15. 

Merasa bersalah datang terlambat tapi saya melihat pembicaranya juga baru datang . Keterlambatan bukan hanya di pihak saya. Ngga ada salahnya mencari peluang dari kesalahan. Nach, Acara perkenalan pun dimulai dengan MC Mas Salman yang baru saya kenal. Satu persatu peserta mengenalkan diri, nama, medsos . 

CREATING SEO CONTENT 


Selesai perkenalan, langsung Mbak Nunik Utami memaparkan tentang Menulis Konten Blog menggunakan SEO , bagian dari SEO Blog Writing tips. Sebagai penulis, tentunya kita punya tujuan agar tulisan kita diterima (readable) oleh pembaca karena ada saran dan tips serta informasinya. Namun, yang harus diingat tujuan lain yaitu dari segi “google” , tulisan kita harus dapat diterima. Agar dapat diterima Google, ada syaratnya loh, “Keyword, webbrand”.

 Syarat-syarat dari artikel dengan konten yang menarik pembaca dan sesuai SEO :

  1. Membuat artikel 1.000 kata
  2. Pilih Tema 
  3. Cari keyword
  4. Judul yang menarik
  5. Gambar 
  6. Meta description
  7. .Internal Link dan external link
  8. Gunakan bold dan heading
 Cara membuat 1.000 kata:
  1.  Pembukaan 
  2.  Pengalaman 
  3.  Informasi
  4.  Pengalaman 
  5. Tips

 Memilih Tema: 
  1.  Berita yang sedang populer
  2.  Sesuatu yang sedang dialami (catatan perjalanan harian)
  3.  Opini yang sedang trend (transportasi online vs konvesional)
 Mencari Keyword :
  1. .Menggunakan kewoord tool : google advwords; keyword tool-10 
  2. Analysis keyowrd 
  3. Gunakan Keyword utama dan semantik .Minimal 3, maksimal 10
Gambar:

  1. Gunakan gambar dari sumber yang memperbolehkan diambil secara free: pixaby
  2.  Pada waktu ambil dari pihak lain, upload di simpan dengan nama kita 
  3.  Usahakan agar dapat memberikan text nama blog kita pada caption di dalam gambar 
Meta Description:
 Membuat ringkasan sebanyak 156 karakter (bisa kurang) tetapi harus mengandung keyword. 

 Internal dan External Link:
 Internal link: link yang terkait dengan blog kita sendiri (cukup 2 saja)
External link: link yang terkait dengan blog/web orang lain (cukup 2 saja) 

Bold & Heading: Bold: Paragraph satu saja yang mengandung keyword 

Heading: digunakan pada tiap paragraph yang merupakan sub judul (usahakan gunakan heading 3)

Mbak Nunik Utami pun menyelesaikan pemaparannya . Pertanyaan-pertanyaan pun dijawab dengan sangat detail sehingga penanya pun puas mendengarkan dan mendapatkan jawaban. 

MONETIZE SOCIAL MEDIA


Mbak Kartika Putri Mentari memaparkan Apa manfaat media social bagi blogger?

  1.   Kita mengenal siapa audience kita. Dari segi demgraphics, kita dapat menuliskan yang tepat jika kita tahu golongan atau kalangan ,umur serta genre dari pembaca kita, apakah ibu rumah tangga, remaja yang sering twit kita. 
  2.  Gunakan powerful twit : sesuai dengan gaya bahasa dari pembaca atau follower kita.
  3. Think Quality: Selalu ingat bahwa jangan terjebak dengan ingin dapat uang lalu cara kita untuk mentweet itu malahan menghilangkan kualitas kita.
  4.  Latihan: perlu banyak latihan di setiap kesempatann 
  5. Quality is the King: branding yang kita perlihatkan itu menjadi kualitas agar dapat dilirik oleh sponsor. 
  6. Jangan hard selling: ini sangat penting diingat BAHWA tidak setiap orang yang menerima pesan hard selling akan menyukainya. Hal ini akan membuat dirinya kapok untuk jadi follower kita.

 Kenapa social media penting bagi Blogger:
  1.  Personal Branding 
  2.  Networking
  3.  Be influencer
  4.   Job 
  5.  Better SEO-Pageviews 

Personal Branding: Apabila kita punya penampilan , portofolio yang tampil di google sangat baik, maka perusahaan yang tertarik pun akan datang.

 Networking: Pertemanan,komunitas dalam workshop akan melebarkan sayap bagi para blogger untuk mengetahui perkembangan dunia blog maupun pekerjaan.

 Be influencer: jika menjawab dalam suatu twit, jangan asal jawab karena malas. Tetapi jawaban yang membangun yang dapat mempengaruhi pembacanya serta pemegang brand merasa apa yang ditulis itu suatu promosi juga bagi pemegang brand Job: Ini yang dinantikan, apabila kualitas dan portofolio kita sesuai dengan apa yang diinginkan atau dibutuhkan oleh sponsor. 

Better SEO: Meningkatkan kualittas tulisan dengan apa yang sesuai dengan standar SEO jadi patokan untuk dapat tingkatkan SEO. 

 Dijelaskan juga bagaimana tips untuk Twit, Kultwit, serta social media management. 

 SEO FOR BRANDING BLOG


Acara puncak pun tibalah. Mbak Shintaries yang punya segudang pengalaman dalam bidang perblogging, baik sebagai founder Blogger: Prempuan Network, Blog Trainer: Fun Blogging1-8, Co-Founder: Fun Blogging Community; Blog & Web Designer serta Winnder of Life Style blog Blogie Award 2015

 Syarat Blog : 
  1. Personal Branding
  2. .Lalu Lintas Blog 
  3. Konten Tepat Sasaran
  4. .Alexa dan DA 

Stabil Ranking factors 2015 –Searchmetris:
  1. .Content 
  2. User Exprience 
  3. Technical 
  4. Backlinks 
  5. Social Content: 

Seperti yang telah dijelaskan oleh Mbak Utami, bahwa konten dari blog paling sedikit adalah 1000 -1200 kata adalah syarat mutlak. Jangan isi atau konten dari blog sesuatu yang berhubungan dengan galau atau uneg2 pribadi. Google tak menyukai hal ini. 

 Content stragegy: Chronological Didactic Thematic Problem Solutions 
01: 2300 kata minimal
02 Revitalisasi Judul dan Isi
03:Internal dan external link 
04 Kata kunci di image 
05 Isi Meta Data 
06 Maksimal 3 kata kunci
 07 Tambahkan video (optional)
 08 Update rutin 

Meta Description ( yang saya ingat hanya untuk blogspot) Setting: Search: Preferences 

Dalam description: masukkan data paling sedikit 100 kata Technical 01: Site Spreat -GTMETRIX Gtmetrix.com -Page Speed Insight -Tehmes SEO Friendly 02: Image Optimize -Max 100 kb -Imageoptimizer.net -Plugin Smust it -Pemarink: Nama blog.com/katakunci Namablog.com/2015/1/katakunci Backlinks: 01: Backlinks and Sistus Authority 02.Komentar Name/url 03.Dummy Blog 04.Backlinkd dari blog dengantema sama 05.Blog generator 06.Giveaway 



“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Konten Viral “Digital Lifestyle” supported by Indihome.”