Berburu Asisten Pembantu Rumah Tangga Infal Saat Lebaran

Berburu Asisten Pembantu Rumah Tangga
dokpri



Anda salah satu orang yang berburu ART Infal saat Lebaran?

Masyarakat Indonesia yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, Bandung akan mengalami kekurangan tenaga pembantu karena hampir semua pembantu (ART) akan mudik jelang Lebaran. 

Bagi mereka yang anak-anaknya masih kecil, tenaga ART atau babysitter Infal sangat dibutuhkan. Meskipun hari Lebaran banyak liburnya, tetapi pekerjaan rumah tangga tidak pernah libur. Dibutuhkan asisten yang bisa membantu membereskan pekerjaan rumah tangga apabila anak masih kecil. 

Umumnya ibu-ibu rumah tangga mencari ART dan babysitter infal melalui Yayasan. Yayasan dianggap bertanggung jawab atas orang-orang yang ingin bekerja dan disalurkan. Saat ini Yayasan sudah mendatangkan atau merekrut tenaga dari berbagai luar kota untuk bekerja di Jabotabek.

Mereka sudah menerima permintaan ART infal. Meskipun demikian beberapa Yayasan mengatakan bahwa untuk tahun 2023 permintaan ART infal jauh berkurang dibandingkan sebelum Covid. Saat ini kondisi memang berbeda, ada beberapa tenaga pesanan makanan online, ada tenaga pembersih online. J

Beberapa ibu rumah tangga yang tak perlu menjaga anak-anaknya yang masih balita, lebih baik menggunakan tenaga secara online ketimbang mengambil ART infal. 

Pertimbangan kriteria ART/babysitter infal sesuai permintaan ibu rumah tangga


 Untuk ART biasanya tidak banyak kriteria yang diminta oleh ibu rumah tangga kecuali ada yang minta agak tua /dewasa ketimbangan mereka yang masih muda. Anak muda dianggapnya lebih suka main gadget.

 Kriteria yang lainnya adalah mereka (ART) sudah bisa memasak karena para ibu rumah tangga itu masih punya anak yang harus diurus sehingga untuk makanan perlu ada yang memasak. 

Lain hanya untuk babysitter infal, para ibu rumah tangga menganggap babysitter infal harus bersih, yang berpengalaman mengasuh anak, mencintai anak dan tidak suka main gadget. Pihak Yayasan pun sekarang tidak boleh sembarang orang yang tidak tau asal usul ART/babysitter. 

Jaminan dari Yayasan apabila ART/babysitter yang dipekerjakan itu harus orang yang bertanggung jawab dan bukan orang yang hanya main-main. 

Gaji harian 


Umumnya gaji ART /babysitter yang lama, digaji bulanan sesuai dengan standar. Sedangkan gaji ART/Babysitter infal, harus digaji harian. Gaji ART yang diambil dari Yayasan umumnya sekitar Rp200 ribu sedangkan untuk babysitter sekitar Rp.300 ribu per hari ditambah dengan biaya administrasi untuk Yayasan sebesar Rp.800 ribu.

 Pengalaman dari Yayasan , LPK Surya Insani berbasis di Bekasi Barat, menurut salah seorang staf marketingnya mengatakan bahwa terjadi penurunan permintaan infal. Permintaan infal untuk pembantu untuk mempekerjakan selama Lebaran, dan permintaan dari majikan baru diterima sejak sebelum puasa.

 Berhubung permintaan turun, maka harga infal pun diperkirakan akan turun sekitar 20 persen. Alasan berkurangnya permintaan adalah seperti yang dikatakan di atas, ada pesaing pekerja online misalnya laundry online, pembersih rumah online dan makanan online.

 Yuk, bagaimana dengan anda sendiri? Sudah berburu ART infal atau menyiapkan ART online? Pilihan ada ditangan anda masing-masing.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman