Inilah Tips Investasi Saham yang Menghasilkan Cuan





Komunikasi saya di awal tahun dengan anak-anak milenial, generasi Z , teman anak saya cukup intensif. 

“Apakah kalian sekarang ini sudah berinvestasi saham?”

 Begitu mendengar kata “saham”, salah satu anak milenial ini menjerit: “Wah aku ngga mau jadi korban crazy rich, Indra Kenz, dengan aplikasi BInomo, Doni Salmanan dengan aplikasi Quotex!”

Temannya yang lain juga ikut berteriak: “Pengin sich jadi crazy rich, tapi kalau investasi saham bodong, no way!” 

Saya terdiam sejenak. Wah ini gara-gara banyaknya aplikasi investasi bodong sepanjang 2022 maka tercorenglah investasi saham . 

“Yuk, kalian harus nabung saham, investasi saham, investasi online secara legal dan benar!”, jawab saya. Jika kalian belajar tentang investasi saham dengan baik dan benar, pasti kalian bisa membedakan mana investasi mana yang bodong dan mana yang benar-benar investasi. 

Pengertian Saham: 


Saham itu merupakan surat berharga yang diperdagangkan di pasar modal. Pasal modal itu adalah pasar tempat beroperasinya perdagangan surat berharga seperti saham, ekuitas, obligasi dan lainnya, diterbitkan oleh pemerintah dan perusahaan swasta. 

Sebelum Anda mengenal cara melakukan trading saham harian dan nabung saham, Anda harus mengetahui berbagai jenis saham yang ada di pasar modal. 

Umumnya saham yang diperjual belikan di pasar modal memiliki jangka waktu panjang atau long -term instrument. 

Jenis-jenis Saham yang Diperjual Belikan

 1.Saham Biasa (common stock)

Saham sebagai tanda kepemilikan atau disebut dengan penyertaan suatu perusahaan. Saham unggulan adalah saham yang diterbitkan oleh perusahaan besar seperti PT. Unilever Tbk, PT Telkom Tbk, PT. Gudang Garam Tbk.

 2.Bukti Right (Right Issue)

Hak memesan efek terlebih dulu pada harga tertentu dan period terentu. Diterbitkan saat penawaran umum, diutamakan pembelinya adalah pemegang saham lama. Bukti Right dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder. Keuntungan yang diperoleh dari pembelian saham yang dibeli dengan harga murah

 3.Saham Preferen atau Saham Istimewa (Preferred stock)

Hak istimewa dengan menukar sahamnya dengan saham biasa, umumnya digunakan untuk mempengaruhi manajemen dalam pencalonan pengurus, hak memperoleh dengan jumlah tetap dan risiko lebih kecil dibandingkan dengan saham biasa dan hak untuk mendapatkan dividen.

4.Waran (Warrant) 

Hak untuk membeli saham bisasa dalam waktu dan harga yang ditentukan. Umumnya waran dijual bersamaan dengan surat berharga lain misalnya obligasi dan saham. Tujuannya untuk menarik pemodal membeli saham atau obligasi yang diterbitkan emiten.

Belajar Bursa Efek (BEI)


Di BEI ada 35 indeks saham. Definisi yang diambil dari BEI: Indeks merupakan ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga dipilih berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu. 

Mengapa Ada Indeks Saham


1.Untuk mengukur sentiment pasar 
2.Benchmark bagi portofolio aktif 
3.Dijadikan produk investasi pasif 
4.Proksi untuk kelas asset pada alokasi asset 
5.Proksi dalam mengukur dan membuat model pengembalian investasi. 

Ada 2 Indeks Saham yang dapat dijadikan acuan belajar yaitu Indeks LQ45 dan IDX Quality 30. Alasannya, LQ45 didukung 30 saham yang punya kinerja dan solvabilitas baik, kinerja dan likuiditas juga baik.

Cara Melakukan Trading bagi Nasabah Baru

Investasi Saham
dokumen pribadi


Bila anda sudah menentukan perusahaan mana yang akan dibeli sahamnya, maka kita dapat membuka rekening saham di perusahaan sekuritas. Tentukan pilih dulu perusahaan yang kredibel dan terpercaya di Bursa Efek, 

1.Mengisi Formulir Pembukaan Rekening Efke (FPRE) dengan lengkap dan benar dan menandatangani Perjanjian Nasabah (PN) di atas meterai.

2.Mengisi salah satu Formulir Pembuakaan Rekening Dana (FPRD) dengan lengkap dan benar serta menanda-tangani diatas meterai. Pilihan Bank yang tersedia untuk pendaftaran di SFAST adalah BCA, CIMB Niaga, Mandiri, Mayapada 

3.Mengisi Formulir Tatap Muka dengan lengkap dan benar serta menandatangani (PPOT)

4.Mengisi Addendum Perjanjian Pembukaan Online Trading (PPOT) 

5. Mengisi Surat Kuasa dengan lengkap dan benar serta menandatangani 

6. Mengisi Surat pernyataan tidak memiliki NPWP dengan lengkap dan benar serta menandatangani 

7. Menyerahkan dokumen-dokumen:
a.Fotocopy KTP/Passport Nasabah dan/atau kuasanya 
b.Fotocopy NPWP 
c.Fotocopy Cover buku tabungan 
Semua dokumen asli diserahkan dalam waktu 5 hari kerja 

Setelah itu mengunduh aplikasi SFAST yang dapat diunduh lewat google play store. Tampilannya seperti di bawah ini, user friendly sehingga bagi mereka yang belum pernah melakukan trading pun dapat mengakses dan mengoperasikannya. 


Keuntungan berinvestasi saham


 1.Dividen: Kita akan mendapatkan keuntungan perusahaan dari saham yang dimiliki. Biasanya ada yang diberikan tunai atau diberikan saham artinya menambah saham. 

2. Capital gain (kenaikan harga) :Keuntungan dari selisih harga antara harga saham saat dibeli dengan saat saham dijual. 

3.Punya Hak Ikut RUPS sebagai Bagian Milik Perusahaan Informasi yang kamu dapatkan saat pemaparan rencana perusahaan dalam laporan keuangan 

4.Fleksible dalam Melakukan investasi Bagi mereka yang membeli saham bukan untuk trading, bisa melakukan investasi kapan saja dan tidak perlu memonitor terus menerus. 

5.Pajak Relatif Kecil Dibandingkan dengan instrument lainnya, pajak untuk saham hanya 0,1% dari keuntungan. Tidak perlu membayarkan pajak lagi saat SPT karena pajak sudah dipotong oleh broker 

6.Aman dan transparan Strategi Pemula untuk trading 


Pelajari dan Analisa


Bagi kita sebagai pemula sebaiknya harus belajar dari nol. Pergerakan nilai saham sangat dinamis dari menit ke menit. Nilai saham bisa naik atau turun setiap hari dan kamu harus memperhatikannya sebagai investor.


Di SFAST, Anda dapat mempelajari daily research yang dirancang oleh trader yang kompeten di bidangnya. Misalnya tentang Market Recap, ada gejolak apa di Bursa Amerika, Eropa, dan bursa dalam negeri misalnya tentang kinerja ekspor CPO , penguatan IHSG oleh big cap bank. 

Juga ada tentang IHSG -Technical outlook , bagaimana kita mengetahui arah IHSG, potensi kedepannya dimana resistance dan dimana support. Dilengkapi dengan Main Stock Pick , saham yang pantas dibeli , News Update dan IHSG Technical Outlook yang jadi salah satu landasan keputusan untuk beli, jualberdasarkan dari indicator dari angka dan statistik yang harus dipelajari. 

Strategi Membeli Saham 

Strategi pembelian saham dapat dilakukan dengan analisis teknikal dan analisis fundamental. 

