Mudik Bersama Anak dengan Aman dan Nyaman

Mudik bersama anak
dokumen pribadi



Mudik adalah suatu perjuangan cukup berat jika dilakukan bersama anak balita. Anak balita membutuhkan berbagai macam persiapan karena mereka tidak bisa paham dengan perjalanan yang panjang, macet, panas. 

Untuk antisipasi itu, Ibu-ibu yang membawa anak-anaknya harus mengantisipasi dengan berbagai persiapan . Pertama kita harus pertimbangkan transportasi apa yang baik untuk anak-anak dan budget yang tersedia untuk mudik. 

Sebaiknya jangan lakukan mudik bersama anak dengan motor. Sangat membahayakan dan tidak direkomendasikan. 

Kedua kita harus persiapkan dengan baik persiapan untuk mudik bersama anak, jauh-jauh hari. 


 Transportasi Pribadi


 Jika Anda ingin mudik bersama anak menggunakan mobil sebagai transportasi yang ramah anak, dan pertimbangan fleksibel untuk jarak jauh dan lebih aman. 

1. Siapkan kursi khusus anak


 Kadang-kadang kita lupa untuk memastikan kursi khusus anak selama perjalanan. Setelah membeli, jangan lupa apakah kursi anak itu telah dipasang dengan benar. 

 2. Bawa perlengkapan anak yang dibutuhkan


 Perlengkapan khusus untuk anak jangan lupa dibawa yaitu makanan, mainan, buku Anak akan bosan tanpa adanya mainan, buku .  

 Perlengkapan anak seperti selimut, botol susu, popok,, pakaian ganti, camilan, tissue basah dan tissue kering, air.

 3. Ceritakan kepada anak tentang mudik


 Anak tidak paham apa arti mudik. Dengan bahasa sederhana ceritakan ap aitu mudik. Bertemu dengan nenek, kakek. Perjalanan ada banyak mobil dan mungkin macet dan lama. Selalu sabar dan tidak rewel, baca buku jika bosan. Makan dan minum jika lapar 

 4.Bawa obat-obatan pribadi dan kotak P3K


 Perjalanan selalu mengandung risiko, lebih baik persiapkan bawa obat-obatan pribadi dan keperluan P3K. Ada saja yang bisa terjadi dengan anak-anak. Jika tidak membawa obat-obatan akan repot dan bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan. 

 5. Jangan biarkan anak sendirian di mobil 


Meskipun keperluan kita hanya sebentar untuk ke belakang. Jangan pernah tinggalkan anak di mobil. Risiko terbesarnya adalah jika terkunci dari dalam, anak akan menderita dehidrasi dan hal-hal lain.

 6. Kendalikan emosi orangtua /ibu


 Jika anak bosan dan kesal karena kondisi perjalanan lama bosan dan tidak nyaman. Jika anak menangis, orang tua jangan panik. Semakin anda panik, anak akan menangis lebih kencang. 

 Transportasi umum


 Apabila keputusan Anda untuk mudik bersama anak dengan kereta api atau bus, Anda sebagai orang tua harus lebih banyak persiapannya terutama persiapan mental. Transportasi umum bersama dengan orang lain, jadi selalu usahakan kenyamanan anak. 

Tips sebagai berikut: 

1. Bawa barang seperlunya 


Barang-barang di angkutan umum harus berbagi dengan penumpang lain. Jika terlalu banyak pasti kita tidak bisa menggunakan semuanya. Lebih baik bawa yang penting bukan semuanya dibawa. Untuk barang orang dewasa, bisa dikirim dengan paket. Obat-obatan, pakaian dan mainan anak serta makanan anak harus dibawa . 

 2. Pesan bangku tambahan 


Banyak anak-anak yang ingin tidur dengan leluasa, tidak mungkin di tempat duduk ayah dan ibunya. Jika bisa membeli tambahan 1 bangku, anak bisa tidur lebih rileks

 3. Keselamatan


 Selalu waspada untuk keselamatan anak-anak. Tidak boleh anak dibiarkan untuk berjalan di gerbong sendirian. Kelengahan ayah dan ibu akan mengakibatkan keselamatan anak 

4. Memilih Bus atau kereta yang nyaman


 Ada banyak kelas dalam bus atau kereta. Jika bisa beli untuk kelas yang nyaman disertai dengan AC karena tanpa pendingin, anak biasanya akan rewel karena panas sepanjang perjalanan. 

 Jika Anda sudah siap mudik bersama anak, dan persiapan sudah matang, diharapkan mudikmu lancar dan aman serta kembali ke kota dengan aman dan lancar pula.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman