Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

11 November 2015

Blog Jadi Bisnis Marketing Anda


Pergeseran dunia komunikasi telah berubah. Dulu pemasaran perusahaan dilakukan dengan komunikasi top-down, iklan-iklan di media cetak dari perusahaan kepada calon atau prospek klien. Tetapi sekarang ini cara komunikasi ini dikatakan tidak efektif lagi. Calon atau prospek klien sudah bosan dengan berjubel-jubelnya promosi melalui iklan yang tak lagi menarik baginya.  Alasan lain,komunikasi seperti itu hanya satu pihak dari perusahaan, tanpa bisa berinteraksi dengan pemasang iklan.

Komunikasi atau interaksi antar manusia justru dilakukan di blog personal atau pribadi. Adanya interaksi sosial di blog ini sangat menyentuh karena manusia membutuhkan interaksi langsung, yang dapat berbicara satu sama lainnya. Personal communication is the winning formula untuk dunia interaktif . 

Blog pribadi merupakan suara dari blogger yang sangat terbuka, jujur tanpa tembok pembeda, tanpa tekanan atau titipan dari pihak mana pun. Tulisan dan ulasan yang dibuat untuk mengungkapkan apa yang dilihat, dialami maupun dirasakan oleh para blogger dengan sangat terbuka. 

Fenomena sosial mengubah blog pribadi menjadi ajang komunikasi massal. Sebagai contoh, sebuah blog dari seorang bernama Tiara, seorang model. Blog pribadinya tiara-lestari.blogspot.com, dengan curhat yang telah direspon oleh ribuan pengikutnya dalam waktu singkat. Keinginan tahu dari penggemarnya, membuat blog pribadinya menjadi ajang interaksi aktif dan hangat. Memang manusia itu pada dasarnya adalah membutuhkan kehangatan untuk berkomunikasi dua arah bukan searah. 

Momen penting ini menjadi landasan mengapa blog pribadi akhirnya ikut diincar oleh blog perusahaan untuk dijadikan strategi marketing. Padahal dari segi biaya, penulisan dari seorang profesional blogger itu belum tentu murah ketimbang dari biaya iklan di media sosial on-line atau cetak. Tetapi keuntungan atau poin penting dari alasan utama mengapa blog jadi sasaran utama adalah komunitas atau pembaca dari blogger itu pasti jauh lebih besar dari pada pembaca iklan di media sosial yang lain.

Target market yang dicapai lebih besar dari segi kuantitasnya. Kemampuan untuk menarik audiens lebih cepat. 

Mengelola Blog untuk dapat berhasil jadi Bisnis Marketing:


Layaknya sebuah alat, selalu perlu perawatan atau pengelolaan. Pengelolaan blog harus serius dengan mempertimbangkan beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Tentukan siapa audience blog: 
Pertama tentunya nama blog yang sangat kreatif dan menarik menjadi sorotan utama dari pengunjungnya. Bila produk perusahaan kita adalah makanan . Makanan yang berorientasi menyehatkan. Jika kita ingin membidik target audience adalah wanita aktif , berusia sekitar 28 tahun dan dari middle-uppler class.

Konten dari blog akan menceritakan seorang wanita. Sebut saja Dewi. Konten dengan bercerita tentang  Dewi dari segi behaviour, kegiatan, pekerjaannya dan kesukaannya untuk hidup sehat.  Konsumsi makanan yang sehat selalu jadi perhatiannya. Cerita kehidupan itu membawa target audience turut serta dalam kegiatan atau turut  meniru  seperti yang dilakukan oleh Ibu Dewi. 

  • Memiliki Kalender Editorial 

 Kalender editorial adalah alat untuk mengatur jadwal publish dari suatu artikel . Menentukan waktu terbitnya setiap tulisan dengan tema yang berbeda perlu dijadwalkan. Misalnya satu minggu akan terbit dua tulisan dengan tema berbeda, satu kegiatan, satu makanan. Tema kegiatan akan ditulis hari Selasa dan tema makanan ditulis hari Kamis. Sebelumnya kita memiliki time table yang merumuskan berapa lama kita butuhkan untuk satu tulisan. Jika perlu 3-4 jam, kita atur waktunya dan tentukan harinya. Jangan sampai waktu penulisan mengganggu waktu sales bisnis. Jika kita mempunyai tim SEO, pastikan gunakan keyword dalam tema . Tema ini akan dipecah menjadi topik-topik yang menarik sesuai dengan selera pembacanya. Jangan lupa untuk selalu memonitor dari traffic . Juga monitor jumlah klik dari suatu topik. Dari penelitian itu akan diketahui topik mana yang disukai oleh pembacanya. Pada akhirnya, laporan performance blog bisnis dapat dengan mudah diketahui dan untuk bahan pembelajaran apa yang perlu diperbaiki.

Tingkatkan kualitas bukan kuantitas Hasil pertemuan dari konperensi The Influencer Project memperlihatkan bahwa pembaca blog itu mencari apa solusi dari masalahnya. Jika tulisan itu hanya mementingkan ulasan dari produk tanpa ada ikatan emosional dengan pembacanya, maka pembaca merasa tidak ada gunanya membaca blog kita. Lama kelamaan blog kita akan ditinggalkan, dan beralih kepada blog kompetitor. Meningkatkan kualitas tulisan yang mengetahui apa hubungan produk kita dengan pembaca dan bagaimana produk dapat membantu mereka yang memiliki masalah yang berkaitan dengan produk.

  • Bangun Brand 

Setiap blog yang dibangun dengan citra atau brand perlu menentukan terlebih dulu apa yang ingin dibangun citra blog itu. Apakah citra yang friendly atau citra yang profesional? Jika ingin citra friendly, maka gaya tulisannya tentunya perlu dengan gaya slank . Jika ingin citra profesional , maka gaya tulisannya perlu formal dan to the point. Dalam membangun brand perlu dipertimbangkan juga target market, sehingga apa yang ingin diraih itu akan tercapai sesuai dengan sasarannya.

  • Aktif Berinteraksi 
google.com

Persiapkan diri untuk menerima kritik, dan menjawab apabila ada pembaca yang membuat komentar di blog kita. Interaksi yang aktif dapat membantu blog kita semakin hidup karena pembaca ingin diperhatikan . Mereka yang juga tertarik dengan produk kita, akan jadi pembeli apabila kita dapat menjawabnya dengan baik dan tepat.

  • Menghubungkan dengan Sosial Media lainnya 
google.com

Sosial media adalah tempatnya para komunitas dan para calon pembeli berkumpul. Setidak-tidaknya blog menjadi sangat mudah dihubungkan dengan berbagai media sosial yang lainnya seperti facebook, twitter, instagram. Ketika mereka semua menerima tulisan kita, dan strategi untuk mendapatkan target market pun akan mudah tercapai. Dalam interaksi dengan pembaca, kita dapat mengetahui permasalahan mereka. Ini dapat dijadikan topik tulisan yang akan diangkat dan solusi dari target market kita. 


 Strategi Blog pribadi jadi bisnis marketing Anda, merupakan sesuatu hal yang absolut jika perusahaan menyadari bahwa communication top-down itu tak efektif, horizontal communication adalah jawabannya.