Analisa teknikal artinya mengacu pergerakan saham pada rentang tertentu seperti harga dan fluktuasi serta informasi di titik tertinggi dan titik terendah

Analisa Fundamental menggunakan kondisi politik,ekonomi dan tren usaha. Jika ada laporan keuangan perusahaan, dianalisa dulu bagaimana kondisi keuangan tahun terakhir. 
Diperhatikan 
-Jangan tergiur harga saham murah dari perusahaan yang tidak elegible untuk dibeli. 
-Perhatikan fluktuasi pergerakan IHSG karena factor eksternal/internal,tren pasar,laba dari investasi pemegang saham di perusahaan, profil, penjualan dan Earning per share Growth 

Strategi  Menjual Saham 


Menjual saham memiliki tehniknya yang sama dengan membeli saham. Perlu strategi cermat, kapan waktu tepat mengambil profit taking. Jika harga terus menurun, perlu strategi apakah mau ambil cut loss (kurangi kerugian) atau membiarkan kerugian besar? 

 Metode Investasi 


 1.Investor hanya memiliki saham dalam waktu singkat. Biasanya disebut permainan saham sebagai “trading”. Investor membeli saham yang sedang turun dan akan menjual saat harga saham naik. Tapi kenaikan dan penurunan itu harus dipelajair dengan baik yaitu secara fundamental atau tehnikal.

 2. Investor jangka panjang Investor membeli saham dengan tujuan jangka panjang , berharap untuk mendapatkan dividen yang dibagikan setiap tahun sekali setelah ada Rapat Umum Pemengan Saham (RUPS). 

Jika kamu ingin berinvestasi di saham ini, maka pilihlah saham dari perusahaan besar yang punya prospek besar dan reputasi bagus. 

Inilah saatnya kamu berinvestasi saham SFAST (online trading) sebuah perusahaan yang telah memiliki segudang pengalaman dan expertise dalam produk perdagangan efek, Corporate Finance dan Riset.


11 komentar

  1. Baca artikel ini jdi lebih paham soal investasi saham, lengkap dan detail.
    Dgn sfast jdi ga worry lgi yaa

    BalasHapus
  2. dari 4 anak saya, hanya yang nomor 3 yang tertarik investasi saham
    yang lain. mungkin harus sering sering baca tulisan seperti Mbak Ina inin ya?

    BalasHapus
  3. Sebelum terjun untuk bisnis saham, memang bagusnya banyak belajar dan baca artikel dulu, sehingga lebih paham lagi ya

    BalasHapus
  4. saya sudah mulai investasi saham sejak sebelum corona dulu tapi nggak banyak sih soalnya uangnya juga nggak banyak dan nggak berani ambil risiko besar. sekarang saham yang dibeli lagi banyak yang merah. huhu

    BalasHapus
  5. Memang ada kelebihan ada kekurangan begitupun investasi saham ya Bu intinya harus mindfulnketika memutuskan berinvestasi saham. Pastikan butuh dan sesuai budget dan tidak impulsif menurutku.

    BalasHapus
  6. Jujur saya juga belum berani investasi saham, soalnya belum mempelajarinya dengan mendetail. Jadi sekarang masih nyaman dengan emas dan Reksadana. Tapi setelah baca tulisan ini saya jadi mempertimbangkan investasi saham juga.

    BalasHapus
  7. artikel terlengkap tentang saham nih kak, sedikit banyak saya jadi lebih tahu tentang saham. nah soal perusahaan sekuritas ini yang saya masih minim pengetahuan sekali termasuk SFAST. need more to know nih tentang SFAST

    BalasHapus
  8. bagus nih buat yang baru belajar saham buat melengkapi pengetahuan soal saham, soalnya tejun ke dunia saham ini harus bener-bener tahu istilah dan pengetahuan dasar. Belum soal detailnya nanti

    BalasHapus
  9. Waw, ada yang terpercaya lagi ini, SFAST yang udah lama berkiprah
    dr tahun 2018 dengan segudang pengalaman .
    Dibutuhkan strategi untuk investasi saham ini , makasih tipsnya bikin aku manggut2

    BalasHapus
  10. Saham bisa menjadi salah satu instrumen investasi yang menguntungkan ya, Bu
    Apalagi jika investasinya di SFAST inu

    BalasHapus
  11. waah mantap ini SFAST udah ada OJK

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman