Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 September 2015

Berburu Sarana Pendidikan Berkualitas di Kawasan Regional Summarecon Bekasi

Seorang keponakan perempuan saya yang tinggal di Bekasi Barat sedang kebingungan mencari Sekolah Menengah Atas. Dia sekarang bersekolah di SMP dan setelah ujian ingin melanjutkan ke SMA.

 Saya bertanya kepadanya: “Loh udah tinggal melanjutkan di SMA Negeri 8 kok bingung?”

 Keponakan: “Tante, papah tidak memperbolehkan ke sana, jauh katanya!”

Saya: “Loh, dulu waktu SMP kok boleh?”

 Keponakan: “Iya, khan ada kakak. Setelah kakak di terima di ITB, aku sendirian!”

 Saya: “Jadi gimana, pilihannya mau sekolah dimana?”

Keponakan: “Bingung dech, tante. Papah dan mamah bilang harus yang bagus dan berkualitas, tapi dekat rumah. Bagus supaya ntar kalau masuk ke perguruan tinggi pasti diterimanya”.

 Saya: “Tuh, tante baru aja baca dari teman-teman blogger yang diajak tur ke Summarecon Bekasi. Ada sekolah di Summarecon Bekasi yang berkualitas tinggi”.

 Keponakan: “Yang benar, tante!”

 Saya: “Kok ngga bercaya, lihat dan berkunjung aja ke Summarecon Bekasi. Di sana ada 2 sekolah yaitu Al Azhar-8 dan BPK Penabur”.

Keponakan: “Aku mau berkunjung  ke Al Alzhar-8 dong”.

 Saya: “Ayo, jangan ditunda, nanti pendaftaran ketinggalan. Nanti kalo kamu udah lulus SMA, mau lanjutin ke Binus University di Bekasi juga ngga masalah”.

 Nach, sambil menunggu hasil kunjungan keponakan saya. Saya pun ikut memantau sekolah di Sumamrecon Bekasi itu seperti apa kualitasnya.Inilah hasil penelusuran saya.

Pencapaian Summarecon Bekasi sebagai unit dari Summarecon Group, sangat membanggakan. Summarecon Bekasi yang dibangun pada 2010 kini telah mencapai kota yang megah dengan berbagai hunian residential, komersial dan apartemen. Hunian yang nyaman dan lingkungan asri dilengkapi dengan pusat komersial terkemuka dan berbagai fasilitas berskala kota. Dirancang sebagai modern compact city.

Berikut adalah pencapaian Summarecon Bekasi yang membanggakan:
Residential: Luas 240 ha, ramah lingkungan meliputi:

2010: Palm dan Maple Residence  :    475 unit
         Acacia Residence                 :    261 unit
2011: Magnolia Residence             :    252 unit
          Lotus Lakeside Residence   :     202 unit
2012: Bluebell Residence                    253 unit
2013: Vernonia Residence             :     193 unit
2014: The Springlakte Apartment  :  2,247 unit
         (3 tower: tower Azolla, Basella , Caldesia)
2015: Springlake View (4 tower: 26 lantai, type studio 25.5 m2 dan tidur 45.12m2)

Kommersial:
2011: Simpasa Commercial :   97 rukan
2012: Emerald Commercial : 174 rukan
2013: Graha Boulevard       :   27 rukan
          Topaz Commercial    :   37 rukan

Di samping pembangunan hunian eksklusif dan sentra komersial, dibangun juga sarana edukasi yang berkualitas tinggi, komunitas dengan seperangkat identitas kota :Sentra Summarecon Bekasi (mal,ruko, gedung perkantoran dan hotel), pusat perdagangan, modern fresh market, automotive centre, financial center dan building material center.

Kehidupan Berkualitas di Kawasan Prestisius:
Kehidupan yang berkualitas tercermin pada lingkungan huni. Tak hanya beratap dan berdinding, rumah dan lingkungan sekitarnya juga harus mempunyai kelayakan huni dalam wujud kelengkapan infrastrukur, sarana pendidikan berkualitas, fasilitas,aksesibilitas, dan ruang publik. 

Infrastruktur:
Sebelum pembangunan hunian, persiapan awal pembangunan adalah sebuah flyover (jalan layang) sepanjang 1 kilometer menjadi ikon yang paling kentara bagi siapa jaya yang menuju lokasi Summarecon Bekasi. Flyover ini dimulai pembangunannya pada tanggal 10 Maret 2010, yang pada saat itu pemancangan pertamanya dilakukan oleh Bapak Gubernur Jawa Barat dan bertepatan dengan HUT Kota Bekasi. Membentang sepanjang 1 km dengan lebar 22 meter, flyover memiliki 4 lajur jalan yang menghubungkan Jl. Ahmad Yani dengan Kota Summarecon Bekasi.

Keasrian dan keindahannya Bulevar Achmad Yani terletak dari jalur hijaunya. Tanaman pagar di sepanjang kiri dan kanan median jalan membuat asri kawasan ini. Dilengkapi dengan taman yang sungguh cantik di tengah median, menambah keasrian itu menjadi lengkap . Infrastrukutur jalan luas ini tidak akan menimbulkan kemacetan bagi penghuni rumah yang akan bekerja ,beraktivitas ke luar dari hunian menuju tempat kerja.


Sarana pendidikan yang berkualitas:
Summarecon Agung sebagai pengembang kawasan Summrecon Bekasi mengedepankan sarana pendidikan . Pembangunan Sekolah di Summarecon Bekasi menjadi pertimbangan utama untuk melengkapi sarana pendidikan . 
Membidik calon konsumen yang merupakan keluarga muda tentunya membutuhkan sarana pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya. Mengenal baik kebutuhan konsumennya, tiga sarana pendidikan yang berkualitas tinggi untuk tingkat SD hingga perguruan tinggi telah dipersiapkan dan dibangun. Ketiga sarana pendidikan itu adalah:
  •   Sekolah Islam Al Azhar 
  •  Sekolah BPK Penabur 
  •  Binus University di Bekasi 

Sekolah Islam Al Azhar – Summarecon Bekasi:

Terletak di Jl. Bulevar Utara, Blok L, Summarecon Bekasi Utara – 17426. Berdiri SMAI Al-Azhar 8 dan Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Azhar 31 di Kawasan Summarecon Bekasi . Diresmikan Gedung pada 26 Nopember 2013, di atas tanah seluas 1 Ha, terdiri bangunan 5 lantai dan 1 lantai basement dan 1 lantai atap, dengan total secara keseluruhan 12.000 m2, total luas bangunan 20.160 m2.

Letaknya strategis di Kawasan Summarecon Bekasi sehingga mudah diakses, memiliki Gedung 5 lantai lengkap dengan fasilitas penunjang pendidikan. Penerimaan Siswa sejak tahun 2013. Tahun ajaran 2013-2014 ini, Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Bekasi mengawali aktifitas pendidikannya dengan membuka jenjang pendidikan SMP dan SMA, yang masing-masing terdiri atas 4 kelas paralel. 

Pada tanggal 26 Agustus 2015 mendatang akan diresmikan Gedung Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Bekasi tahap 2, sehingga Al Azhar Summarecon Bekasi secara resmi membuka jenjang pendidikan dari SD, SMP dan SMA. Di tahun ajaran 2015, jumlah siswa SMA sebanyak 500 murid (14 Kelas), SMP sebanyak 392 murid (12 Kelas) dan SD sebanyak 72 murid (3 Kelas untuk Kelas I) SMPI Al-Azhar 31 dan SMA Al-Azhar 8 telah memiliki fasilitas modern dan lengkap, ruang Kelas ber-AC & LCD Projector, Laboratorium Komputer, Laboratorium Kimia & Biologi, Ruang Musik, Ruang Audio Visual, Laboratorium Bahasa, Ruang Perpustakaan, Ruang OSIS/EKSKUL, Rapat Guru, Koperasi, Jamíyyah, Klinik Sekolah (UKS), Musholla, Kantin (150 orang) dan Aula (500 orang). 

Kegiatan Ekstrakurikuler seperti Seni Musik, Paduan Suara, Seni Tari, Seni Bela Diri, KIR, Fotografi, Futsal, Basket, Bulutangkis dan berbagai pilihan lainnya. Sarana Olahraga yang terdiri dari Lapangan Basket, Volley, Futsal, Badminton dan Tenis Meja. 

SMPI Al-Azhar 31 aktif mengirimkan Putra-putri terbaiknya untuk mengikuti berbagai perlombaan Setingkat Daerah maupun Nasional, beberapa diantaranya pun sukses meraih mendali antara lain Juara I Fisika Se-Indonesia pada Unjuk Kreasi Al-Azhar 2014, Finalis Story telling di SMA KORPRI, Juara I Bulu Tangkis Putri Se-Indonesia pada Unjuk Kreasi Al-Azhar 2014, Juara II Cerita Pendek Se-Indonesia pada Unjuk Kreasi Al-Azhar 2014 dan beberapa prestasi lainnya.

Sekolah BPK Penabur - Summarecon Bekasi:

SMPK dan SMAK: Terletak di Jalan Duta Boulevard Barat Blok L1, Kelurahan Margamulia, Bekasi Utara, Jawa Barat 11470. Memulai aktifitas pendidikan pada tahun 2013, Sekolah Kristen Penabur –Summarecon Bekasi hingga saat ini menawarkan jenjang pendidikan SMP dan SMA.  

Launching Sekolah dilakukan sejak 2013, tetapi untuk tingkat TK, SD akan dilakukan pada 7 November 2015 mendatang. Visi dari BPK Penabur adalah “Menjadi SMA Kristen yang unggul dalam pendidikan karakter, Iman, Ilmu, dan Pelayanan bagi sesama”. 

Fasilitas pendidikan yang ada diantaranya yaitu lapangan olahraga yang luas (di lantai 2 dan 6), Laboraturium Komputer, Biologi, Kimia, Ruang pertemuan, kantin sekolah, perpustakaan, tempat bermain, kantin sekolah, dll. Kegiatan ekstrakulikuler diantaranya Robotik, English Club, Math & Science Club, Basket, Futsal, Modern Dance, Melukis Manga, Karate, Catur, Ansamble dan Pramuka. Berbagai prestasi telah ditorehkan oleh siswa siswi Sekolah Kristen Penabur Summarecon Bekasi, yaitu dengan menjuarai lomba band dan modern dance yang diadakan di Jakarta dan Bekasi. 

Binus University - Summarecon Bekasi:

Penandatanganan perjanjian pembangunan dilakukan oleh Adrianto P. Adhi selaku Direktur PT. Summarecon Agung Tbk., dan Francis Budiraharha Santoso selaku Managing Director BINA NUSANTARA pada 29 April 2015 di Plaza Summarecon Bekasi. Kampus Binus University di Bekasi direncanakan akan dibangun diatas lahan seluas 36.400 m2 di Jalan Lingkar Bulevar Kota Summarecon Bekasi. 

Pada tahap awal, di bulan Maret 2016 Binus University akan membuka fasilitas perkuliahan online learning: BINUS UNIVERSITY LEARNING COMMUNITY (BULC) di Kota Summarecon Bekasi, dan pada tahap selanjutnya kampus Binus University di Bekasi  dapat beroperasi secara penuh pada tahun 2018/2019 dengan target 15.000 orang 

Keunggulan dari E Learning : 
  •  Lama pembelajaran yang sama namun lebih fleksibel
  •  Mahasiswa belajar dari pakar di bidangnya 
  •  Pembelajaran yang lebih kaya dan aplikatif.

Dilengkapi dengan komputer tablet, digital library, video conference dan discussion room Perkembangan Jumlah Lulusan online learning :
  •  2011 : 11wisudawan
  •  2012 : 51 wisudawan 
  •  2013 : 186 wisudawan 

BULC di Summarecon Bekasi merupakan upaya dan inovasi dalam berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tidak usah khawatir dengan kualitas on line learning, karena materi serta tatap muka tetap sama standard dengan universitas swasta atau negeri lainnya . 

Kehadiran BULC di Kota Summarecon Bekasi diharapkan dapat memberikan kesempatan yang semakin besar kepada generasi muda Indonesia untuk memperoleh pendidikan dan mewujudkan lingkungan pendidikan yang mendukung pembelajaran berkelas dunia.

Setelah puas dengan peninjauan ke sekolah di Summarecon Bekasi, keponakan saya pun akhirnya tidak ragu lagi mengambil keputusan untuk bersekolah di SMA Al Azhar 8 Summarecon Bekasi.

T